Station Wagon Gahar The New Audi RS 4 Mengaspal, Mesin Turbo Bikin Ngegas

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 16 September 2021 17:35
Station Wagon Gahar The New Audi RS 4 Mengaspal, Mesin Turbo Bikin Ngegas
Mobil ini juga bisa dipakai untuk kebutuhan sehari-hari, lho.

Dream – Mobil anyar keluaran Audi, The New Audi RS 4 Avant, resmi diperkenalkan kepada pecinta otomotif. Kesan gahar, sporty, namun tetap praktis langsung terasa begitu wajah mobil tipe station wagon terlihat. 

Presiden Direktur Garuda Mataram Motor, Andrew Nasuri mengungkapkan kesan itu memang sengaja dihadirkan sebagai bentuk kombinasi dari nilai-nilai yang ada di sebuah mobil sport dengan kepraktisan dalam penggunaan sehari-hari. 

" (Ini) salah satu ide berbeda yang ditawarkan oleh The New Audi RS 4 Avant,” kata Andrew di Jakarta.

Mobil yang dipasarkan di Indonesia senilai Rp2,799 miliar (OTR Jakarta) ini tersedia dalam delapan warna, yaitu tango red metallic, turbo blue, Daytona gray pearl effect, Navarra blue metallic, Sonoma green metallic, glacier white metallic, nardo gray, dan mythos black metallic.

Berikut ini adalah deretan fitur dan desain yang diusung oleh New Audi RS 4 Avant.

1 dari 5 halaman

Bodi yang `Berotot`

Mobil ini memiliki grille singleframe yang lebih lebar dan lebih rata daripada model yang menjadi basisnya. Agar lebih terlihat cantik, Audi menyematkan strukur sarang lebah 3 dimensi yang berbalut warna hitam gloss. Grille singleframe ini dirancang tanpa bingkai untuk menampilkan kesan yang bersih.

Lampu depannya menggunakan lampu LED dan bezel yang ebrwarna gelap. Fender depan dan belakang lebih lebar 30 mm daripada Audi A4 Avant. Elemen berwarna hitam di kedua sisi lampu depan mempertegas kesan lebih lebar pada RS 4 Avant ini.

 

New Audi RS 4 Avant,2© Audi

Aksen berbalut warna hitam pada ambang jendela, bingkai kaca depan dan belakang, rumah kaca spion berbalut aksen karbon serta roof-rail hitam membuat tampilannya semakin sporty. Spoiler di atas kaca belakang serta diffuser yang diapit dua pipa pembuangan juga semakin mempertegas tampilannya.

Sistem knalpot sport RS oval berbalut warna hitam pada ujungnya tak hanya memberikan penampilan yang berbeda.

Di bagian roda, Audi dilengkapi velg forged alloy 10 spoke 19 inci dengan ban 265/35 R19. Audi Indonesia juga menyediakan opsi desain velg yang dapat menjadikan tampilan The New Audi RS 4 Avant berbeda.

Tampilannya semakin keren dengan caliper rem berwarna merah atau opsi rem keramik RS dengan caliper merah atau anthracite gray.

© Dream
2 dari 5 halaman

Interior Serba Gelap dan Sporty

Desain interior The New Audi RS 4 Avant menawarkan balutan warna hitam untuk mempertegas kesan sporty dan lapang dengan desain garis-garis horizontal.

Sentuhan “ aluminium race” anthracite menjadi aksen standar di dalam kabin The New Audi RS 4 Avant. Ada juga mendapatkan pilihan aksen dekoratif lainnya yaitu Carbon Twill atau Black Piano Lacquer yang eksklusif dari Audi.

Penggunaan lingkar kemudi sport berbalut kulit, 3-spoke dengan tombol-tombol Multifungsi Plus, dan flat-bottomed dengan tombol “ RS MODE” di bagian bawahnya, yang membuatnya semakin eksklusif.

New Audi RS 4 Avant (3)© Audi

Untuk kenyamanan pengemudi dan penumpang, The New Audi RS 4 Avant juga menyuguhkan tempat duduk sport khas RS yang mendapatkan pola sarang lebah dengan emboss logo RS yang eksklusif. Konsumen di Indonesia juga memiliki opsi untuk memilih paket styling RS berwarna merah di interior. 

