Malaysia Cuma Izinkan 2 Orang Bepergian dengan Mobil Selama Lockdown

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 31 Maret 2020 10:36
Malaysia Cuma Izinkan 2 Orang Bepergian dengan Mobil Selama Lockdown
Terutama saat masa `lock down` pandemi virus corona.

Dream – Negara-negara yang `disinggahi` virus corona, memperketat aturan `jaga jarak`. Salah satunya aturan mengemudi.

Di negara tetangga kita, Malaysia, mulai menerapkan aturan yang ketat tentang jumlah orang yang ada di satu mobil mulai bulan depan.

Dikutip dari World of Buzz, Selasa 31 Maret 2020, Menteri Pertahanan, Ismail Sabri, mengatakan program lockdown periode 2 yang mulai berlaku pada 1 April 2020 ini masih mengizinkan orang untuk berpindah. Tapi, ada pembatasan jumlah pengemudi mobil pribadi.

“ Saya menekankan pada fase dua, pergerakan masih diizinkan. Tapi, sesuai yang disebutkan, saat menggunakan mobil pribadi, kamu hanya boleh mengemudi ke toko kelontong dan satu orang di satu mobil,” kata Ismail.

Sebelum masa karantina diperpanjang, Konsil Keamanan Nasional memerintahkan hanya kepala keluarga yang diperbolehkan untuk belanja di toko kelontong. Pada 21 Maret 2020, Menteri Tenaga Kerja, Fadillah Yusof, mengatakan polisi akan mengizinkan kendaraan berpergian untuk alasan yang jelas.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, Malaysia mengantongi kasus 2.626 pasien dan kematian 37 orang.

1 dari 4 halaman

ODP Corona di Daerah Mendadak Naik, Pemerintah Kaji Larangan Mudik

Dream – Kementerian Perhubungan mengkaji opsi larangan mudik untuk musim Lebaran tahun ini bagi masyarakat. Usulan ini masih dalam tahap dikusi di internal pemerintah yang keputusannya menunggu hasil rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo.

" Intinya, pemerintah akan larang mudik, tapi masih butuh diskusi. Kenapa? Karena potensi penyebaran cepat sekali. Keputusan tertingginya nanti di ratas," kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Adita Irawati, di Jakarta, dikutip dari Liputan6.com, Jumat 27 Maret 2020.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengungkapkan usulan pelarangan mudik masih akan dibahas bersama dengan Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi.

 

 © Dream

 

" Memang saat ini masih diimbau untuk tidak mudik, tapi ada usulan dilarang saja, karena kalau diimbau masyarakat Indonesia banyak yang nggak patuh," kata Budi.

Budi mengaku kementeriannya tengah menyiapkan skema pelarangan mudik tersebut dengan Korps Lalu Lintas Polri (Korlantas) mencakup urusan penyekatan pemudik dari Jabodetabek, di area mana saja akan ditutup atau disekat, baik di jalan tol maupun jalan arteri.

Waktu pelarangan mudik masih dalam tahap diskusi. Perihal kemungkinan waktu, pada H-7 atau lebih awal, karena sudah banyak masyarakat yang mencuri start dan pulang kampung lebih awal.

" Pemudik yang sudah terlanjur (berada di jalan) juga akan dikembalikan," kata dia.

Budi menyatakan, pihaknya akan melakukan rapat kembali untuk mencari kesepakatan mengenai pelarangan mudik ini.

" Mudah-mudahan ada kesepakatan bersama. Kita undang berbagai pihak terkait untuk mendapatkan masukan yang terbaik," ujarnya.

2 dari 4 halaman

Jumlah ODP di Daerah Meningkat

Adita mengatakan usul melarang mudik muncul sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona. Tak hanya itu, larangan ini juga didorong seiring meningkatnya jumlah orang dalam pemantauan (ODP) virus corona covid-19 .

Dia mengaku berdasarkan laporan, jumlah ODP pada beberapa daerah meningkat karena tertular masyarakat yang pulang kampung dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

" Kita belum melakukan pelarangan ini sudah banyak yang curi start mudik. Dari data yang kami terima, lonjakannya besar sekali. Contoh Kabupaten Sumedang, itu ODP-nya meningkat karena dapat dari orang yang mudik dari Jabodetabek," kata Adita.

Adita menambahkan, tidak hanya di Sumedang, beberapa daerah di Jawa Tengah juga mengalami kenaikan jumlah ODP yang cukup tinggi  

Tak ingin kecolongan, pemerintah segera mengambil langkah tegas terkait pelarangan mudik ini agar zona merah Corona tidak semakin banyak.

Adapun, pemerintah sendiri masih melakukan diskusi lebih dalam terkait pelarangan mudik, mulai dari skema hingga kemungkinan reward dan punishment yang mungkin bisa diberikan kepada masyarakat.

" Pada intinya pemerintah nanti akan melarang mudik, tapi ini masih butuh persetujuan dan keputusan yang lebih tinggi di rapat terbatas," tutur dia.

(Sah, Sumber: Liputan6.com/Athika Rahma)

3 dari 4 halaman

Virus Corona Covid-19 Dorong Orang Beli Mobil Pribadi

Dream – Virus corona baru tak hanya menyerang manusia. Pandemi virus yang dikenal dengan nama Covid-19 ini juga menghantam dunia bisnis. Usaha di banyak negara menjadi lesu.

Namun sebuah survei yang dilakukan di China, negara yang menjadi awal pandemi ini, menunjukkan fenomena mengejutkan. Menurut lembaga riset Ipsos, pandemi corona justru mendongkrak hasrat masyarakat untuk membeli mobil pribadi.

Menurut hasil survei yang dikutip oleh laman Zing.vn, masyarakat China menghindari penggunaan transportasi umum. Memang virus corona bisa menular dari manusia ke manusia, sehingga orang cenderung menghindari kerumunan.

 

 © Dream

 

Survei itu menunjukkan pembelian kendaraan pribadi meningkat. Secara psikologis, mereka cemas dengan infeksi virus corona.

Survei itu menunjukkan penggunaan bus menurun 50 persen. Begitu pula dengan trem dan taksi. Pada saat yang sama, penggunaan mobil pribadi meningkat dua kali lipat selama pandemi corona. Pengguna mobil pribadi takut berpapasan dengan orang yang terjangkit virus corona.

Ada 66 persen orang yang tak punya kendaraan, ingin beli mobil dalam enam bulan ke depan. Ada 77 persen di antaranya beralasan tak mau terinfeksi saat menggunakan transportasi umum.

4 dari 4 halaman

Tertarik Ingin Beli Mobil Ini

Pandemi virus ini juga mengerek jumlah pembeli mobil online di China. Pengunjung aplikasi jual beli mobil, situs, dan jejaring sosial tentang jual beli kendaraan juga lebih tinggi daripada yang sebelumnya.

Konsumen tertarik dengan fitur disinfektan yang ada di mobil. Mobil yang menggunakan materi antibakteri dan pengendalian suhu mobil untuk menyaring bakteri, sukses menarik minat pembeli.

Diler mobil mempersilakan pengunjung untuk melihat-lihat mobil di toko onlinenya. Hal ini disebabkan oleh masyarakat yang menghindari keramaian.

Kendaraan itu akan diantar ke rumah. Inspeksi kendaraan selesai disertai dengan garansi tertinggi dari dilernya. 

Beri Komentar