Fakta Mengejutkan di Balik Banyaknya Mobil Bagus di Saudi yang Dibuang

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 17 Desember 2020 19:45
Fakta Mengejutkan di Balik Banyaknya Mobil Bagus di Saudi yang Dibuang
Mengapa?

Dream – Banyak orang berpikir kehidupan di Arab cenderung mewah. Hal ini terlihat dari banyaknya mobil mewah yang digunakan oleh warganya. Orang miskin di Arab Saudi bahkan terlihat mampu membeli mobil mewah.

Bukan hanya itu, di Arab Saudi banyak sekali kendaraan dibuang meskipun hanya penyok sedikit. Ternyata, ada alasan di balik itu.

Dikutip dari Merdeka.com, Kamis 17 Desember 2020, seorang YouTuber, Alman Mulyana, berbagi info alasan tentang hal itu. Sebelum berada di tempat KIR, Alman terlebih dahulu pergi ke bengkel.

Pertama, TKI Arab ini pergi untuk mengganti kaca mobil bagian depan karena retak terkena batu. Kemudian, dia berpindah ke bengkel lain untuk mengganti ban mobil.

Alhamdulillah, saya sudah berada di tempat KIR, tuh di kawasan industri. Mudah-mudahan lolos sekaligus ya," kata Alman.

1 dari 2 halaman

Proses KIR Ketat

Tempat KIR berada di kawasan industri di Jeddah, Arab Saudi. Sebelum memulai proses KIR, para customer diharuskan membayar registrasi terlebih dahulu. Usai mengantre, barulah mobil diarahkan menuju ke tempat pemeriksaan KIR.

“ Mobil saya lagi di check ini ya, mudah-mudahan lulus ya. Jadi seperti inilah proses KIR di Saudi Arabia,” kata dia.

Diketahui, proses KIR di Arab Saudi sangat ketat. Pengecekannya pun dilakukan sangat jeli. Jika ada salah satu yang gagal, mobil tersebut harus diperbaiki terlebih dahulu.

“ Halo guys ternyata jeli banget ya. Setelah dicek semua kondisi mobil, ini kendala sokbreker mobil saya satu sudah rembes ya sealnya. Sekarang saya mau lanjut ke bengkel lagi beli sokbreker baru,” kata Alman.

2 dari 2 halaman

Lebih Pilih Buang Mobil?

Tak hanya satu atau dua bengkel yang didatangi. Terkadang orang-orang bisa mendatangi bengkel beberapa kali untuk membenarkan kondisi mobilnya.

Hal ini lantaran untuk mendapatkan KIR di Arab Saudi begitu sulit. Karenanya banyak orang yang memilih membuang mobilnya meski penyok sedikit.

“ Nah inilah alasan kenapa banyak mobil yang masih layak pakai di Saudi Arabia banyak yang dibuang. Ya inilah alasannya. Jadi saat KIR itu sulit banget,” kata dia.

Beri Komentar