Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Motormu Kebanjiran? Segera Cek Komponen Ini

Motormu Kebanjiran? Segera Cek Komponen Ini Motormu Kebanjiran Kemarin? (Foto: Shutterstock)

Dream - Musim hujan sudah tiba. Pemilik motor harus rutin merawat motor saat musim hujan. Apalagi, jika motormu terendam banjir seperti yang terjadi di sejumlah titik Jakarta pada Selasa 17 Desember 2019.

Dikutip dari Federal Oil, Rabu 18 Desember 2019, beberapa perawatan setelah menerjang banjir memang dilakukan oleh pemilik motor. Tak ada salahnya kamu fokus ke bagian komponen mesin dan pelumasnya.

Tapi, jangan sampai kamu melupakan komponen ini. Misalnya, periksa rantai dan gir. Saat motor diajak untuk “main air”, rantai dan gir justru kering setelah menerjang banjir.

Nah, rantai yang kering ini akan sangat terganggu kinerjanya. Mulai dari suara berisik yang mengakibatkan keausan pada komponen ini.

Jika rantai motor “menerjang” banjir, usahakan jangan terlalu lama dibiarkan karena akan membuat rantai dan gir cepat rusak.

Tindakan yang harus dilakukan saat musim hujan adalah sering-sering melumasi rantai dengan cairan khusus rantai. Kamu bisa mendapatkan cairan ini di pasar dengan harga terjangkau.

Sejumlah Titik Banjir Jakarta Sore Ini

Dream - Hujan deras terjadi di berbagai wilayah di Jakarta sejak pukul 13.00 WIB. Akibat hujan ini, beberapa lokasi terendam banjir.

Berdasarkan pantauan dari akun Twitter @TMCPoldaMetro, banjir terpantau di depan Citraland, Grogol, Jakarta Barat. Akibat banjir tersebut, lalu lintas tersendat.


Banjir setinggi 30 centimeter juga terpantau di Jalan Prof Satrio, Jakarta Selatan, arah ke kampung Melayu. Akibat banjir, kendaraan motor berjalan pelan sehingga lalu lintas terpantau tersendat.

Selain itu, banjir juga terpantau di Jalan Pemuda Jakarta Timur, Jalan Tol Kuningan Kilometer 5 (arah Cawang), Jalan S Parman, Jakarta Barat, depan kampus Universitas Tarumanegara, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, dan beberapa lokasi lain.

Kondisi yang cukup parah terpantau di pintu 10 Kawasan Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta Pusat. Di area tersebut terpantau banjir setinggi 20 hingga 30 centimeter.

Genangan air yang cukup dalam terpantau di depan Jalan Asia Afrika depan Plaza Senayan. Di lokasi tersebut, sejumlah kendaraan terendam banjir setinggi 40 centimeter.

 

Sudah Surut

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI Jakarta, Juaini memastikan sejumlah titik di banjir berangsur surut. Ia juga mengatakan kondisi di sekitar kawasan Gelora Bung Karno tidak terkendala banjir.

"Pas hujan benar ada genangan, sekarang sudah surut," kata dia dilaporkan Merdeka.com, Selasa, 17 Desember 2019.

 

 

Juaini tak menampik intensitas hujan sejak Selasa siang hingga sore mengakibatkan genangan dan banjir di berbagai titik. Namun, kata Juaini, kondisi tersebut tidak berlangsung lama.

"Ketika 20-30 menit sudah surut," kata dia.

Sempat Banjir, Kini Tol Dalam Kota Kuningan Arah Cawang Mulai Normal

Dream - Hujan lebat yang mengguyur Jakarta membuat sejumlah titik kebanjiran, Selasa 17 Desember 2019. Salah satunya adalah ruas Tol Dalam Kota (Kuningan arah Cawang).

Dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, petugas Jasa Marga mengoperasikan dua unit pompa air dan menyedot genangan. Jasa Marga juga bekerja sama dengan Polri untuk mengatur lalu lintas di jalan tol.

Sekadar informasi, hujan deras mengguyur Jakarta sejak pukul 14.00 WIB. Di Ruas Tol Dalam Kota, tepatnya KM 05+400 arah Cawang, terdapat genangan setinggi sepuluh hingga 15 sentimeter.

Setelah dua pompa dioperasikan, kini air genangan telah surut. Lalu lintas di tol kembali normal.

Tak Hanya Jakarta, Banjir Juga Serbu Tangerang dan Depok

Dream - Curah hujan tinggi di Bogor, Kamis malam, 25 April 2019 tidak hanya berdampak banjir di sejumlah DKI Jakarta.

Debit air Sungai Ciliwung yang naik juga membuat pemukiman di Kota Depok, Jawa Barat terendam banjir.

Dilaporkan Merdeka.com, anggota Tagana Kota Depok, Doni mengatakan air mulai meluap sejak pukul 02.00 WIB.

"Titik wilayah rumah warga yang dekat bantaran Sungai Ciliwung sudah kami evakuasi dibantu Damkar, TNI, aparat, Tagana, dan elemen warga Depok," kata Doni, Jumat, 26 April 2019.

Informasi anggota Tagana dan komunitas Sungai Ciliwung, banjir terjadi di wilayah RT 08 RW 2 Tirta Jaya, Kecamatan Sukmajaya; RT 4 RW 5 Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas; bawah jembatan Soto Kudus; bantaran sungai Ciliwung di Kelurahan Pondok Cina, Kecamatan Beji; RT 5 RW 7 Kelurahan Pasir Gunung Selatan; dan RW09 Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis.

Tak Ada Hujan Tangerang Banjir

Selain itu banjir dengan ketinggian satu meter juga terjadi di lokasi lain di RW 07 Kelurahan Pasir Gunung Selatan, Kecamatan Cimanggis.

Banjir juga terpantau di Kota Tangerang, Banten. Meski tak diguyur hujan, wilayah ini terkena air kiriman dari Bogor.

Penjaga Pintu Air 10 Kota Tangerang, Naman mengatakan, saat ini muka air kali Cisadane telah naik 7 meter dari posisi normalnya.

Meningkatnya debit air di Cisadane tersebut sudah terjadi sejak semalam. Untuk itu, dia membuka 6 pintu di Pintu air, guna mengurangi ketinggian pada muka air di sepanjang aliran Sungai Cisadane.

"Makanya, dari 10 pintu kami sudah buka 6 pintu. Agar bisa mengurangi kiriman air dari Bogor yang tinggi ini," ucap Naman.

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah menilai kondisi debit air saat ini cukup ekstrem. Dia mengkhawatirkan, sejumlah wilayah langganan banjir di Kota Tangerang, akan terendam, jika pintu air tidak segera dibuka.

"Kalau ini (pintu air) tidak dibuka, level airnya makin tinggi dan pasti sejumlah wilayah bakal banjir, seperti kawasan KS Tubun, atau perumahan Periuk dan Pinang," ucap Arief. (ism)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP