Jangan Kendor Dirawat, Ini Penyakit Mobil yang Suka Datang Saat Kemarau

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 29 Maret 2021 19:12
Jangan Kendor Dirawat, Ini Penyakit Mobil yang Suka Datang Saat Kemarau
Mobil pun tetap perlu perawatan saat musim kemarau.

Dream – Bulan Maret akan segera berakhir dan biasanya diikuti dengan musim hujan yang akan segera berakhir. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah memperkirakan musim kemarau di Indonesia akan datang pada April 2021.

Pada musim kemarau, perawatan mobil memang lebih mudah daripada musim hujan. Inilah yang menyebabkan banyak orang menyepelekan perawatan kendaraan.

Padahal, kalau mobil tidak dirawat dengan benar—meskipun itu musim kemarau—itu akan menimbulkan masalah.

Dikutip dari HSR Wheel, Senin, 29 Maret 2021, ada beberapa masalah kendaraan yang biasanya hadir saat musim kemarau.

1 dari 2 halaman

Masalah yang Sering Muncul Saat Kemarau

Misalnya, filter udara mesin cepat kotor. Jalanan yang berdebu biasanya akan membuat filter udara kendaraan bekerja lebih keras.

Filter ini akan terus-menerus menyaring udara yang dipenuhi dengan debu dan kotoran. Jika filter ini tidak sering diganti, nantinya kotoran akan menumpuk dan pembersihan udara tidak bisa maksimal.

5 Jenis Aki Mobil yang Bisa Kamu Temui di Pasar© MEN

Kedua, kinerja aki jadi lebih berat. Saat kemarau, “ kerja” aki mobil akan lebih berat. Aki akan lebih cepat aus. Mengapa? Saat musim kemarau, AC mobil lebih sering digunakan dan memerlukan banyak tenaga dari aki.

Ketiga, eksterior mobil cepat rusak. Cat mobil yang terlalu lama terpapar sinar matahari langsung, lama-lama akan menjadi kusam dan mengelupas. Wiper dan karet pintu juga bisa soak karena terkena sinar mentari.

2 dari 2 halaman

Terus, Perawatannya Bagaimana?

Agar kendaraan tetap oke dan kinclong, ada tiga hal yang bisa kamu lakukan. Pertama, parkir di tempat teduh. Jika kendaraan terlalu lama terpapar sinar matahari, hal ini akan membuat kendaraan menjadi kusam. Sebisa mungkin kamu mencari tempat teduh untuk memarkir kendaraan.

Kedua, memeriksa kondisi ban. Pastikan jika ukiran pada ban terlihat jelas dan cukup dalam. Jika ban mobil kamu sudah gundul atau aus, kamu perlu menggantinya dengan yang baru.

Penggantian ban ini bertujuan agar kendaraan di aspal tetap bisa menggigit. Kalau tidak diganti, ini bisa berpotensi kecelakaan.

Ketiga, membersihkan filter udara. Pada dasarnya, filter udara sangat berpengaruh terhadap kinerja mesin.

Jika filter udara kotor, segera bersihkan agar pasokan udara ke mesin tidak tersumbat kotoran. Termasuk juga pada selang, belt, wiper, dan rem juga perlu kamu periksa secara berkala sehingga kinerjanya tetap maksimal.

Beri Komentar