Pedal Rem Mobil Susah Diinjak, Jangan-Jangan Ambles Lagi

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 5 Februari 2021 12:33
Pedal Rem Mobil Susah Diinjak, Jangan-Jangan Ambles Lagi
Rem mobil yang `nggak nggigit` bisa membahayakan pengemudinya.

Dream – Salah satu masalah pengereman di mobil adalah rem ambles yang terasa saat kamu menginjak pedal rem. Rem yang ambles tidak akan terasa mencengkeram sehingga perlu tenaga ekstra untuk mengerem.

Dikutip dari Auto2000, Jumat 5 Februari 2021, ciri-ciri rem ambles ini ada dua. Pertama, pedal rem sulit diinjak. Gejala rem mobil ambles yang paling mudah dikenali adalah perubahan pada pedal rem.

Rem mobil keras juga membuat pedal rem terasa sulit diinjak. Pedal terasa tidak mencengkeram. Dalam kasus yang sudah parah, kamu harus menginjak rem dalam-dalam agar sistem pengereman bisa bekerja.

Jika pedal terasa sulit diinjak namun masih terasa keras di bagian akhir, penyebabnya terletak pada minyak rem. Minyak rem terisap udara yang masuk ke saluran. Hasilnya, tekanan dorong pada piston kaliper rem tidak maksimal.

Namun, jika pedal terasa benar-benar sulit diinjak bahkan di bagian akhir, kamu perlu memeriksa bagian master silinder rem.

1 dari 4 halaman

Blong

Ke dua, pedal rem terasa blong. Kalau kesulitan menginjak pedal rem meskipun sudah sampai ke bagian akhir, besar kemungkinan rem mobil ambles. Masalah seperti ini biasanya disebabkan oleh kerusakan pada master silinder rem.

Apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi kerusakan pada master silinder?

Kamu bisa melakukan pengecekan terlebih dulu. Lepaskan master silinder dari booster rem. Jika master silinder telah terlepas, periksa dinding bagian dalam master silinder.

Komponen lain yang juga harus diperiksa adalah seal piston di dalam master silinder. Ketika tampak kerusakan, segera lakukan perbaikan atau penggantian.

2 dari 4 halaman

3 Tanda Penting Kamu Wajib Ganti Kampas Rem

Dream – Setiap komponen mobil memiliki usia pakainya tersendiri, termasuk kampas rem. Kalau kampas rem habis, kamu harus menggantinya dengan yang baru. Ini akan membuat kendaraan tetap prima dalam memberikan keamanan dan kenyamanan.

Selain itu, penggunaan rem mobil yang tidak tepat juga makin mempercepat kampas rem mobil habis sebelum waktunya. Kampas rem juga bisa saja bermasalah terlebih saat musim hujan seperti ini, karena komponen tersebut menjadi basah.

Kalau sudah habis, tentunya membahayakan keselamatan dalam berkendara. Kampas rem yang tidak segera diganti juga memicu kerusakan pada bagian komponen lainnya di kendaraan seperti suspensi, piringan cakram, power steering, hingga ban.

Dikutip dari laman Mitsubishi, Jumat 29 Januari 2021, pertama, mengeluarkan bunyi. Ini merupakan tanda paling umum kampas rem sudah harus diganti. Saat kampas rem mobil mulai terkikis habis, akan muncul suara atau bunyi ketika mengerem.

Ini bisa terjadi karena kampas rem memang sudah habis sehingga hanya menyisakan logam yang bergesekan langsung dengan piringan cakram.

3 dari 4 halaman

Perhatikan Pijakan Rem

Ke dua, pijakan rem semakin dalam. Tanda kampas rem mobil sudah harus diganti lainnya adalah kamu akan menginjak rem makin dalam.

Ini juga menjadi ciri yang paling jelas kalau kampas rem sudah harus diganti. Tanda ini sangat mudah dikenali karena pengendara dapat merasakannya langsung.

Ke tiga, rem bergetar. Jika kampas rem akan mobil, getaran-getaran akan timbul. Saat mengerem, terutama saat mengendarai pada kecepatan tinggi.

Getaran-getaran yang terjadi biasanya disebabkan oleh kampas rem yang sudah habis sehingga menyebabkan permukaannya jadi tidak rata.

4 dari 4 halaman

Minyak Rem Berkurang

Keempat, minyak rem berkurang. Kamu juga bisa mengecek minyak rem mobil. Apabila terjadi penurunan minyak rem, kamu bisa langsung mengecek untuk memastikan bahwa kampas rem sudah harus diganti. Kamu dapat memperhatikan jika terdapat rembesan ataupun tetesan minyak rem.

Hal ini bukan disebabkan karena adanya kebocoran pada minyak rem melainkan karena kondisi kampas rem yang sudah habis. Ketika sudah mengganti kampas rem mobil, kondisi minyak rem mobil akan kembali normal.

Kelima, kotor dari serbuk kampas. Munculnya serbuk kampas juga menjadi tanda bahwa kampas rem sudah harus diganti. Kamu bisa mengeceknya di velg bagian dalam. Apabila sudah melihat adanya serbuk, sebaiknya kamu segera mengganti kampas rem tersebut demi keamanan dan keselamatan.

Jangan sampai ketika mobil sudah mengalami masalah pada pengereman, baru melakukan pengecekan pada rem mobil.

Begitu pentingnya peran piranti pengereman mobil ini sehingga pastikan kondisi kampas rem mobil masih aman. Apalagi saat ingin melakukan perjalanan jauh agar tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan.

Beri Komentar