Tantang Avanza, Mobil Ini Usung Teknologi Keamanan Tinggi

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 13 Februari 2020 18:36
Tantang Avanza, Mobil Ini Usung Teknologi Keamanan Tinggi
Mobil itu `berkaca` dari Volvo.

Dream - Dominasi Toyota Avanza di pasar Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) membuat banyak brand mobil kegerahan. Mereka berlomba-lomba memunculkan penantangnya.

Demikian pula pabrikan mobil terkemuka berbasis di India, Mahindra. Ingin menyaingi kesuksesan Avanza, Mahindra merilis mobil keluarga, Marazzo.

Tentu ada yang harus diandalkan agar bisa bersaing. Marazzo pun disemati fitur canggih dan menarik. 

Dikutip dari Cardekho, Kamis 13 Februari 2020, Mahindra memperkenalkan Marazzo di Auto Expo 2020. mobil itu punya banyak fitur canggih seperti teknologi keamanan berbasis radar.

Salah satunya, lane keep assist untuk menjaga kendaraan berada di jalur yang tepat. Juga attention detection yang bisa mendeteksi konsentrasi pengemudi.

Mahindra juga menanamkan sistem pengereman darurat otomatis sehingga mobil bisa berhenti mendadak jika diperlukan. Tak hanya itu, Marazzo masih punya fitur seperti pengereman ABS with EBD, kamera parkir, dan airbag.

Fitur-fitur canggih ini pada dasarnya ditanam di mobil mewah. Tetapi, Mahindra menanamkan di Marazzo yang ditujukan untuk kalangan kelas bawah.

Fitur-fitur canggih ini dihadirkan setelah Mahindra berkaca dari Volvo. Ya, mobil ini mendapatkan gelar mobil teraman dunia.

Sekadar informasi, Marazzo memiliki tujuh kursi penumpang. Mobil MPV ini didesain berkonsep urban. Mobil itu dipasang dengan spesifikasi empat silinder dan berkapasitas 1.500 cc. Tenaga yang dihasilkan mencapai 121 hp dengan konsumsi bahan bakar 17 km per liter.

1 dari 6 halaman

16 Tahun Mengaspal, Penjualan Toyota Avanza Lebih Banyak dari Penduduk Bahrain

Dream - Toyota Avanza tak terasa telah hadir di Indonesia selama 16 tahun. Diluncurkan perdana pada 11 Desember 2003, PT Toyota Astra Motor (TAM) mengklaim mobil segmen low multi purpose vehicle (LMPV) ini telah terjual 1,8 juta unit.

Dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Kamis 12 Desember 2019, Marketing Director TAM, Anton Jimmi Suwandy, mengatakan penjualan mobil 7-seater ini naik 6,9 persen pada tahun ini jika dibandingkan dengan tahun 2018. Padahal, penjualan mobil segmen LPMV merosot 11,1 persen.

“ Kami bersyukur hingga di usianya ke-16 tahun ini, Avanza senantiasa mampu memenuhi ekspektasi dan kebutuhan masyarakat Indonesia,” kata Anton di Jakarta.

Dia mengatakan kembaran Daihatsu Xenia ini dirancang menjadi kendaraan serba guna. Ground clearance, mesin irit dan bertenaga, serta penggunaan sistem roda belakang (RWD), kata Anton, mengakomodasi masyarakat dan kondisi infrastruktur jalan.

 

 © Dream

 

Selain itu, keberadaan Avanza mendongkrak pasar LMPV. Sejak kemunculan Avanza, pasar LPMV hanya berkisar 5 ribu unit. Setelah mobil ini lahir, pasar tersebut naik menjadi 80 ribu unit pada akhir 2004.

Pasar Low MPV pernah mencapai prestasi tertinggi di tahun 2013 dengan pencapaian penjualan lebih dari 200 ribu unit.

“ Terima kasih kami ucapkan kepada pengguna Avanza yang senantiasa mempercayakan Avanza untuk terus menjadi yang terfavorit, bahkan tidak hanya di segmen LPMV, tapi juga segmen otomotif roda empat,” kata Anton.

Pencapaian penjualan Avanza hingga jutaan unit ini merupakan prestasi besar. Bahkan dibandingkan populasi Timor Leste, jumlah Avanza yang terjual masih lebih tinggi. 

Mengutip data worldmeters.info, populasi Timor Leste hingga tahun 2019 ditaksir mencapai 1,29 juta jiwa. Jumlah Avanza yang terjual juga masih lebih banyak dari populasi penduduk Bahrain yang mencapai 1,64 juta orang

2 dari 6 halaman

Tingkatkan Performa Toyota Avanza

Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto, mengatakan Avanza terus ditingkatkan, mulai dari performa sampai tampilan. Ini yang mendorong kelahiran generasi kedua Avanza pada 2011 dan Grand New Avanza-Veloz pada 2015.

