Sering Mogok Mobil RI-1 Jokowi Mau Diganti, Mercedes atau BMW?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 5 Juli 2019 10:35
Sering Mogok Mobil RI-1 Jokowi Mau Diganti, Mercedes atau BMW?
Mobil dinas presiden saat ini tak terlalu mulus dan sempat mogok.

Dream – Menjelang masa jabatan yang kedua, Presiden terpilih Joko Widodo kemungkinan bakal menumpangi mobil baru. Kementerian Sekretariat Negara saat ini tengah mengusulkan untuk meremajakan mobil berpelat nomor RI-1 karena kendaraan yang ada dianggap sering bermasalah.

Rencana peremajaan mobil RI-1 tersebut dibenarkan Kepala Biro Umum Kemsetneg, Piping Supriatna.

Menurut Piping, peremajaan dilakukan karena Mercedes-Benz S600 Guard merupakan lungsuran dari presiden sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang dibeli pada 2007.

" Ya benar (peremajaan mobil dinas presiden)," kata Piping lewat pesan singkat, dikutip dari Liputan6.com, Jumat 5 Juli 2019.

Dilaporkan mobil dinas yang selama ini dipakai Jokowi sudah tak lagi melaju mulus. Mobil mewah berwarna hitam tersebut pernah tertangkap mogok saat Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Barat di 2017.

Mobil RI-1 itu juga pernah mogok saat perjalanan menuju Pondok Pesantren Gontor Ponorogo.

1 dari 5 halaman

Jadi, Mobil yang Mana?

 Mobil Presiden

Untuk usulan mobil baru RI-1, Piping mengatakan mendapat penawaran dari dua merek sedan mewah dunia. selain Mercedes-Benz yang selama ini dipakai presiden, produsen mobil asal Jerman BMW juga menawarkan unggulannya untuk dipakai sebagai kendaraan dinas RI-1.

BMW dikabarkan menawarkan BMW seri-7 Security Vehicle F02 untuk kendaraan dinas RI-1. Sementara Mercedes-Benz sudah menawarkan model terbaru namun masih dirahasiakan. Santer dikabarkan Mercedes-Benz yang dipakai masih tetap berasal dari seri S-Class.

Namun Piping belum mengetahui apakah usulan peremajaan mobil dinas RI-1 tersebut akan benar-benar dilaksanakan. 

" Perkembangan lebih lanjut nanti akan disampaikan resmi oleh Kemsetneg. Sekarang kami masih koordinasi internal,” tutur dia.

(Sumber: Liputan6.com/Muhammad Radityo Priyasmoro)

2 dari 5 halaman

Presiden Jokowi Kesengsem Truk `Laba-Laba`

Dream – Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 menjadi ajang unjuk gigi industri otomotif. PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) tak ketinggalan memamerkan produk Mitsubishi.

Salah satunya truk “ laba-laba” Mitsubishi. Truk tersebut memancing minat Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dilansir dari Otosia, Sabtu 4 Agustus 2018, Jokowi mendekat dan bertanya kepada pimpinan distributor Mitsubishi tentang truk laba-laba itu. Dia tertarik dengan lengan truk laba-laba yang punya kemampuan multifungsi.

3 dari 5 halaman

Seberapa Canggih?

Presiden Direktur KTB, Atsushi Kurita, mengatakan truk “ laba-laba” ini adalah truk berkonsep Super Great V “ Spider”. Truk tersebut mencerminkan konsep “ absolute professional”.

“ Dengan dilengkapi dengan beragam tangan-tangan derek, Spider merefleksikan kesan multifungsi, handal, dan kendaraan kerja yang bertenaga, menunjukkan profesionalisme kerja,” kata Kurita di ICE BSD, Tangerang, Banten.

 

 Truk laba-laba Mitsubishi.

4 dari 5 halaman

Selain Truk Laba-laba...

Selain truk “ laba-laba”, KTB menampilkan pembaruan produk Mitsubishi Fuso, Fighter. Produk ini merupakan truk segmen medium yang dilengkapi dengan Common Rail. Tentunya sudah sesuai dengan standar Euro 4.

Untuk Fighter, KTB mulai memasarkan 5 varian Fighter, yaitu FM65FS Hi Gear (4x2) M/T, FM65FS (4x2) M/T, FM65FL Hi Gear (4x2) M/T, FN61FM HD (6x2) M/T, FN62F HD (6x4) M/T. Produk ini ditujukan untuk sektor logistik, perkebunan, pertambangan, infrastruktur, dan lain sebagainya.

5 dari 5 halaman

Tampilan Baru Truk Kepala Kuning

KTB juga memperkenalkan tampilan baru Colt Diesel. Colt Diesel dipermak di bagian interior dan eksterior. Emblem Fuso ditempatkan di bagian muka panel dan ada penambahan aksen dari bagian radiator grill pada bagian eksterior. Ada juga perubahan warna dari abu-abu menjadi hitam dengan desain yang lebih halus.

Sama seperti tahun lalu, KTB kembali menyajikan Runner Telematics System yang akan dipasang di seluruh model Colt Diesel dan Fusi yang memudahkan manajemen operational fleet. Perusahaan dapat memantau secara langsung mulai dari persiapan dan perencanaan kerja kendaraan, pengaturan sistem dan performa truk, pengaturan pengemudi, pengaturan perintah kerja, sampai dengan hasil report beserta evaluasinya.

 

 

Beri Komentar
(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary