Pernah Berjaya, Nasib Isuzu Panther Menanti `Ajal`?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 4 Februari 2020 16:24
Pernah Berjaya, Nasib Isuzu Panther Menanti `Ajal`?
Penjualannya pun tersisa di Indonesia.

Dream - Isuzu Panther pernah menjadi merek mobil fenomenal di Indonesia. Di tengah serbuan mobil berbahan bakar premium, Isuzu hadir dengan menawarkan bahan bakar solar yang kala itu hanya dipakai kendaraan jenis truk dan bus.

Kini kisah melegenda Isuzu Panther kemungkinan akan tutup buku. PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) belum dapat memastikan kelanjutan mobil asal Jepang yang pernah kali mengaspal di Indonesia era 1990-an itu.

Saat ini Isuzu hanya bisa mengandalkan model lama dalam pemasarannya. Tak mengherankan jika penjualannya terus turun. 

Dikutip dari Liputan6.com, Selasa 4 Februari 2020, General Manager Marketing PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), Attias Asril, menjelaskan penjualan Panther saat ini hanya menjangkau angka penjualannya.

Nasib Panther seolah sedang berada di garis finish. Kelangsungnya kemungkinan akan berakhir saat regulasi soal mobil berbahan bakar solar sudah tidak sesuai lagi dengan spesifikasi kendaraan.

" Begini, pasar juga akhirnya melihat. Apalagi seperti Euro4, satu yang membuat kami bisa lanjut atau tidak, adalah keterlibatan prinsipal kami," kata Attias di Jakarta.

Isuzu Panther saat ini memang dipasarkan dengan menggendong mesin berstandar Euro2. Jika nantinya ada mesin yang sesuai dengan regulasi (Euro4) dan prinsipal (Isuzu Jepang) berkomitmen melanjutkan, IAMI sebagai agen pemegang merek (APM) akan memperpanjang napas kendaraan legendaris itu.

" Untuk Panther memang masih tanda tanya, karena masalahnya tidak hanya mesin. Panther itu, hari ini hanya tinggal di Indonesia saja. Di Filipina, sudah ganti menjadi MU-X, dan fokus Isuzu ke SUV, mengembangkan MU-X," kata dia.

1 dari 5 halaman

Pilih Dorong MU-X

Attias mengakui Isuzu Indonesia akan membutuh investasi yang sangat besar jika harus mengembangkan Panther. Faktor harga jual juga akan kalah kompetitif jika perusahaan memaksakan memproduksi lagi Panther model terbaru.

" Kalau ganti rasanya terlalu berat ya buat produk barunya sendiri. kalau dipaksakan untuk dikembangkan lagi, akan sulit. jadi, realistis saja. ...... dan jika Panther dikembangkan dan dipaksakan tidak akan kompetitif," kata dia.

Isuzu Indonesia sendiri memilih untuk mendorong penjualan Isuzu MU-X. Meski mematok harga relatif lebih mahal, model MU-X dianggap bisa mengikuti tren SUV yang sedang berkembang di Indonesia. 

Sekedar informasi, penjualan Isuzu Panther sendiri tahun lalu hanya sekitar 763 unit. Jadi, sebulan rata-rata hanya 60-an unit. Angka tersebut, memang semakin turun dibanding periode 2018, yang masih 950-an unit.

(Sumber: Liputan6.com/Arief Aszhari)

2 dari 5 halaman

Baru Meluncur di GIIAS 2019, Pembeli Ini Borong 70 Unit Isuzu Mu-X Facelift

Dream – PT Isuzu Astra Motor Indonesia unjuk gigi di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Perusahaan ini memamerkan model facelift Isuzu Mu-X.

Mobil ini akan menjadi penantang kuat di segmen SUV.

Marketing Division Head Isuzu Sales Operation, Andy Dwi Zatmoko, mengatakan ada tiga varian Isuzu x-Mu, yaitu I series, S series dan Z series. Posisi S series dan Z series menggantikan tipe sebelumnya, Isuzu Mu-X Royale dan Isuzu Mu-X Premiere. Sementara untuk I series, varian yang benar-benar baru.

" Tiga tipe terbaru Mu-X ini merupakan penyegaran dari tipe sebelumnya. Tipe terbaru i-Series dihadirkan untuk mengisi segmen high SUV 7 penumpang. Khususnya yang ingin naik kelas atau bagi konsumen fleet,” kata dia di ICE BSD, Tangerang, Banten, dikutip dari Liputan6.com, 20 Juli 2019.

 

 © Dream

 

Andy mengatakan, awal debutnya, Isuzu mu-X I-Series langsung menggoda konsumen fleet. PT Bumi Jasa Utama langsung memborongnya sebanyak 70 unit untuk digunakan di wilayah Perhutani.

Isuzu Mu-X I-Series mendapat penyegaran mulai dari desain front fascia yang terlihat lebih tebal serta dipadu grille kromium. Lampu utama menggunakan projector Bi-beam LED dikombinasikan dengan LED DRL.

3 dari 5 halaman

Mesin Tak Berubah

Mobil ini telah dilengkapi smart-key (passive entry and start system) serta start-stop button. Interior terasa elegan berkat soft-pad surface di dasbor, dipadu ornamen black piano, leather door trim pad, serta ambient light room trim.

Sektor jantung mekanis tetap mengandalkan mesin Turbo Diesel Isuzu 4JK1-TC, 2.5L berteknologi Direct Fuel Common Rail. Mesin tersebut mampu menyemburkan tenaga 134 hp dengan torsi 320 Nm.

Menyoal harga, Isuzu mu-X I-Series dibanderol Rp449 juta. Isuzu memberikan potongan harga sebesar Rp 10 juta selama pameran berskala internasional ini berlangsung.

(Sumber: Liputan6.com/Septian Pamungkas)

4 dari 5 halaman

Swimming Poll Portable, Bak Truk Isuzu Disulap Jadi Kolam Renang

Dream - Berenang menjadi salah satu cara untuk bersenang-senang. Tapi apa jadinya kalau kolam renang atau pantai dipenuhi banyak orang?

Namun saat keinginan sudah menggebu, seperti kata pepatah, tak ada rotan akar pun jadi.

Inilah yang dipraktikan warga dan anak-anak dalam sebuah video yang beredar di sosial media Instagram. 

Dikutip dari akun Instagram @rumahdanteras, sebuah video memperlihatkan sekelompok orang tengah asyik berenang di dalam bak truk Isuzu.

Mereka terlihat senang berenang di dalam bak truk. Malah ada yang jingkrak-jingkrak.

Sebelum disulap menjadi kolam renang " portable" , bak truk dilapisi terlebih dahulu dengan terpal. Barulah truk diisi air dengan selang. Untuk naik ke bak truk, disediakan tangga di salah satu sisi bak.

" Swimmingpool mobile. Bisa dibawa ke mana-mana, nih," tulis pengelola akun @rumahdanteras.

Warganet mengacungi jempol tentang kreativitas orang-orang itu. Malah, ada yang menyebut cocok digunakan ketika perjalanan mudik.

" Bisa buat mudik," tulis @anitarizm.

" Bahagia itu sesederhana itu, yah?" tulis @arinashd_.

" Cocok untuk perjalanan mudik. Syeger gitu kalau lagi macet," tulis @dinnywim.

" Ya Allah, enaknya berenang," tulis @novinfadhilah.

Beri Komentar
Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak