Lampu Hazard di Sepeda Motor, Lebih Baik Pasang atau Tidak?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 27 Februari 2020 06:12
Lampu Hazard di Sepeda Motor, Lebih Baik Pasang atau Tidak?
Keberadaan lampu hazard sering dibenamkan di motor keluaran terbaru.

Dream - Saat ini pabrikan sepeda motor turut menyertakan lampu hazard di produk tunggangan terbaru mereka. Lampu ini dianggap punya “ nilai jual” yang bisa menarik perhatian konsumen motor di Indonesia.

Fitur lampu hazard selama ini lebih banyak dipakai di kendaraan roda empat. Fungsinya untuk memberi tahu kendaraan di belakang tentang situasi darurat yang dihadapi. 

Namun apa fungsi lampu hazard jika diterapkan di kendaraan roda dua?

Mengutip laman Suzuki, Kamis 27 Februari 2020, pada dasarnya, penggunaan lampu hazard adalah tanda bahwa kendaraan sedang dalam situasi darurat, seperti mogok di tengah jalan yang mengharuskan pengendara tersebut untuk minggir ke jalan. Ini mempermudah pengemudi untuk mengecek mesin yang bermasalah.

Bisa juga kendaraan tersebut mengalami pecah ban yang mengharuskan untuk di ganti di tempat kejadian atau di jalan.

Dalam hal ini wajib bagi si pengendara menyalakan lampu hazard serta segitiga pengaman sebagaimana diatur dalam UU tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

1 dari 6 halaman

Bagaimana dengan Sepeda Motor?

Untuk kendaraan roda dua (motor) masih belum jelas untuk apa kegunaan lampu hazard ini untuk di jalan. Kebanyakan pengendara memilih menepikan sepeda motor ke pinggir jalan dan menaikkannya ke trotoar agar tidak mengganggu pengendara lainnya.

Dengan kata lain, penggunaan lampu hazard masih belum terlalu penting untuk sepeda motor karena berbeda kepentingan serta darurat antara mobil dan motor.

Lampu hazard di sepeda motor juga banyak disalahgunakan oleh pengendaranya. Mereka menggunakan lampu hazard ini sebagai tanda bahwa rombongan atau komunitas yang sedang di jalan raya dan harus mendapat jalannya dengan mulus.

Penggunaan ini tentu tak sesuai dengan fungsi lampu hazard yang hanya digunakan saat kondisi darurat.

Kini, kembali kepadamu apakah lampu hazard cukup penting dipasang di motor atau tidak.

2 dari 6 halaman

Busi Motor Bermasalah Bisa Dikenal dari Warnanya, Sudah Tahu?

Dream - Jangan menunda membawa sepeda motor kamu ke bengkel saat merasa ada masalah. Tindakan cepat memeriksa kerusakan pada kendaraan roda dua kamu bisa menyelematkannya dari kerusakan yng lebih parah.

Meski jarang terjadi, terlebih jika masih baru, busi juga bisa mengalami kerusakan. Umumnya kamu baru akan memeriksa busi ketika motor mendadak mogok di tengah jalan. 

Kebiasaan itu hendaknya dihentikan jika kamu tak mau keluar uang banyak dari dompet.   

Mengutip laman Federal Oil, Rabu 26 Februari 2020, kamu bisa mengecek kondisi pembakaran jika motor menggunakan banyak sensor untuk mengoptimalkan kerjanya. Salah satu yang bisa dilakukan adalah mengecek kondisi busi.

Tugas utama busi di mesin bakar adalah menyulut ledakan yang sudah dikompresi. Dari tampilannya, pemilik kendaraan bisa mengetahui kondisi mesin motor.

3 dari 6 halaman

Perhatikan Warnanya

Kalau kepala busi berwarna hitam, bisa dipastikan pembakaran atau bensin yang terlalu banyak. Kalau basah, itu berarti telah terjadi kebocoran di ring piston. Dengan begitu, oli masuk ke ruang bakar.