Tempat duduk bagian depan mendapat sentuhan warna tango red. Opsi lainnya adalah paket styling RS warna grey yang mendapatkan karpet hitam dengan aksen jahitan warna rock grey dan armrest di bagian pintu yang juga berlapis kulit nappa.

Di bagian bagasi, kapasitas wagoon sporty ini diatur sebanyak 495 liter dan maksimal 1.495 liter. Bangku belakang juga bisa dilipat dan ruang bagasi diisi penuh hingga atap. Pintu bagasi serta cover penutup bagasinya dapat beroperasi secara elektronik.

3 dari 5 halaman

Layar Sentuh dengan Sistem Operasi Terbaru

Di bagian tengah dashboard disematkan layar sentuh MMI berukuran 10.1 inci diletakkan dengan sudut kemiringannya mengarah ke pengemudi. Dengan adanya umpan balik akustik saat disentuh, hal ini sekaligus mengambil alih fungsi tombol tekan putar yang sebelumnya berada konsol tengah.

Pengemudi juga bisa menggunakan monitor RS ini akan tampil berbagai informasi mengenai suhu komponen sistem penggerak, g-force maksimum, dan informasi mengenai tekanan dan suhu ban.

New Audi RS 4 Avant (4)© Audi

Panel instrument dilengkapi Audi Virtual Cockpit Plus, display khusus RS yang menampilkan informasi tentang tekanan ban, torsi, output daya, suhu oli mesin, waktu putaran, pengukuran akselerasi, dan juga g-force. Juga tersedia lampu peringatan untuk perpindahan transmisi pada batas putaran mesin.

Sebauh tombol RS MODE disematkan untuk membebaskan pengemudi memilih gaya sporty yang diinginkan. Tombol tersebut berada di bagian bawah lingkat kemudi flat-bottomed. Tombol ini akan secara otomatis membuka layar khusus RS pada tampilan Audi Virtual Cockpit Plus.

© Dream
4 dari 5 halaman

Gendong Mesin Ini

New Audi RS 4 Avant mengusung mesin berbahan bakar bensin V6 2,9 liter TFSI twin turbo dengan transmisi otomatis 8-speed tiptronic. Dengan tenaga puncak hingga 450 PS dan torsi maksimal 600 Nm dapat diraih mulai 1.900 hingga 5.000 rpm yang memungkinkan mobil ini berakselerasi 0 – 100 km/jam hanya dalam 4,1 detik.

Dengan paket dinamik RS, kecepatan maksimalnya juga dapat ditingkatkan dari 250 km/jam menjadi 280 km/jam. Mesin TFSI ini berbobot hanya 182 kg, yang artinya 31 kg lebih ringan dibandingkan mesin V8 yang digunakan oleh generasi sebelumnya.

New Audi RS 4 Avant (1)© Audi

The New Audi RS 4 Avant ini diklaim menghasilkan efisiensi merujuk pada hasil pengujian WLTP terbaru. News Audi S 4 menelan bahan bakar hingga 10,8 km/liter (9,2 liter/100 km), dengan emisi CO2 mencapai 211 gr/km. Angka konsumsi bahan bakar ini lebih rendah 17 persen dibandingkan model sebelumnya.

5 dari 5 halaman

Suspensi dengan Tuning Sport

Di bagian suspensi, The New Audi RS4 sudah menggunakan suspensi sport RS yang tujuh milimeter lebih rendah dibandingkan Audi S4 yang menjadi model basisnya dengan suspensi sport.

Suspensi sport RS plus dengan Dynamic Ride Control (DRC) sebagai opsi pilihan memungkinkan pengendalian yang lebih lincah sesuai dengan kebutuhan. 

New Audi RS 4 Avant (5)© Audi

Dengan bantuan Audi drive select, pengemudi dapat mengatur sendiri respon peredam dengan tiga tingkat peredaman dan mempersonalisasi pengalaman berkendara. 

Pengemudi dapat memilih pengalaman berkendara pribadi mereka melalui sistem pengendalian dinamis Audi drive select dengan lima mode yang tersedia yaitu comfort, auto, dynamic, dan mode khusus RS yang dapat disesuaikan: RS1 dan RS2.

© Dream
Beri Komentar