Penjualan Naik, Ini Daftar Mobil Terlaris Daihatsu

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 13 Desember 2019 13:24
Penjualan Naik, Ini Daftar Mobil Terlaris Daihatsu
Mobil apakah itu?

Dream - Menjelang akhir 2019, penjualan Daihatsu naik. Selama Januari-November 2019, penjualan ritel Daihatsu sebesar 159.431 unit dan wholesales 166.429 unit.

Khusus November 2019, penjualan ritel mobil ini tercatat 16.214 unit dengan capaian market share sebesar 17,5 persen. Penjualan whole sales sebanyak 15.911 unit (17,5 persen).

Jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya (Oktober), penjualan Daihatsu secara total volume mengalami peningkatan pada retail sales, sebesar 4,1 persen menjadi 16.214 unit.

“ Penjualan Daihatsu tetap menunjukkan tren positif,” kata Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, dalam keterangan tertulis yang diterima Dream, Jumat 13 Desember 2019.

Di sektor ritel, penjualan Daihatsu pada November, dari total 16.214 unit, Sigra masih mendominasi secara volume dengan pencapaian 4.144 unit atau berkontribusi sebesar 25,6 persen. Tak mau ketinggalan, Gran Max (PU) juga menyusul dengan hasil 3.762 unit (23,2 persen), dan Terios 2.524 unit (15,6 persen).

Untuk Ayla, Xenia, dan GranMax (MB) berada di angka 1.300– 2.100-an unit (8-13 pesrsen).

Dari data di atas, model Daihatsu yang mengalami peningkatan permintaan adalah Terios, sebanyak 449 unit, Gran Max (PU) 426 unit, dan Ayla 249 unit. “ Semoga capaian dan kepercayaan yang baik ini bisa dapat terus terjaga dan terus memotivasi kami menjadi lebih baik,” kata dia.

1 dari 5 halaman

Daihatsu Belum Pastikan Rocky Dijual di Indonesia

Dream - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mencatat penjualan sebanyak 15.578 unit pada Oktober 2019. Angka itu naik 18,8 persen dari penjualan September 2019 sebanyak 13.112 unit.

Menariknya, tak ada Daihatsu Xenia dari posisi tiga besar penyumbang penjualan terbanyak. Padahal, MPV ini termasuk mobil yang banyak diminati.

“ Penjualan Daihatsu menunjukkan tren positif dengan kenaikan hampir di semua model Daihatsu,” kata Marketing Director ADM, Amelia Tjandra, melalui keterangan tertulis yang diterima Dream.

 



Di posisi ritel, Daihatsu Sigra mendominasi penjualan dengan jumlah 4.436 unit. Posisi berikutnya diisi GranMax sebanyak 3.336 unit dan Terios 2.075 unit.

Daihatsu Ayla terjual 1.914 unit, GranMax 1.811 unit, dan Xenia 1.635 unit. Mobil keluarga Xenia berada di posisi ke-6.

Untuk Luxio, Sirion, dan Hi-Max, mobil ini laku sebanyak 371 unit.

2 dari 5 halaman

Daihatsu Belum Pastikan Rocky Dijual di Indonesia

Dream - Daihatsu Jepang resmi merilis koleksi terbarunya, Rocky dalam ajang Tokyo Motor Show 2019. Peluncuran mobil ini mendapat antusiasme cukup tinggi.

Tetapi, Daihatsu Indonesia belum dapat memberikan tanggapan mengenai peluncuran tersebut. Termasuk kepastian apakah Rocky akan ditawarkan di pasar Indonesia atau tidak.

" Kita belum bisa kasih komentar. Kita sedang studi dulu tentang pasarnya," ujar Marketing & CR Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation, Hendrayadi Lastiyoso, di sela Daihatsu Urban Fest 2019 di Surabaya, Jawa Timur.

Tentunya, kata Hendrayadi, harga penjualan Daihatsu Rocky tidak bisa sama dengan di Jepang jika dijual Indonesia. Ini lantaran butuh harga yang kompetitif jika mobil itu dipasarkan di dalam negeri.

 

 

" Kalaupun masuk ke Indonesia kan harganya harus kompetitif. Nah kalau kompetitif ya harus diproduksi di Indonesia,” kata Hendra.

