Mirip Ponsel, Pintu MVP Konsep Daihatsu Bisa Dibuka Pakai Face Recognition

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 24 Juli 2019 06:24
Mirip Ponsel, Pintu MVP Konsep Daihatsu Bisa Dibuka Pakai Face Recognition
Disebut MVP Milenial, mobil Hy-Fun gendong sederet hi-tech.

Dream – Daihatsu menampilkan mobil konsep MPV Hy-Fun di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Mobil MPV ini menggendong platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Daihatsu mengklaim mobil ini cocok bagi keluarga dan generasi milenial.

“ Hy-Fun sangat cocok untuk digunakan bagi generasi dan keluarga milenial yang sangat erat terhubung dengan device dan teknologi,” kata Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, di ICE BSD, Tangerang, Banten, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Rabu 24 Juli 2019.

Amelia menjelaskan mobil MPV ini mengusung konsep Smart Entertainment MPV, dilengkapi dengan mesin berteknologi Hybrid, dan beragam fitur canggih di dalamnya.

“ Daihatsu menampilkan Hy-Fun sebagai World Premiere Concept Car berbasis DNGA dengan beragam fitur canggih yang full connected dan serba terintegrasi di dalamnya,” kata dia.

1 dari 8 halaman

Desain Eksterior

Di sisi eksterior, bodi mobil ini berdesain aerodinamis sehingga terlihat agresif dan sporty. Mobil Hy-Fun dibalut dengan warna silver metalik dan grill yang bisa menyala. Ini memberikan kesan mobil ini berteknologi tinggi.

Untuk mempercantikan penampilannya, Daihatsu membekali mobil dengan pelek 20 inci.

Di bagian pintu, kendaraan konsep dibekali dengan side door closing motion di baris pertama dan kedua. Teknologi ini mempermudah penumpang masuk ke kabin yang lebih luas.

 Daihatsu Hy-Fun (1)

Walaupun didesain tanpa handle, pintu dapat dibuka melalui sensor pada mobil yang akan membaca gesture tertentu pada tubuh tanpa harus menyentuh mobil ini.

Fitur Face Recognition disematkan untuk membuka atau pun mengunci pintu mobil ini, sehingga lebih aman.

2 dari 8 halaman

Bagaimana dengan Interior?

Untuk sisi interior, ambience lamp dalam kabin memberikan nuansa hi-tech di dalamnya. Pada baris pertama, desain kursi mobil ini dapat diputar sampai menghadap belakang (baris kedua).

Fitur ini mempermudah pengemudi dan penumpang di sebelahnya untuk masuk-keluar kendaraan dan komunikasi antar penumpang di dalam.

Dengan menggunakan platform DNGA, Hy-Fun ini sudah full connected, memungkinkan pengguna untuk menyalakan atau mematikan mesin, AC (Air Conditioner), dan membuka jendela melalui device smartphone pengguna tanpa harus masuk ke dalam mobil.

Pengguna juga dapat memonitor lokasi tepat mobil ini melalui device, serta terkoneksi dengan seluruh jaringan outlet Daihatsu, sehingga lebih aman dan nyaman. 

 Daihatsu Hy-Fun (2)

Hy-Fun juga mendukung fitur full entertainment yang dapat terintegrasi dengan device pengguna, untuk mendengar lagu, dan bermain games yang didukung dengan 4 unit VR (Virtual Reality) masing-masing pada baris pertama dan kedua.

“ Fitur voice command dan New Smart Assist, semakin memberikan kemudahan dan keamanan pada pengguna dalam menggunakan mobil ini sehari-hari,” kata dia.

3 dari 8 halaman

Begini Wujud Daihatsu Xenia Masa Depan

Dream - Pabrikan mobil Daihatsu memamerkan konsep desain terbarunya yang canggih di gelaran Gaikindo Indonesia International Automotive Show (GIIAS) 2019. Mobil konsep calon Xenia di masa depan ini mengusung mesin berteknologi hybrid.

" Kami menghadirkan MPV bergaya milenial," kata Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, di GIIAS 2019 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Kamis 18 Juli 2019.

Amelia mengatakan, mobil yang dinamai Daihatsu HyFun Concept ini menggunakan platform Daihatsu New Global Platform (DNGA).

Teknologi ini diklaim menjadikan mobil lebih cepat, terjangkau, dengan tingkat keamanan dan keselamatan yang lebih terjamin.

 Mobil konsep Daihatsu

Mobil itu mengusung sejumlah konsep menarik. Seperti active safety autonomous brakingfacial recognition, dan auto high beam. Tak hanya itu, Daihatsu HyFun Concept sudah memiliki teknologi artificial intelligence.

Selain mobil konsep, Daihatsu juga menampilkan koleksi terkininya, Daihatsu Tanto yang didatangkan langsung dari Jepang. Juga ada Xenia Modifikasi serta Sirion Artvatar.

