Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Begini Jadinya Jika Motor Tak Pakai Aki, Asli Ribet!

Begini Jadinya Jika Motor Tak Pakai Aki, Asli Ribet! Ilustrasi Aki Motor. (Foto: Shutterstock)

Dream – Bagi beberapa pengendara, keberadaan aki dianggap tak terlalu penting. Alasannya, sistem kelistrikan motor masih bisa tersuplai dari spul selama motor menyala.

Tapi tentu saja tanpa aki, motormu takkan berfungsi sebagaimana mestinya. Banyak fitur tidak akan maksimal ketika motor tanpa aki itu digunakan.

Dikutip dari Wahana Honda, Senin 8 April 2019, ada hal-hal yang harus kamu waspadai ketika motormu tidak menggunakan aki. Pertama, susah menghidupkan mesin. Motor akan lebih mudah dihidupkan ketika menggunakan electric starter. Kalau tak ada aki, fitur ini tidak bisa berfungsi.

Mau nggak mau kamu harus menggunakan kick starter untuk menyalakan motor. Ini akan menyita waktu apalagi kalau motormu matik. Kamu harus menurunkan standar tengah, baru bisa menggunakan kick starter.

Kedua, listrik motor mati total. Tentunya listrik di motor tidak akan bisa menyala ketika mesin motor mati. Indikator persneling motor tidak akan ketahuan masuk di gigi berapa.

Klakson juga tidak akan bisa dibunyikan ketika mesin mati total. Ketika mesin nyala, klakson hanya bersuara lirih.

Lampu Sein Tak Optimal

Ketiga, yang paling membutuhkan tenaga listrik dari motor adalah lampu sein. Keberadaan lampu ini bisa menjadi alat komunikasi di jalan raya. Kalau lampu sein berkedip, arah motormu bisa diketahui oleh kendaraan lain.

Kalau tak ada lampu sein, motormu takkan bisa berkedip. Sebab, lampu terpengaruh RPM motor. Semakin kencang RPM, lampu reting tidak akan berkedip. Tentunya ini bisa menjadi masalah keamanan bagi pengendara di belakangmu. Mereka tidak akan ngeh kalau lampu sein dinyalakan.

Keempat, lampu motor ikut RPM motor. Tanpa aki, lampu motor akan menyala tidak stabil. Kalau putaran roda semakin tinggi, lampu bisa terang sekali. Kalau RPM rendah, bisa-bisa nyala lampunya redup.

Nah, ribet, kan, kalau motor tak dilengkapi aki. Walaupun ukurannya kecil, manfaatnya besar. Jangan diremehkan. Harganya juga tidak terlalu mahal, kan, jika dibandingkan dengan keselamatanmu di jalan.(Sah)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Ingat Emak-Emak Nangis Kejer Gegara Minta Surat Motor Baru Atas Namanya Ditolak Suami? Kini Bisa Tersenyum Lebar, Sampai Mandi Kembang

Ingat Emak-Emak Nangis Kejer Gegara Minta Surat Motor Baru Atas Namanya Ditolak Suami? Kini Bisa Tersenyum Lebar, Sampai Mandi Kembang

Alhamdulillah, emak-emak tersebut kini bisa tersenyum lega. Perjuangan uring-uringan di pinggir jalan tidak berakhir sia-sia.

Baca Selengkapnya
5 Tahun Sejak Beli Tak Pernah Diservis, Mesin Motor Wanita Ini Sampai Jadi Sarang Tawon, Mekaniknya Auto Bingung

5 Tahun Sejak Beli Tak Pernah Diservis, Mesin Motor Wanita Ini Sampai Jadi Sarang Tawon, Mekaniknya Auto Bingung

Pertama kali servis motor ke bengkel, mekanik terkejut saat melihat isi mesinnya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.