Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Teknik Aman Menikung Saat Mobil Melintasi Belokan Tajam

Teknik Aman Menikung Saat Mobil Melintasi Belokan Tajam Satu Unit Mobil Sedang Berbelok Di Jalan. (Foto: Shutterstock)

Dream – Salah satu tantangan mengendarai mobil adalah saat kendaraan harus berbelok tajam. Sahabat Dream tak bisa akan membelokkan mobil terutama di jalur-jalur yang penuh lalu-lalang kendaraan bermotor.

Saat melalui belokan tajam, Sahabat Dream setidaknya harus menguasai teknik khusus untuk melakukan hal itu.

Dikutip dari laman Daihatsu, Jumat 26 Februari 2021, kamu harus memperhatikan keadaan di sekitar sebelum membawa kendaraan di belokan tajam. Hal yang harus diperhatikan mulai dari permukaan jalan, hingga kondisi lalu lintas di sekitar belokan. Hal itu dilakukan agar tidak sembrono saat hendak berbelok.

Kedua, memegang kemudi dengan kedua tangan. Tips ini dilakukan agar kamu bisa mengendalikan kendaraan saat berbelok.

Saat berhasil memegang kemudi dengan dua tangan, kamu bisa membelokkan mobil secara perlahan. Pastikan untuk mengikuti alur jalan saat hendak membelokkan mobil. Selain itu, kamu juga mesti menekan gas mobil secara perlahan.

Gunakan pedal gas agar bisa lebih mudah mengontrol radius belokan. