Daihatsu Ngegas, Penjualan Juli 2020 Naik 5 Kali Lipat

Reporter :
Rabu, 12 Agustus 2020 17:36
Daihatsu Ngegas, Penjualan Juli 2020 Naik 5 Kali Lipat
Angkanya cukup signifikan.

Dream - Pasar otomotif di Indonesia perlahan-lahan mulai bergairah setelah sempat mengerem pada Juni 2020. Laju penjualan mobil di bulan Juli 2020 meningkat signifikan dibandingkan periode sebulan sebelumnya.

Di tingkat nasional, penjualan whole sales otomotif pada Juli 2020 berada di kisaran 25 ribu unit, atau melonjak dua kali lipat dibanding Juni kemarin.

Sedangkan di tingkat retail, penjualanotomoyif pada Juli 2020 kemarin mengalami kenaikan 19 persen dibanding bulan sebelumnya yaitu mencapai sekitar 35 unit.

Geliat penjualan otomotif ini turut dinikmati produsen kendaraan roda empat, PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Penjualan whole sales Daihatsu meningkat tajam hingga lima kali lipat dari sebelumnya penjualan 331 unit pada Juni 2020 menjadi 1.553 unit pada Juli 2020.

1 dari 5 halaman

Meningkat pesat dibanding tahun lalu

Untuk segmen retail sales, Daihatsu melaporkan adanya peningkatan penjualan sebesar 6 persen, pada Juni 2020 sebesar 5.558 unit dan bulan selanjutnya 5.890 unit.

Sepanjang paruh pertama 2020, pangsa pasar Daihatsu juga terlihat mengalami peningkatan sebesar 0,4 persen di sisi wholesale menjadi 17,9 persen. Sedangkan market share retail sales Daihatsu naik 1 persen menjadi 18,2 persen dibandingkan periode yang sama di tahun lalu.

Daihatsu© Shutterstock

2 dari 5 halaman

Didominasi dengan penjualan Daihatsu Sigra

" Kami berharap, tren positif ini akan terus berlanjut diiringi dengan meningkatnya daya beli masyarakat. Daihatsu berkomitmen untuk memberikan yang terbaik kepada pelanggan dan akan memacu produksinya sesuai dengan permintaan pelanggan setia Daihatsu," ujar Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Rabu, 12 Agustus 2020.

Daihatsu© Shutterstock

Secara keseluruhan sampai Juli 2020, penjualan retail sales Daihatsu didominasi penjualan Astra Daihatsu Sigra dengan pencapaian sebesar 16.631 unit berkontribusi sebesar 28 persen, disusul Gran Max Pick Up 12.651 unit (21,3%), dan Terios 8.938 unit (15,0%).

(Laporan: Shania Suha Marwan)

3 dari 5 halaman

Penjualan Wholesales Suzuki XL7 Meningkat 107,7 Persen

Dream - Semester pertama 2020 telah lewat dan tren industri otomotif sudah mulai terlihat. Minat konsumen untuk medium SUV mengalami kenaikan dibanding semester awal tahun lalu sebesar 12,4%.

Sedangkan tahun ini berada di 16,2% pada periode Januari-Juni. Hadirnya produk baru di segmen medium SUV menjadi pendukung naiknya minat konsumen. Suzuki berhasil menarik minat konsumen dengan produknya Suzuki XL7.

" Saat ini masyarakat membutuhkan mobil yang bisa menemani aktivitas ke berbagai medan, tapi tetap dengan menerapkan protokol kesehatan. Suzuki memiliki XL7 untuk masyarakat Indonesia," ujar Dony Saputra, 4W Marketing Director PT SIS, Senin, 10 Agustus 2020.

SUZUKI XL7© SUZUKI

4 dari 5 halaman

Penjualan naik pesat


SUZUKI XL7© SUZUKI

Donny menjelaskan, Extra Ordinary SUV sebutan untuk Suzuki XL7 dilengkapi dengan kabin lega, sehingga dapat lebih maksimal ketika harus menjaga jarak di dalam mobil, selain itu terdapat banyak kompartemen yang berfungsi untuk menyimpan berbagai macam perlengkapan, dan tidak ketinggalan Smart E-Mirror.

" Tidak heran penjualan Wholesales XL7 di Juni 2020 meningkat cukup pesat 107,7% dan berkontribusi kepada penjualan Suzuki sebesar 13,4%," tambah Donny.

Tampilan gagah dari XL7 menjadi alasan juga konsumen memilih mobil ini. Tipe yang paling diminati oleh konsumen ternyata tidak berada pada varian kelas teratas dari Suzuki XL7 ini.

Konsumen ternyata lebih berminat pada varian BETA dari XL7, ini terlihat dari minatnya sebesar 49% pada varian ini. Sedangkan untuk varian ALPHA sebesar 42%.

5 dari 5 halaman

Ada single & dual tone color

Untuk pemilihan warna, pada single tone peminat tertingginya ada pada Snow White sebesar 34% disusul oleh Cool Black Metallic 27%. 

Sedangkan untuk dual tone yang paling diminati oleh konsumen adalah Rising Orange + Black.

SUZUKI XL7© SUZUKI

Khusus untuk tipe tertingginya ALPHA memiliki Smart E-Mirror, yang berfungsi sebagai kacaspion digital yang dilengkapi dua kamera pada spion tengah dan belakang mobil.

" Peningkatan penjualan XL7 membuktikan bahwa model andalan Suzuki ini semakin dinikmati konsumen, terlebih bagi masyarakat membutuhkan kendaraan yang tangguh untuk beraktivitas kembali berssma keluarga dengan tetap menjaga protokol kesehatan," tutup Donny.

Laporan: Shania Suha Marwan

Beri Komentar