Kalau kepala busi putih kekuningan, menunjukkan pembakaran yang terlalu kurus, atau bensin yang terlalu sedikit. Jika disertai sering mengalami overheat, sistem bahan bakar perlu disetel ulang.

Busi sendiri ada masa pakainya, ada baiknya melakukan penggantian secara berkala dua bulan sekali agar kondisi busi selalu dalam kondisi terbaiknya. Jika busi sudah mulai lemah, dipastikan pembakaran pun tidak akan homogen.

(Sah, Sumber: Federaloil)

4 dari 6 halaman

Selain Bohlam, Ini Penyebab Lampu Motor Padam

Dream - Lampu utama sepeda motor menjadi salah satu komponen penting dan harus berfungsi dengan baik. Tanpa lampu, sepeda motor akan rawan mengalam kecelakaan karena berkendara dalam keadaan gelap.

Dikutip dari Otosia, Kamis 1 Agustus 2019, pengendara motor harus menjaga lampu utama agar tetap menyala. Kadang, masalah teknis muncul.

Lampu utama sewaktu-waktu bisa mati seiring pemakaian. Biasanya kita akan langsung menyalahkan bohlam yang sudah tak berfungsi.

 

 © Dream

 

Namun kamu harus tahu jika lampu utama motor tak melulu karena bohlam putus. Kadang juga ada masalah teknis lainnya, yaitu bagian sakelar.

Hal ini disebabkan karena sakelar rawan kemasukan air, apalagi saat musim hujan.

Jadi, kalau lampu motormu tiba-tiba mati, segera periksa sakelarnya, ya. Semoga bermanfaat!

5 dari 6 halaman

Tunggangi Kawasaki Kustom, Lampu Motor Jokowi Ramai Dibahas

Dream – Unggahan foto Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menunggai motor tak pernah luput dari perhatian netizen. Setelah dulu disorot soal kaca spion, motor kustom Kawasaki W 175 yang ditunggangi Jokowi saat kunjungan ke pasar di Tangerang, Banten, juga tak lolos dari kejelian mata netizen. 

Sekilas, Jokowi memang sudah tampil layaknya biker. Mengenakan jaket, helm bahkan sarung tangan, Jokowi memacu motornya di jalanan kota tersebut untuk datang ke Pasar Anyar, Tangerang. Beda dengan aksi touringnya ke Sukabumi, motor Jokowi juga sudah dilengkapi kaca spion. 

© Dream

 

Namun ada satu yang sepertinya lolos dari perhatian Jokowi dan jadi perhatian netizen. 

Dalam unggahan fotonya terlihat lampu motor Jokowi ini tidak menyala ketika sedang melaju.

Padahal menurut pasal 293 ayat (2) jo Pasal 107 ayat (2) Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan, disebutkan bahwa pengendara sepeda motor yang tidak menyalakan lampu utama pada siang hari akan didenda maksimal Rp100 ribu.

 

      View this post on Instagram

Menyusuri jalan-jalan Kota Tangerang ...

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

6 dari 6 halaman

Warganet Ingatkan Jokowi

Kejanggalan pada motor Jokowi pun langsung jadi perbincangan di sosial media. Warganet yang terkenal lepas bebas mengeluarkan pendapat, beramai-ramai mengomentari foto tersebut. 

“ Kok lampunya tidak nyala, pak @jokowi?” tulis @ilhamaziraksa.

“ Lampunya, kok, mati, pak?” tulis @martianromi.

“ Pak, lampunya mati @jokowi,” tulis @juliangeoryan.

Ada juga yang mencoba mendinginkan suasan dengan mengingatkan mantan gubernur DKI Jakarta akan Operasi Zebra yang sedang berlangsung.

Tiati ada Operasi Zebra,” tulis @bagiralatas_.

Beri Komentar
Potret Aktifitas Prisia Nasution Saat Jelajahi Alam