Menurut Hendra, Daihatsu masih perlu melakukan riset lebih mendalam sebelum akhirnya memutuskan menjual Daihatsu Rocky di Indonesia.

" Kalau mau lowest SUV kan untuk sekarang sudah ada Daihatsu Terios," tutup Hendra.

Laporan: Alfi Salima Puteri

3 dari 5 halaman

Sigra dan Xenia Duduki Posisi Teratas Penjualan Daihatsu

Dream - PT Astra Daihatsu Motors (ADM) kembali menggelar Daihatsu Festival & Trade In Day. Ajang penjualan sistem tukar tambah itu mengambil lokasi di Ciputra World Surabaya pada 9-10 November 2019.

Marketing & CR Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation, Hendrayadi Lastiyoso, mengatakan mobil Daihatsu yang menjadi favorit konsumen masih didominasi oleh low multi purpose vehicle (LMPV). Posisi teratas dalam penjualan mobil Daihatsu ditempati yaitu Sigra dan Xenia.

" Sigra dan Xenia masih teratas dalam penjualan. Konsumen banyak yang memilih MPV dibandikan SUV karena harganya juga relatif murah," ujar Hendrayadi, di dalam konferensi pers Daihatsu Urban Fest 2019, Surabaya, Jumat 8 November 2019.

Dua mobil tersebut memang relatif ramah di kantong dengan fitur yang cukup lengkap. Daihatsu Sigra R maupun Xenia tipe R sudah bertransmisi otomatis.

Dengan konfigurasi 7-seater, baris pertama dan kedua bisa dipakai penumpang. Sedangkan bangku pada baris ketiga bisa dilipat.

Baik Sigra maupun Xenia tetap logis menjadi pilihan keluarga untuk aktivitas harian. Bahkan untuk jalan jauh dua mobil ini cukup nyaman dikendarai.

Dalam acara Daihatsu Festival & Trade In Day, masyarakat dapat melakukan tukar-tambah kendaraan lama semua merek dengan mobil baru Daihatsu.

Laporan: Alfi Salima Puteri

4 dari 5 halaman

Cocok dengan Indonesia, Daihatsu Siap Rilis Ayla Turbo?

Dream – Beberapa waktu lalu, foto Daihatsu Thor “ gentayangan” di Jalan Tol Jakarta—Cikampek. Sehingga memantik spekulasi bahwa mobil yang sedang dites itu akan dipasarkan di Indonesia.

Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, memang membantah spekulasi tersebut. Tapi dia mengatakan mesin yang ditanam di mobil itu cocok bagi konsumen di Indonesia.

" Ternyata mesin 1.000cc turbo milik Daihatsu tidak kalah dengan merek lain. Bahkan cenderung cocok dengan kondisi Indonesia," kata Amelia dikutip dari Liputan6.com.

Saat disinggung siapa pengguna mesin itu, dia menyebut target konsumen yang tertarik adalah anak muda atau biasa disebut milenial. Anak muda, kata dia, lebih suka performa dan kecepatan.

“ Yang berkeluarga dan umur itu lebih mikirin fungsi bawa keluarga,” kata Amelia.

5 dari 5 halaman

Lalu, Mobil Ini yang Disukai Anak Muda

Amelia mengatakan, mobil Daihatsu yang paling banyak digunakan generasi milenial saat ini adalah Ayla dan Sirion. Tapi, dia belum bisa memastikan mesin 1.000 cc akan digunakan di mobil mana.

" Belum tahu akan diterapkan di mana. Yang pasti mesin 1.000cc turbo sudah tes di Indonesia. Kami sekarang yang dipelajari apakah cocok digunakan untuk jalanan Indonesia," kata dia.

Saat disinggung kapan mesin tersebut bisa digunakan konsumen Indonesia, Amelia ogah berkomentar banyak. Namun, pihaknya siap menghadirkan mesin mobil itu jika punya banyak peminat.

" Kami masih mengamati respon masyarakat Indonesia. Kalau tren itu menyukai mesin kecil dengan turbo pasti akan kami penuhi," kata dia.

(Sumber: Liputan6.com/Dian Tami Kosasih)

Beri Komentar
Dari Jakarta Hingga Bekasi, Ini Situasi Pemukiman yang Terkena Dampak Banjir