New Suzuki Baleno Meluncur, Berapa Harganya?

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Sabtu, 21 Desember 2019 07:02
New Suzuki Baleno Meluncur, Berapa Harganya?
Mobil hatchbacknya anyar Suzuki `menyapa` Indonesia.

Dream - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi meluncurkan New Baleno Complete Hatchback generasi keenam. Presiden Director PT SIS, Seiji Itayama mengatakan, New Baleno ini hadir dengan berbagai keunggulan dan lebih mengutamakan desain modern.

" Suzuki selalui menghadirkan produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat," ujar Seiji di Jakarta, Jumat 20 Desember 2019.

New Suzuki Baleno (1)© Dream.co.id/Muhammad Ilman Nafian



New Baleno Complete Hatchback ini dilengkapi dengan mesin K14B berkapasitas 1.373 cc dengan tenaga 94,2 PA pada 6.000 rpm.

New Suzuki Baleno (2)© Dream.co.id/Muhammad Ilman Nafian



Mobil empat penumpang ini memiliki dua tipe yakni transmisi manual dan otomatis. Untuk harga, New Baleno transmisi manual dibanderol senilai Rp221 juta, sedangkan yang otomatis dijual seharga Rp233,5 juta.

1 dari 5 halaman

Fitur-fitur `Kekinian`

Di lokasi yang sama, Marketing Director PT SIS, Donny Saputra mengatakan, beberapa perbedaan hadir pada New Baleno Complete Hatchback ini seperti, menggunakan LED peoject headlamp, desain bumper juga dibuat berbeda dengan edisi Baleno sebelumnya.

" Untuk AC, ini menggunakan auto climate with heater, sehingga pengguna bisa mengatur suhu sesuai kebutuhan," kata Donny.

 

New Suzuki Baleno (3)© Dream.co.id/Muhammad Ilman Nafian



Donny berujar, New Baleno Complete Hatchback ini dilengkapi dengan smart key, sehingga mobil tidak bisa dinyalakan tanpa kunci asli bawaan pabrik.

Pada bagian pengereman, New Baleno Complete Hatchback ini dibekali anti-lock bracking system (ABS), electronic brake-force distribution (EBD) serta dual air bag untuk memberikan keamanan bagi pengendara.

2 dari 5 halaman

Masih Inden di Negeri Asalnya, Indomobil Heran Suzuki Jimny Ikut Diselundupkan

Dream - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengaku heran mobil andalannya, Suzuki Jimny, termasuk satu dari 19 unit mobil mewah yang diselundupkan ke Indonesia. Padahal di negeri asalnya Jepang, pemesan mobil ini masih inden.

Seperti diketahui, Direktorat Bea dan Cukai Kementerian Keuangan mengungkap penyelundupan mobil dan motor mewah. Sepanjang 2016-2019, ada 19 unit mobil mewah dan 35 motor/rangka motor/mesin motor mewah dalam berbagai merek yang telah diamankan.

" Saya sendiri heran karena di sana (Jepang) pun masih inden, kenapa mereka bisa dapet unit (yang diselundupkan) ini," ujar Direktur Pemasaran 4W SIS Donny Saputra di Suzuki Indomobil Sales Head Office, Pulogadung, Jakarta, dikutip dari Liputan6.com, Kamis 19 Desember 2019, 

 

© Dream

 

Donny menyebut kasus penyelundupan ini bisa jadi terjadi karena lamanya inden di Indonesia sangat lama. Pemesn bisa menunggu mobilny datang sampai 5 tahun. Sejauh ini, baru ada 300 unit yang disalurkan kepada konsumen.

Berkaca pada kasus penyelundupan ini, Donny mengimbau agar masyarakat membeli mobil melalui jalur yang benar alias diler resmi Suzuki. Selain garansi terjamin, mobil yang dibeli di dealer resmi memiliki spesifikasi yang telah disesuaikan dengan kondisi di Indonesia.

" Buat calon konsumen, produk yang dijual di luar negeri itu secara spesifikasi berbeda dengan yang dijual di Indonesia. Kami dari APM menyarankan, untuk membeli mobil resmi yang dikeluarkan oleh APM karena garansi maupun spesifikasinya sudah disesuaikan dengan kondisi di Indonesia," kata dia.

