Pasar Otomotif Membaik, Penjualan Suzuki Tumbuh 60 Persen

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 23 Desember 2020 06:13
Pasar Otomotif Membaik, Penjualan Suzuki Tumbuh 60 Persen
Pangsa pasar ritel dan wholesale Suzuki ikut terkerek.

Dream – Pasar otomotif mulai pulih setelah melemah akibat pandemi Covid-19. Hal ini dibuktikan dengan rapor penjualan GAIKINDO bulan November yang mencatat kenaikan wholesales sebesar 9,84 persen.

Dari angka itu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memberikan kontribusi dengan peningkatan wholesales hingga 60 persen dan retail sales 27 persen jika dibandingkan bulan Oktober.

Pencapaian ini membawa Suzuki menguasai 15,3 persen pangsa pasar wholesales dan 12,9 persen pada pangsa pasar retail sales pada November 2020.

“ Kami harap dengan meningkatnya angka penjualan saat ini bisa menjadi tahap recovery dan bahkan terus membaik sehingga pasar otomotif kembali terstimulus dan pulih,” kata 4W Marketing Director SIS, Donny Saputra, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis, Selasa 22 Desember 2020.

Selain pertumbuhan penjualan bulan November, pangsa pasar Suzuki sepanjang 2020 pun meningkat Dari Januari hingga November, Suzuki meraih pangsa pasar wholesales sebesar 12,3 persen dan retail sales sebesar 12,5 persen.

Jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2019, pencapaian pangsa pasar ini tumbuh 2,7 persen, baik dari wholesales maupun retail sales. Sekadar perbandingan, pada tahun 2019 Suzuki menguasai 9,58 persen pangsa pasar wholesales dan 9,81 persen di sisi ritel.

Pertumbuhan penjualan dan pangsa pasar Suzuki bulan November masih didominasi New Carry Pick Up yang berkontribusi 67,7 persen terhadap wholesales dan 62,5 persen terhadap ritel nasional Suzuki.

Setelah itu, disusul XL7 dengan kontribusi 12 persen untuk wholesales dan 13,2 persen untuk ritel, serta All New Ertiga yang berkontribusi 9,3 persen untuk wholesales dan 11,8 persen untuk retail sales.

Donny mengatakan peningkatan penjualan November 2020, baik Suzuki atau pasar kendaraan roda empat secara keseluruhan, bisa membawa harapan baru untuk industri otomotif Indonesia.

“ Kami berharap agar pandemi segera berakhir, sehingga semua sektor industri, khususnya otomotif, kembali stabil dan terus meningkat,” kata dia.

1 dari 5 halaman

Suzuki New Ignis Didaulat Jadi Mobil Favorit Generasi Z

Dream – Suzuki New Ignis menyabet penghargaan Marketeers Youth Choice Brands of The Year 2020. City car ini menjadi kendaraan pilihan bagi konsumen generasi muda dalam ajang Marketeers XFest 2020.

Menjadi mobil pilihan generasi Z, 4W Brand Development and Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Harold Donnel mengatakan, New Ignis memang dihadirkan sebagai The New Breed of Urban SUV. Mobil ini mengutamakan desain yang modern, comfort, dan convenience dengan biaya perawatan yang kompetitif.

 

© Dream

 

“ Semua keunggulan ini menjadikan New Ignis menjadi Urban SUV yang value for money dan memenuhi gaya hidup, khususnya generasi muda,” kata Harold di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis Suzuki, baru-baru ini.

Tampilan New Ignis yang youthful dan attractive melalui desain eksterior dan interior modern, sesuai dengan representasi karakter anak muda yang dinamis. Dia menyebut keunggulan-keunggulan New Ignis mendapatkan sambutan hangat dari konsumen.

Terlebih New Ignis dibekali sejumlah fitur unggulan seperti keyless entry, Bluetooth phone connection, dan steering wheel with switch audi control.

2 dari 5 halaman

Intip Fitur Keselamatannya

Untuk keamanan berkendara, New Ignis dibekali fitur keselamatan Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), dual SRS airbag, Side Impact Beam, ISOFIX, Immobilizer, Pretensioner front seat belt, dan new generation platform Heartect. Dengan dimensi 3.700 mm x 1.690 mm x 1.595 mm New Ignis dilengkapi mesin K12M berkapasitas 1.197 cc dan ground clearance setinggi 180 mm sehingga mampu bermanuver dengan baik di jalanan perkotaan.

Melalui penghargaan tersebut, Suzuki berkomitmen terus menghadirkan model-model unggulan untuk anak muda.

“ Penghargaan ini menjadi kado ulang tahun Suzuki yang tahun ini memasuki usia ke-50 di Indonesia. Ke depannya kami akan terus menambah line up mobil yang bernilai kompetitif dan sesuai dengan karakter anak muda,” kata Harold.

Marketeers Youth Choice Brands of the Year 2020 2020 sendiri merupakan ajang yang digelar oleh majalah Marketeers untuk mengetahui siapa saja perusahaan atau brand di Indonesia yang mendapat tempat di hati konsumen Gen Z Indonesia.