Produsen otomotif asal Jepang ini juga mempercantik Avanza-Veloz pada awal 2019. Tampilan Avanza menjadi lebih modern dan Veloz jadi makin gaya. Perusahaan otomotif ini juga menanamkan peredam suara di mobil untuk menekan tingkat kebisingan yang masuk ke dalam kabin mobil.

“ Berbagai masukan yang diberikan oleh pelanggan setia Avanza, memberikan dorongan bagi kami untuk senantiasa meningkatkan performa Avanza baik dari sisi durability, kenyamanan, dan keamanan. Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh para pelanggan, sehingga menjadikan Avanza sebagai MPV paling laris saat ini,” kata Soerjo.

3 dari 6 halaman

Viral Toyota Avanza Terbakar Karena Dipakai Jualan Tahu Bulat

Dream - Penjual tahu bulat biasanya menggunakan mobil pick up untuk menjajakan dagangannya. Dengan bagian bak yang terbuka, si penjual akan lebih leluas memasak di atas mobil menggunakan kompor gas 3 Kilogram (Kg).

Namun sebuah foto tentang perilaku penjual tahu belakangan tengah viral di media sosial. Pemicunya, mobil yang digunakan bukan pick up melainkan Avanza.

Melihat foto yang diunggah akun Instagram @agoez_bandz4, terlihat bagian dalam mobil ini hangus terbakar. Namun, bagian luarnya masih terlihat utuh.

“ Toyota Avanza terbakar saat dipakai jualan tahu bulat. Baru lihat nih jualan tahu bulat pakai Avanza. Biasanya pakai mobil pick up,” tulis akun ini.

Tentu saja cara berjualan penjual tahu bulat ini mengundang risiko cukup besar. Apalagi dia menggunakan mobil minbus dan haya memanfaatkan bagian belakang mobil yang dibuka pintunya.

Tak ada keterangan apakah kebakaran yang terjadi di pemukiman warga bisa menyebabkan korban luka dan korban jiwa.

 Toyota Avanza terbakar saat dipakai untuk jualan tahu bulat. Toyota Avanza terbakar saat dipakai untuk jualan tahu bulat. © Akun Instagram @agoez_bandz4/Liputan6.com

4 dari 6 halaman

Tentu Saja Bahaya

Pihak Toyota Astra Motor (TAM) angkat bicara tentang kabar ini. Head Dealer Technical Support Department Techical Service Division TAM, Didi Ahadi, mengatakan mobil low MPV ini tak didesain untuk berdagang tahu bulat.

" Tentu saja bahaya, karena memang Toyota Avanza tidak didesain untuk jualan (tahu bulat)," kata Didi.

Dia mengatakan ada banyak material kain dan plastik di kabin api yang bisa memperparah kebakaran jika terjadi percikan api.

 

 © Dream

 

" Namanya juga api pasti ada panas, melihat kondisi mobil, banyak material kain dan plastik cepat untuk memicu terbakar," kata dia.

Meski demikian, Didi tidak mengetahui secara pasti apa penyebab terjadinya kebakaran pada mobil Low MPV yang digunakan untuk berjualan tahu bulat tersebut.

" Belum tau. Karena kami tidak diminta untuk melakukan investigasi," kata dia.

(Sah, Sumber: Liputan6.com/Dian Tami Kosasih)

5 dari 6 halaman

Avanza Merajai, Begini Penjualan Toyota Selama GIIAS

Dream – PT Toyota Astra Motor (TAM) membukukan penjualan sebanyak 6.128 unit selama Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Penjualannya naik dua persen daripada GIIAS 2018, yang sebanyak 6.022 unit.

“ Pencapaian ini sedikit lebih tinggi,” kata Manager TAM, Fransiskus Soerjopranoto, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Senin 29 Juli 2019.

 

 © Dream

 

Menurut Soerjo, penjualannya tumbuh karena ketegangan-ketegangan politik telah turun. Misalnya, Pilpres 2019 yang sudah berakhir.

“ Akhirnya, mudah-mudahan pencapaian ini bisa menjadi cermin pertumbuhan positif pasar otomotif Indonesia ke depannya,” kata dia.

6 dari 6 halaman

Mobil Avanza Terlaris

Dari 6.128 unit, mobil Toyota terlaris adalah Avanza. Mobil ini laku 1.310 unit.

Posisi selanjutnya ada Innova yang terjual 1.091 unit, Rush 1.046 unit, Calya 1.022 unit, dan Fortuner 618 unit.

“ Avanza dan Kijang Innova masih mendominasi pencapaian perolehan pesanan selama GIIAS berlangsung,” kata Soerjo.

Dia mengatakan penjualan ini membuktikan bahwa pasar mobil di Indonesia didominasi oleh kendaraan MPV dengan tujuh kursi.

Beri Komentar
Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak