Sigra Masih Dominasi Penjualan Daihatsu di Masa PSBB

Reporter :
Senin, 14 September 2020 13:13
Sigra Masih Dominasi Penjualan Daihatsu di Masa PSBB
Angka ini cukup mengejutkan.

Dream - Industri otomotif nasional saat ini masih berada pada tahap pemulihan. Belum menunjukkan adanya kenaikan yang signifikan di tengah kondisi pandemi seperti saat ini.

Secara nasional, terhitung dari awal tahun hingga Agustus 2020 capaian whole sales ada di kisaran 320 ribu, sedangkan retail sales unit sekitar di angaka 360 ribu.

Secara YTD (Year to Date), dari Januari hingga Agustus, capaian whole sales Daihatsu secara total mencapai 57.978 unit dengan peningkatan market share menjadi 17,9% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar 17,4%.

1 dari 4 halaman

Angka di atas setengahnya

Daihatsu© Daihatsu

Untuk retail sales, penjualan Daihatsu mencapai 65.767 unit dengan peningkatan market share menjadi 18,1%, dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar 16,9%.

Untuk bulanan, whole sales Daihatsu meningkat juga dari sebesar 1.553 unit pada bulan Juli, menjadi 6.651 unit pada Agustus, terlihat ada kenaikan lebih dari 4 kali lipat.

Sedangkan untuk retail sales, pada Agustus tercatat sebanyak 6.300 unit atau naik sebesar 7% dibandingkan dengan Juli sebesar 5.890 unit.

2 dari 4 halaman

Tetap terapkan protokol kesehatan

Secara keseluruhan, hingga Agustus 2020, retail sales Daihatsu masih tetap didominasi Astra Daihatsu Sigra dengan capaian hingga 18.140 unit berkontribusi sebesar 27,6%, diikuti Gran Max Pick-Up 14.054 unit (21,4%), dan Terios 9.844 Unit (15,0%).

“ Daihatsu dan seluruh pihak terus mendukung semangat pemerintah dalam memutus rantai penyebaran pandemi Covid-19,"  ujar Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso, Jumat, 11 September 2020.

" Kami juga memohon dukungan dari pelanggan dan masyarakat untuk dapat menerapkan protokol kesehatan yang lebih ketat di tengah implementasi PSBB Total di tahap kedua mendatang,” tambahnya.

(Laporan: Shania Suha Marwan)

3 dari 4 halaman

Hadirkan Drive Thru, Service Daihatsu Tak Perlu Turun dari Mobil

Dream - Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia belum juga menunjukkan angka penurunan. Pelonggaran pembatasan aktivitas masyarakat sedikit membantu kinerja sektor otomotif terlihat dari angka penjualan yang perlahan mulai bangkit di era New Normal.

Selain produksi, salah satu yang terdampak dari bisnis otomotif adalah jasa layanan service atau perawatan kendaraan. Sejak pandemi, banyak konsumen yang memilih perawatan kendaraannya di rumah (home service) atau malah menunda service.

Departemen Head Service PT AI-DSO Daihatsu, Ratno Yunanto mengungkapkan peningkatan jumlah pengguna layanan service di dealer meningkat sebesar 5 persen pada bulan Juni-Juli 2020. Pada dua pekan pertama bulan Agustus terjadi kenaikan sebesar 9 persen.

Ratno menuturkan, untuk memberikan layanan maksimal kepada konsumen, selain home service dan layanan dealer, perusahaan juga menggelar rapid service dengan sistem drive thru.

" Dalam layanan ini customer tidak perlu turun dari mobil," ujarnya, dalam video conference, Kamis 18 Agustus 2020.

4 dari 4 halaman

Ratno menjelaskan, dalam layanan rapid service, akan ada 21 item pekerjaan dengan lama perawatan sekitar 20 menit.

Layanan ini akan dilaksanakan pada 5 September mendatang dari pukul 09.00 WIB sampai 15.00 WIB. Konsumen bisa mendapaftar atau booking melalui situs resmi Daihatsu Indonesia.

" Untuk jumlah kendaraan dibatasi hanya 50 unit. Selain servis Daihatsu juga memberikan informasi mengenai nilai jual kendaraan customer, sehingga konsumen bisa mengetahui kondisi dan nilai jual mobinya," kata Ratno.

Beri Komentar