Cara Bersihkan Motor Bercat Doff Usai Kehujanan

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Minggu, 10 November 2019 08:01
Cara Bersihkan Motor Bercat Doff Usai Kehujanan
Sayang banget, kan, kalau timbul noda air.

Dream – Saat ini, cat motor dengan warna doff alias matte semakin banyak diminati. Walaupun sudah populer, banyak pemilik motor bercat doff yang belum paham cara membersihkannya.

Apalagi, saat musim hujan yang datang belum lama ini.

Dikutip dari Federal Oil, Senin 11 November 2019, membersihkan bodi motor bercat doff sama seperti membersihkan bodi motor dengan cat metalik.

Kamu cukup menyiram motor dengan air bersih, lalu bersihkan dengan kain mikro fiber atau sejenisnya.

Jika air hujan keburu mengering, proses pembersihannya sama dengan motor bercat metalik. Cat doff ini berisiko terkena noda air alias waterspot jika air hujan tak buru-buru dibersihkan.

Jika sudah terlanjur muncul, kamu bisa memoles noda dengan cairan khusus untuk membersihkan noda waterspot di bodi cat matte.

1 dari 5 halaman

Jangan Cuci Motor Saat Mesin Masih Panas, Bahaya!

Dream – Semua pengendara sepeda motor sudah pasti mau memiliki tunggangan yang selalu bersih. Sehingga acapkali mencucinya agar  si kuda besi tetap kinclong, terutama saat musim hujan.

Tapi, ada juga pemilik yang kurang memerhatikan kapan waktu yang tepat untuk mencuci motor. Hal ini, terkadang, disebabkan oleh waktu yang mepet.

 

© Dream

 

Dikutip dari Suzuki, Sabtu 8 Juni 2019, umumnya, setelah melakukan perjalanan jauh, pengenadra akan mampir ke tempat cucian umum yang ada di pinggir jalan untuk membersihkan motornya.

Di lokasi pencucian, saat sampai, motor biasanya akan langsung dibilas, padahal mesin masih dalam kondisi panas. Kebiasaan seperti ini sebaiknya segera dihentikan, karena memiliki konsekuensi buruk pada sepeda motor.

2 dari 5 halaman

Ini Bahayanya

Jika dipikir secara logika, bagian logam pada komponen motor yang masih panas lalu langsung bersentuhan dengan air dingin ketika dicuci, adalah dua kondisi yang saling bertentangan.

Saat besi panas langsung terkena air dingin, akan terjadi perubahan suhu yang drastis. Kalau ini dilakukan terus-menerus dalam jangka panjang, berisiko berefek negatif.

Salah satu risikonya adalah blok mesin motor retak karena melakukan pencucian saat mesin masih dalam kondisi panas. Efek buruk lain yang mungkin muncul adalah leher pipa knalpot yang berlapis krom bisa berubah warna jadi agak kekuningan.

Karena ituah disarankan, saat kondisi suhu mesin masih panas, kasih jeda waktu 5 sampai 10 menit sebelum dicuci.

Waktu yang tidak lama ini sudah bisa membuat kondisi mesin dan komponen di dalamnya istirahat sejenak sebelum akhirnya nanti terguyur air yang memiliki perbedaan suhu drastis. Ini akan membantu mengurangi risiko terjadi kerusakan yang tidak kita inginkan.

3 dari 5 halaman

Begini Cara Cuci Motor Supaya Aman

Dream – Selain menjaga kebersihan, mencuci motor bisa membantumu menghindari korosi dan noda membandel. Caranya mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Agar hasilnya lebih maksimal, ada beberapa cara yang disarankan ketika mencuci roda dua kesayangan.

Dikutip dari Federal Oil, Minggu 24 Maret 2019, pertama, bersihkan rantai motor terlebih dulu. Kalau dibersihkan belakangan, kotoran debu dan oli dari rantai akan mengotori kembali bodi atau bagian yang telah dibersihkan.

Ke dua, basahi bodi motor terlebih dahulu sebelum membasuhnya dengan air sabun. Hal ini bertujuan agar noda yang mengering dan keras bisa lebih mudah diangkat. Misalnya, kotoran bangkai serangga yang mengering susah dibersihkan.

 

© Dream

 

Ke tiga, perhatikan komponen yang sensitif terhadap air. Jangan semprot air bertekanan di area mesin, terutama ketika mesin dalam keadaan panas. Komponen yang terbuat dari logam bisa merenggang dan cepat rusak.

Ke empat, perhatikan komponen yang sensitif dengan air, seperti area mesin, bawah tangki bahan bakar, dan area lubang filter udara. Jangan sampai menyemprotkan air di area sensitif. Bisa-bisa motor kamu mogok dan sudah kinclong setelah dicuci.

4 dari 5 halaman

Sama-sama Menopang Motor, Ini Fungsi Khusus Dua Standar Motor

Dream – Sepeda motor pada dasarnya mempunyai dua jenis standar atau penyangga, yaitu standar samping dan tengah. Meski sama-sama bertugas menopang motor, namun punya keduanya sedikit berbeda.

Dikutip dari Federal Oil, Selasa 12 Maret 2019, dua penyangga ini punya fungsi yang saling melengkapi. Standar tengah dirancang untuk membuat motor lebih stabil ketika diparkir dan tak makan banyak ruang.

Standar tengah ini disarankan digunakan di permukaan lantai yang menanjak atau turun. Kamu bisa menggunakan standar tengah agar sepeda motor tak bergeser.

Kedua, standar tengah juga bisa membuatmu betah berlama-lama duduk di atas motor. Selain lebih kokoh, penggunaan standar tengah bisa memperpanjang usia ban dan shockbreaker.

Ketiga, memarkir sepeda motor dengan standar tengah juga bisa membuat oli mesin jadi rata. Kalau pakai standar samping, yang ada, oli akan terkumpul di sebelah kiri mesin. Kalau diparkir terlalu lama, mesin sebelah kanan kurang terlumasi dengan baik.

Kalau standar samping, beban motor akan ditahan oleh ban dan shockbreaker bagian kiri.

5 dari 5 halaman

Standar Tengah dan Samping Bisa Dipakai Bersamaan

Dua penyangga motor ini bisa digunakan bersamaan. Kamu bisa menurunkan dua standar ketika sedang mencuci motor.

Pertama, kamu bisa menggunakan standar tengah terlebih dahulu. Lalu, miringkan motor ke kiri sampai standar sampai menyentuh permukaan.

Posisi ini sangat menguntungkan ketika kamu akan mencuci bagian bawah motor. Air cucian yang terjebak di dalam bodi juga akan mudah keluar.

Beri Komentar