Tempat Ini Paling Berbahaya bagi Pengemudi

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 11 Juli 2019 14:48
Tempat Ini Paling Berbahaya bagi Pengemudi
Penggunaan ponsel membuat konsentrasi pengemudi buyar.

Dream – Multitasking ketika mengemudi takkan pernah menjadi ide yang bagus, terutama jika melakukannya di area perkantoran. Apalagi jika kamu mengemudi sambil ngebut atau praktik mengemudi yang berbahaya lainnya.

Dikutip dari studyfinds, Kamis 11 Juli 2019, misalnya, di Amerika Serikat, tabrakan di zona kantor berisiko tinggi dari terjadi setiap 5,4 detik. Hal ini juga diperkuat dari studi yang dilakukan oleh para peneliti di University of Missouri.

Dalam kajian yang terbit di “ Transportation Research Record: Journal of the Transportation Research Board”, disebutkan bahwa pengemudi yang terdistraksi di area ini berpotensi risiko kecelakaan 29 kali lebih besar.

Studi ini menyebut penggunaan ponsel membuat konsentrasi pengemudi terpecah. Kajian ini bertujuan untuk melihat apakah pengemudi menggunakan ponsel di jalan atau memusatkan perhatian kepada pejalan kaki di area perkantoran.

Penulis utama kajian, Praveen Edara, mengatakan, periset menganalisis data kecelakaan di zona kerja pada laporan kepolisian. “ Sayangnya, laporan kerusakan tidak menyertakan informasi terperinci tentang perilaku pengemudi sebelum kecelakaan,” kata dia.

Edara mengatakan pihaknya menggunakan data studi mengemudi yang memberikan nformasi tentang bagaimana faktor pengemudi, kendaraan, jalan dan lingkungan berkontribusi terhadap kecelakaan. “ Dengan kata lain, kami merekonstruksi tindakan pengemudi dan lingkungan sekitarnya sebelum kecelakaan,” kata dia

Edara dan timnya menggunakan data yang dikumpulkan antara 2006 dan 2015 oleh Badan Penelitian Transportasi pada lebih dari 3 ribu pengemudi yang menempuh jarak lebih dari 50 juta mil. Dengan menggunakan data ini, peneliti menganalisis bagaimana pengemudi berinteraksi dengan kendaraannya, jalan raya, dan lingkungan sekitarnya.

Periset ini juga tahu jalur sempit di area perkantoran kurang aman daripada jalur yang lebih luas. Kecepatan di zona kantor juga berhubungan dengan tingkat keparahan cedera.

“ Dengan kumpulan data unik ini, ini juga memungkinkan kita untuk melihat tanggung jawab pengemudi dalam meningkatkan keselamatan zona kerja,” kata dia.

2 dari 6 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Tips Jitu Menyeimbangkan Karier dan Pendidikan Ala Tiffani Afifa