5 Posisi Agar Tak Lelah Saat Menyetir Mobil

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 31 Agustus 2018 09:41
5 Posisi Agar Tak Lelah Saat Menyetir Mobil
Apalagi kalau harus menyetir dengan jarak yang jauh dan di daerah macet.

Dream – Sahabat Dream, pengendara mobil tak jarang menempuh waktu perjalanan berjam-jam untuk mencapai tujuan. Banyak penyebab waktu tempuh menjadi lama.

Contohnya, jarak perjalanan yang jauh dan jalanan yang macet.

Mengingat waktu perjalanan yang tinggi, ada satu hal yang harus diperhatikan oleh pengemudi mobil. Hal itu adalah postur berkendara.

Iya, postur berkendara ini penting. Posisi duduk yang tepat bisa menghindarkan badan dari cepat lelah dan potensi cedera yang serius.

Dikutip dari akun Instagram Honda Indonesia, @hondaisme, Jumat 31 Agustus 2018, ada lima posisi yang harus diperhatikan agar kamu tetap nyaman mengemudi. Berikut ini adalah rinciannya.

1 dari 2 halaman

Posisi Jok dan Tangan

Dream - Ketika menyetir, disarankan posisi lutut membentuk sudut 110 derajat. Posisi ini ideal untuk menekan pedal gas, rem, dan kopling.

Pastikan juga punggung bisa bersandar dengan baik. Ketinggian jok juga harus sesuai agar jarak pandang bisa maksimal.

Posisi Setir

Pastikan setir mobil tak menghalangi pandangan ke instrument panel di dashboard. Kalau ada fitur tilt, sesuaikan posisinya dengan keinginan.

Posisi Tangan

Ketika mengemudi, letakkan tangan kanan di arah jam 03.00 dan tangan kiri di jam 09.00. Posisi tangan ini bisa membentuk sudut sekitar 120 derajat.

Posisi ini bisa mempermudah kamu untuk menyetir dengan baik dan optimal.

2 dari 2 halaman

Perhatikan Sandaran Kepala dan Spion

Posisi Headrest

Sandaran kepala juga harus diperhatikan. Pastikan sandaran ini bisa menahan kepala dengan baik ketika terjadi benturan. Posisinya yang ideal, bagian tengah headrest sejajar dengan ujung atas telinga.

Posisi Spion

Yang terakhir adalah posisi spion. Pastikan spion bisa membuatmu melihat kondisi lalu lintas di belakang mobil seluas-luasnya. Jangan lupa untuk memperlihatkan sedikit bagian belakang mobil. 

 

 

 

Dengan postur berkendara yang benar, Anda dapat terhindar dari rasa pegal maupun potensi cedera serius. Apakah postur tubuh Anda sudah benar? Cek 5 hal berikut! #Honda #HondaTips #Tips #Hondaisme

A post shared by Honda Indonesia (@hondaisme) on

Beri Komentar
Wasiat Terakhir Ustaz Arifin Ilham