Penghargaan didapatkan dari survei online dalam kurun waktu Oktober hingga November 2020 yang menjaring setidaknya 1.300 responden yang tersebar di seluruh Indonesia dengan rentang usia 18 tahun-25 tahun. 

3 dari 5 halaman

New Suzuki Ignis Sudah Mengaspal, Ini Skema Cicilan Murahnya

Dream – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) akhirnya resmi memperkenalkan New Suzuki Ignis. Mobil hatchback ini hadir untuk melengkapi gaya hidup kaum urban yang dinamis.

Kabar baiknya, mobil ini bisa kamu cicil mulai dengan iuran relatif murah untuk sebuah kendaraan gress dari pabrik. 

“ Untuk melengkapi kebutuhan kaum urban, kami meluncurkan New Ignis yang kini tampil lebih modern, memiliki banyak fitur untuk mendukung kenyamanan dan mobilitas, serta ground clearance yang cukup tinggi di kelasnya sehingga menambah kebanggaan dalam menunjang kegiatan dan gaya hidup perkotaan yang dinamis,” kata 4W Marketing Director SIS, Dony Saputra, dikutip dari keterangan tertulis, Senin 13 Maret 2020.

 

© Dream

 

Ignis tersedia dalam sembilan varian warna, yaitu Pearl Arctic White, Metallic Silky Silver, Metallic Glistening Gray, Metallic Lucent Orange, Pearl Midnight Black, Torquise Blue, Stargaze Blue with Black Roof, Stargaze Blue with Silver Roof, dan Lucent Orange with Black Roof.

Untuk variannya, Suzuzki menghadirkan versi GL dan GX serta dua transmisi, yaitu otomatis dan manual.

Harga OTR Jabodetabek Ignis GL M/T dibanderol sebesar Rp171 juta, GL AGS Rp181 juta, GX M/T Rp190 juta, dan GX AGS Rp200 juta.

Jika tertarik memboyong mobil ini, Sahabat Dream bisa mengangsurnya. Melansir Otosia, situs Suzuki Finance Indonesia menyebut Ignis bisa diangsur dengan tenor hingga 5 tahun atau 60 bulan. Dengan uang muka 20 persen atau Rp34,2 juta dan tenor 5 tahun, cicilan New Suzuki Ignis per bulan hanya Rp4,06 juta.

Sedangkan untuk jangka pembayaran 4 tahun, cicilan New Suzuki Ignis bisa mencapai Rp4,591 juta per bulan. Sementara itu, cicilan tenor 3 tahun di angka Rp5,52 juta per bulan dan Rp7,461 juta per bulan untuk tenor 2 tahun, serta Rp13,478 juta per bulan di tenor 1 tahun.

4 dari 5 halaman

Spesifikasi

Ubahan terbaru New Ignis terletak pada sisi eksterior yang menjadikannya sebagai urban SUV seperti desain bumper depan dan diffuser, grille, fog lamp dan bezel, serta desain bumper belakang yang kini hadir dengan rear reflector dan diffuser. Pada sisi interior, terdapat perubahan dengan adanya new seat cover design.

Selain itu, tampilan kunci New Ignis juga hadir dengan bentuk baru yang lebih keren.

Dari segi dimensi, New Ignis tetap hadir dengan dimensi yang sama yaitu 3.700 mm x 1.690 mm x 1.595 mm. Di dapur mesin, ia dlengkapi mesin K12M 4 Cylinder 16 Katup berkapasitas 1.197 cc, tenaga 83 PS pada 6 ribu rpm, torsi 113 Nm pada 4.200 rpm, wheelbase sepanjang 2.435 mm, serta high ground clearance setinggi 180 mm yang memungkinkan kendaraan bermanuver di jalanan perkotaan.

“ New Ignis ini adalah The New Breed of Urban SUV, karena hadir dengan desain yang lebih modern, lebih jantan, ground clearance tinggi, serta comfort dan convenience,” kata Dony.

5 dari 5 halaman

Fitur-fitur Keamanannya

New Ignis juga memiliki fitur-fitur yang menambah kenyamanan serta kemudahan berupa push start/stop button, keyless entry, tilt steering, steering wheel with switch audio control and blue tooth phone connection, AC auto climate with heater, 60:40 rear seat fold down, sporty look speedometer, and 260 litre baggage.

 

Interior Suzuki Ignis.© Suzuki

Eksterior Suzuki Ignis© Suzuki

Untuk keamanan pelanggan selama berkendara, New Ignis juga dibekali fitur keselamatan Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), dual SRS airbag, Side Impact Beam, ISOFIX, Immobilizer, Pretensioner front seat belt, dan new generation platform HEARTECT.

“ Di samping itu, biaya perawatan New Ignis juga sangat terjangkau. Semua keunggulan tersebut membuat kami optimistis New Ignis akan mendapat respons positif dari pelanggan karena menawarkan nilai terbaik di kelasnya,” ujar Dony.

Beri Komentar