Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Harga Mobil Listrik Diharapkan Terjangkau Masyarakat, Berapa?

Harga Mobil Listrik Diharapkan Terjangkau Masyarakat, Berapa? Menteri ESDM, Ignasius Jonan, Melihat Spek Mobil Listrik Besutan Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung. (Foto: Kementerian ESDM)

Dream – Kehadiran mobil listrik diyakini bisa mendorong diversifikasi penggunaan bahan bakar minyak (BBM) ke listrik serta perbaikan kualitas udara. Namun tantangan sesungguhnya adalah menghadirkan mobil listrik yang mampu terjangkau masyarakat. 

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan mengatakan keberadaan mobil listrik akan menurunkan volume impor BBM. 

“Karena nilai strategis inilah, pemerintah terus mendorong penggunaan kendaraan listrik yang memiliki emisi rendah sehingga bisa bersaing dengan kendaraan konvensional,” kata Jonan, ketika menguji coba mobil listrik crossover EVHERO dan sportcar V8 VADI besutan Institut Teknologi Nasional Bandung, di Bandung, Jawa Barat, dikutip dari setkab.go.id, Senin 29 April 2019.

Jonan menilai saat ini harga satu unit mobil listrik bisa mencapai dua kali mobil konvensional. Dengan harga tersebut, masyarakat takkan mungkin beralih ke kendaraan yang ramah lingkungan tersebut. 

“Kalau harga mobil listriknya Rp1,5 miliar, siapa yang mau beli. Atau Rp750 juta, siapa yang mau beli. Itu, kan, dua kali harga Kijang,” kata mantan Menteri Perhubungan ini.

Menurut Jonan kehadiran mobil listrik sangat dibutuhkan untuk menekan konsumsi BBM yang terus meningkat seiring pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor dan penguatan infrastruktur jalan raya.

Ke depan, kata dia, kebutuhan atau konsumsi BBM akan terus dikurangi mengingat Indonesia sebetulnya memiliki sumber primer untuk pembangkit listrik seperti batubara, matahari, gas bumi, panas bumi, dan air. 

 

“Semuanya ada dan dimiliki Indonesia, sehingga impor BBM-nya semakin hari tidak semakin tinggi. Tugas kita mengendalikan agar impor BBM-nya dalam kapasitas yang terukur, karena kalau tidak, semakin lama semakin tinggi,” kata dia.(Sah)

Jamin Infrastruktur Mobil Listrik Telah Terpasang

Dia optimistis mobil listrik bisa mengurangi polusi dan impor BBM secara signifikan kalau pemakaiannya sudah masif. Jonan mengatakan komponen untuk penyediaan listriknya sudah tersedia di dalam negeri.

Terkait dengan ketersediaan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) untuk charging mobil listrik, Menteri Jonan memastikan akan tercukupi karena menurut Jonan saat ini cadangan listrik terpasang sudah lebih dari 30 persen dan menyediakan SPLU bagi PLN sama seperti menjual listrik biasa.

“Cadangan listrik terpasang saat ini sudah mencapai lebih dari 30 persen. Jika ditanyakan apakah listriknya tersedia untuk membangun fasilitasi SPLU, saya jawab cukup karena listriknya sama,” kata dia.

Ia menyebutkan, membangun fasilitas charging itu gampang. Kalau mau, PLN itu bisa bangun lebih dari sekarang yang sudah mencapai 1.600 SPLU di Jabodetabek dan kota besar.

“Termasuk membangun SPLU di luar Jawa, jika ada demand-nya kendaraan listrik kita siap,” kata dia.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Balai Lelang Ini Tawarkan Opsi Titip Jual, Ada Pilihan Motor Listrik

Balai Lelang Ini Tawarkan Opsi Titip Jual, Ada Pilihan Motor Listrik

Masyarakat juga bisa mengikuti lelang secara real time melalui fitur lelang mobil dan motor online yang tersedia di situs web.

Baca Selengkapnya
Hore, Pemerintah Janji Tak Naikkan Tarif Listrik dan BBM Sampai Juni 2024

Hore, Pemerintah Janji Tak Naikkan Tarif Listrik dan BBM Sampai Juni 2024

Keputusan ini diambil berdasarkan hasil dalam sidang rapat kabinet paripurna

Baca Selengkapnya
Beli Mobil Bekas Buat Istri, Baru Pakai Sebulan Banyak Kejadian Aneh, Puncaknya Makhluk Seram Berbau Busuk Duduk di Belakang

Beli Mobil Bekas Buat Istri, Baru Pakai Sebulan Banyak Kejadian Aneh, Puncaknya Makhluk Seram Berbau Busuk Duduk di Belakang

Setelah sebulan membeli, Syuhada mulai mengeluh kepada suaminya tentang beberapa kejadian aneh yang melibatkan mobil tersebut.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! Ketika Diajak Buat Konten

NOTED KAK! Ketika Diajak Buat Konten

Pernah nggak sih kamu ngumpet karena takut diajak temen bikin konten? Kalau pernah, kamu tentu paham yang dirasakan rekan kita ini.

Baca Selengkapnya