3 dari 5 halaman

Kerugian Puluhan Miliar Rupiah

Disebutkan, dalam kurun waktu 2016-2019 sebanyak 19 unit mobil mewah dan 35 unit motor atau rangka motor atau mesin motor mewah berbagai merek telah diamankan oleh Bea Cukai Tanjung Priok dengan perkiraan total nilai barang mencapai kurang lebih Rp21 miliar dan potensi kerugian negara mencapai kurang lebih Rp 48 miliar.

Berbagai modus digunakan dalam tangkapan kali ini. Importasi kendaraan tersebut diberitahukan dalam dokumen sebagai batu bara, suku cadang mobil, aksesori, dan perkakas serta dilakukan oleh tujuh perusahaan berbeda. Perusahaan-perusahaan tersebut mengimpor mobil dan motor mewah dari negara Singapura dan Jepang.

Penyelundupan dilakukan oleh PT SLK, PT TJI, PT NILD, PT MPMP, PT IRS, PT TNA, dan PT TSP. Dengan manifest tertanggal 29-09-2019, PT SLK kedapatan menyelundupkan mobil Porsche GT3RS dan Alfa Romeo dari Singapura dengan total perkiraan nilai barang mencapai Rp2,9 miliar, namun pemberitahuannya hanya dinyatakan sebagai refractory bricks.

(Sumber: Liputan6.com/Septian Pamungkas)

4 dari 5 halaman

Penjualan Suzuki Meningkat 16 Persen, Baleno Lagi Naik Daun

Dream - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) membukukan penjualan sebanyak 10.077 unit pada November 2019. Angka tersebut naik 16 persen dibandingkan Oktober 2019, dengan penopang terbanyak dari lini mobil niaga dan penumpang. 

4W Sales Director SIS, Makmur, mengatakan penjualan New Carry naik 4 persen menjadi 5.483 unit pada November 2019. Pikap ini menjadi penggerak terbesar penjualan Suzuki, mencapai 57,98 persen. 

Di segmen kendaraan penumpang, All New Ertiga berkontribusi 25 persen terhadap wholesales Suzuki. Penjualan All New Ertiga naik 62 persen menjadi 2.568 unit pada November 2019.

 

© Dream



Penjualan hatchback Suzuki, Baleno, juga mengalami peningkatan sebanyak 9 persen. Mobil ini mengusung desain yang elegan dan modern.

“ Selain itu, program penjualan yang menguntungkan pelanggan juga mendorong peningkatan penjualan Baleno pada bulan November,” kata Makmur, melalui keterangan tertulis diterima Dream, Rabu 18 Desember 2019.

Menurut Makmur, selama Januari-November 2019 produk lokal Suzuki memberikan kontribusi sebesar 87,9 persen terhadap penjualan nasional brand mobil ini.

5 dari 5 halaman

Pikap Carry Masih Jadi Mesin Uang Suzuki

Dream - Penjualan mobil PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pada Oktober 2019 naik di tengah industri otomotif yang lesu. Penjualannya di segmen wholesales meningkat hingga 7,4 persen jika dibandingkan pada September 2019.

Pada penjualan ini, Carry menjadi andalan Suzuki. Lantas di mana Ertiga?

Dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Senin 18 November 2019, penjualan Suzuki meningkat karena kontribusi Carry, All New Ertiga, APV, dan Suzuki Wagon R. Carry menduduki peringkat puncak penjualan Suzuki.

 

© Dream



Penjualan pikap ini naik 11,2 persen menjadi 5.630 unit pada Oktober 2019. Mobil pikap ini memegang share 60,2 persen pangsa pasar mobil niaga di Indonesia dan 64,4 persen terhadap penjualan perusahaan.

All New Ertiga menduduki peringkat kedua penjualan Suzuki. Mobil kelas MPV ini laku 1.588 unit unit. Penjualan mobil ini memberikan kontribusi 18,2 persen terhadap penjualan wholesales perusahaan.

“ Dengan hasil penjualan yang positif pada Oktober 2019, sepanjang semester kedua 2019, penjualan Suzuki terus menunjukkan tren positif,” kata 4W Sales Director SIS, Makmur, di Jakarta.

Beri Komentar