Daihatsu Xenia Bukan Lagi yang Terlaris

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 25 Juni 2019 19:12
Daihatsu Xenia Bukan Lagi yang Terlaris
Model ini yang tengah diminati konsumen.

Dream - Daihatsu membukukan penjualan retail sales sebanyak 17.486 unit pada Mei 2019. Angkanya naik 32 persen dari April 2019. Permintaan masyarakat jelang libur Lebaran mengerek penjualan ritel.

Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra, mengatakan, penjualan ritel sales nasional pada Mei 2019 mencapai 93 ribu unit. Angkanya naik 16 persen dibandingkan April 2019.

Daihatsu berkontribusi 18,6 persen terhadap penjualan otomotif nasional.

" Kami bersyukur karena Daihatsu masih dapat mempertahankan posisi nomor dua, dan mencapai pangsa pasar untuk retail sekitar 18,6 persen pada Mei 2019," kata Amelia, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Selasa 25 Juni 2019.

1 dari 6 halaman

Didominasi Ayla dan Sigra

Menurut Amelia, penjualan Daihatsu masih didominasi oleh Sigra dengan angka 6.163 unit dan Ayla 2.540 unit. Kemudian, penjualan ini disusul oleh line up Granmax Pick Up sebesar 2.512 unit dan Terios 1.846 unit. Untuk Terios, penjualannya turun dari April 2019 yang mencapai 1.956 unit.

Sementara itu, Granmax MB meningkat dari 960 unit pada April 2019 menjadi 1.389 unit pada Mei 2019.

Bagaimana dengan Xenia? Penjualan mobil keluarga ini mencapai 2.533 unit atau meningkat dari April 2019 yang mencapai 2.334 unit.

2 dari 6 halaman

Penjualan Daihatsu di Januari-April 2019 Melesu

Dream - Daihatsu melaporkan penjualan retail sebanyak 60.706 unit dan 66.825 unit whole sales sepanjang periode Januari-April 2019. Penjualannya tersebut turun dari periode yang sama tahun lalu.

Dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Senin 13 Mei 2019, penjualan Daihatsu turun 6,4 persen untuk penjualan retail dan 5,2 persen untuk whole sales pada empat bulan pertama 2019.

Meski turun, laju berkurangnya penjualan yang dialami Daihatsu lebih kecil daripada penurunan penjualan kendaraan secara nasional. 

Diketahui penjualan mobil di tingkat retail turun 11,8 persen secara yoy menjadi 340.118 unit. Sementara, penjualan whole sales tercatat mencapai 337.321 unit atau turun 14,4 persen.

Penguasan pangsa pasar (market share) Daihatsu juga mencatat kenaikan untuk periode tersebut. Di bisnis retail sales, pangsa pasar Daiahsti mengalami kenaikan menjadi 17,8 persen dan 19,8 persen untuk whole sales.

" Walaupun penjualan Daihatsu turun sedikit tahun ini, kami bersyukur karena penurunan kami lebih baik daripada penurunan pasar," kata Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, di Jakarta.

3 dari 6 halaman

Didominasi Sigra

Penjualan retail Daihatsu didominasi Sigra. Penjualannya mencapai 16.860 unit atau 27 persen. Disusul Gran Max (PU) sebanyak 16.860 unit (19,9 persen).

Untuk penjualan mobil sejuta ummat, Xenia hingga April 2019, tercatat laku sebanyak 8.566 unit, Terios 8.698 unit, dan Ayla 8.140 unit. Gran Max (MB) terjual 4.739 unit.

Sedangkan, Luxio, Sirion, dan Hi Max laku 1.638 unit.

4 dari 6 halaman

Bagaimana dengan Whole Sales Daihatsu?

Untuk whole sales pada Januari-April 2019, Sigra, Gran Max, dan Xenia masih jadi primadona. Sigra terjual 20.077 unit, Gran Max 12.127 unit, dan Xenia 11.149 unit.

Ayla laku 9.635 unit, Terios 7.277 unit, dan Gran Max (MN) 4.502 unit.

Luxio, Hi Max, dan Sirion terjual 2.058 unit.(Sah)

5 dari 6 halaman

Hadir di IIMS 2019, Ini Penampakan Daihatsu `Modif` Hasil Dress Up Challenge

Dream – PT Astra Daihatsu Motor memboyong 8 unit mobil hasil modifikasi para peserta Daihatsu Dress Up Challenge 2019 ke ajang Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 pada 25 April—5 Mei 2019 lalu.

Ke delapan mobil Daihatsu hasil modifikasi tersebut terdiri dari empat unit Ayla, dua unit Xenia, serta Terios dan Taruna masing-masing satu unit.

Mengutip keterangan tertulis Daihatsu, Kamis, 9 Mei 2019, ajang Daihatsu Dress Up Challenge 2019 digelar dengan menggandeng Indonesia Automodified (IAM). Kontes modifikasi ini digelar dengan total 14 series di 13 kota se-Indonesia. 

Ajang ini digelar sebagai kontes adu kreasi bagi para modifikator dan kawula muda dalam memodifikasi kendaraan Daihatsu. 

Selanjutnya, kontes modifikasi Daihatsu Dress Up Challenge 2019 akan menyambangi IIMS di Makassar, Bali, Malang, Batam, Medan, Banjarmasin, Bandung, Palembang, Semarang, dan babak final yang akan diselenggarakan di Jakarta.

Kontes modifikasi bagi kaum milenial ini memiliki kriteria penilaian dengan memperhatikan delapan  aspek, meliputi aspek overall build, exterior, interior, paint, engine, undercarriage, car audio & video, dan presentation.

6 dari 6 halaman

Kontes yang Digelar Keenam Kalinya

Sekadar informasi, kontes modifikasi Daihatsu Dress Up Challenge 2019 diadakan untuk keenam kalinya sejak tahun 2014, dengan nama Sirion Dress-up Challenge pada 2014-2016. Ajang ini berganti nama menjadi Daihatsu Dress-up Challenge sejak 2017 hingga saat ini.

Kontes Daihatsu Dress Up Challenge 2019 terbuka untuk seluruh model Daihatsu, dengan tetap memberikan perhatian pada aspek keamanan dan kenyamanan pengendara.

Pada setiap kota penyelenggara babak penyisihan juga akan dipilih total dua peserta modifikasi terbaik pada setiap produk line-up Daihatsu, seperti Sirion, Xenia, Ayla, Terios, Sigra, GranMax dan Luxio, serta mobil Daihatsu lainnya tanpa dibatasi jenis, dan tahun pembuatannya atau kategori Free For All (FFA).

Para peserta modifikasi Daihatsu Dress-up Challenge 2019 juga ditantang untuk memperebutkan elite point yang diakumulasi pada setiap seri sampai final dengan total hadiah hingga puluhan juta rupiah. (Sah)

Beri Komentar
Nggak Ribet, Ini Cara Merawat Hijab Ala Prilia Nur Afrida