Motor Mogok Setelah Dicuci, Mungkin Ini Penyebabnya

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Sabtu, 30 Maret 2019 08:01
Motor Mogok Setelah Dicuci, Mungkin Ini Penyebabnya
Ada tiga area bermasalah di sepeda motormu.

Dream – Motor yang melewati rute yang becek dan banyak genangan air akan cepat kotor. Debu, air kotor, dan beragam kotoran akan menempel di bodi roda dua ini.

Kotoran itu akan membuat motor kesayangan kelihatan berdebu dan kusam. Biasanya orang mencuci motor agar tampilannya kembali kinclong dan kece.

Mencuci motor pun tak boleh sembarangan. Jika sembarangan, yang ada motor malah susah untuk dihidupkan. Lha, kalau sudah begini, harus bagaimana?

Dikutip dari Wahana Honda, Sabtu 30 Maret 2019, kalau motor sudah kadung mogok setelah dicuci, ada tiga area yang harus kamu periksa.

Pertama, karburator. Bisa saja air masuk ke mangkuk karburator. Karburator ini merupakan tempat pembakaran bahan bakar yang bercampur udara. Tanpa dicampur air, bagian ini sudah berpotensi punya masalah, apalagi kalau ditambah air?

Solusinya, kamu harus membuka mangkuk karburator. Sebelum mangkuknya dibuka, tutup keran bensin terlebih dahulu. Setelah itu buka baut.

Biasanya akan ada bensin yang keluar dari dalamnya. Tapi, yang keluar tak hanya bensin, air yang tertampung di dalamnya juga ikut keluar. Kalau sudah benar-benar kering, rapatkan kembali baut di mangkuk karburator.

1 dari 2 halaman

Periksa Juga Cop Busi

Kedua, cop busi motor. Bagian ini bisa saja menjadi masalah utama pada motor yang mogok. Air terbilang mudah masuk ke dalam cop busi. Bagian ini sebenarnya menghubungkan kabel busi dengan busi.

Jika menyemprotkan air ke arah busi, komponen ini akan langsung basah. Saat basah, pengapian akan terganggu dan membuat motormu mogok.

Solusinya, membersihkannya cukup mudah. Kamu cukup mencopot cop busi dan membersihkannya dengan kain yang kering.

2 dari 2 halaman

Jangan Lupa Cek Perangkat Sistem Pengapian

Ketiga, selain cop busi, bagian elektroda dari busi bisa saja lembap akibat tersemprot air ketika sedang mencuci motor. Pastikan komponen ini kering. Kamu harus mengecek kondisi kelistrikan di motor.

Solusinya, pasang busi pada cop busi dan tempelkan ulir busi pada blok silinder atau kepala silinder. Coba nyalakan motor dengan kick starter, pastikan kontak dalam posisi ON.

Jika ada percikan api yang keluar, artinya tak ada masalah dengan kelistrikan dari motormu. Yang perlu kamu lakukan hanyalah memastikan seluruh komponen kering dan tidak lembap.

Kalau tak ada arus listrik yang terlihat, kamu wajib mengecek sistem pengapian, seperti soket dari capacitor discharge ignition (CDI).

Telusuri jalur dari pangkal kabel busi, ikuti jalurnya sampai menemukan komponen coil dan CDI. Pastikan juga tak ada yang salah dengan komponen ini. (ism)

Beri Komentar