 Mobil konsep Daihatsu

Tidak cukup hanya itu, produsen otomotif ini juga memamerka tiga model special edition, yaitu Ayla Special Edition (SE), Sirion SE, dan Terios SE. Mobil existing model seperti Xenia, Terios, Ayla, Sigra, dan Sirion juga hadir di acara ini.

Presiden Direktur ADM, Supranoto, mengatakan pihaknya mengusung tema Funtastic GenerasiON selama GIIAS 2019. Booth yang ditampilkan menggunakan instalasi modern art ala Memphis.

 Mobil konsep Daihatsu

Untuk membuat suasana lebih meriah, Daihatsu juga menyediakan fasilitas seperti game corner, fantastic play ground, dan after sales corner yang didesain anti gravitasi.

Yang lebih menarik, pengunjung bisa melakukan test drive Tanto di booth ini.

" Sesuai dengan tema Funtastic GenerasiON, kami ingin memberikan program unggulan dan permainan interaktif untuk para pengunjung kawula muda dan keluarga," kata Supranoto. (ism)

4 dari 8 halaman

Daihatsu Rilis Sirion Khusus Milenial, Laku Enggak ya?

Dream – Daihatsu kembali unjuk gigi dalam pameran otomotif bergengsi Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Selain menyulap booth bernuansa ala Memphis, produsen otomotif asal Jepang ini memboyong tiga mobil edisi spesial, salah satunya Daihatsu Sirion Special Edition.

“ Memasuki era jaman now, Daihatsu membuat Special Edition yang bergaya anak muda. Dengan tampilan yang fresh dan unik, diharapkan dapat menarik minat sahabat-sahabat milenial,” kata R&D Executive Officer PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Pradipto Sugondo, dalam keterangan tertulis yang diterima Dream, Senin 22 Juli 2019.

Dari segi eksterior, Sirion Special Edition hadir dalam balutan warna silver dengan aksen kuning pada velg alloybody, dan side stone guard. Kesan dinamis dan aktif terlihat dengan adanya aero kit berwarna hitam aksen kuning pada bodi samping, dan kaca film hitam.

Pada bagian interior, semua kursi dan door trim dilapisi warna hitam dengan sentuhan aksen kuning pada jahitan karpet. Sirion Special Edition juga sudah dilengkapi dengan fitur audio yang sudah memiliki fungsi Mirror Link.

Mobil ini dibanderol Rp205,6 juta. Sayangnya, Sirion Special Edition hanya dipasarkan sebanyak 10 unit selama GIIAS 2019. Mobil ini menggunakan transmisi otomatis.

5 dari 8 halaman

Mejeng di GIIAS, Seberapa Hebat Daihatsu New Tanto?

Dream - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) turut meramaikan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Mereka memboyong mobil New Tanto.

Dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Senin 22 Juli 2019, Marketing Director ADM, Amelia Tjandra, New Tanto merupakan mobil kompak yang menggunakan teknologi Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

" Masyarakat bisa mengetahui keunggulan dan kecanggihan teknologi mobil Daihats," kata Amelia di ICE BSD, Tangerang, Banten.

Dia mengatakan DNGA merupakan platform baru yang dibuat Daihatsu. Tujuannya untuk memberikan rasa dan pengalaman yang berbeda ketika berkendara dengan harga yang lebih terjangkau.

6 dari 8 halaman

5 Keunggulan New Tanto

Ada lima kelebihan yang diusung oleh New Tanto, seperti menggunakan mesin turbo dan transmisi otomatis. Berikut ini adalah rinciannya.

1. Kestabilan

New Tanto memiliki desain platform serta dimensi panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm, dan tinggi 1.755 mm. Desain ini memberikan handling yang berbeda. Dengan desain itu, New Tanto terasa lebih solid dan stabil dalam bermanuver di jalan kota atau jalan sempit.

2. Kenyamanan

Penerapan platform baru memberikan efek bantingan yang lebih lembut. Ini akan membuat pengemudi dan penumpang merasa nyaman di dalamnya.

7 dari 8 halaman

Kesenyapan dan Visibilitas

3. Kesenyapan

Mobil kompak ini menghilangkan tingkat kebisingan secara signifikan. Pengemudi dan penumpang bisa saling menikmati komunikasi selama perjalanan tanpa terganggu dan lelah.

 

 Penampakan New Tanto, mobil kompak ber-platform DNGA.

4. Visibilitas

Perubahan pada desain pilar A yang lebih kecil, serta dimensi kaca utama depan yang lebih besar memberikan visibilitas pengendara lebih luas dan menghilangkan titik blind spo. Pengguna dapat merasa terhubung dengan dunia luar dan lebih aman dalam berkendara.

8 dari 8 halaman

Ada `Asisten` Pintar

5. Smart Assist

Mobil ini juga dilengkapi dengan teknologi smart assist. Teknologi canggih ini bisa mendeteksi dan mencegah risiko benturan dengan kendaraan dan pejalan kaki.

 Dashbard New Tanto.

Smart assist juga didukung dengan sistem pengereman darurat secara otomatis.

Beri Komentar
(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary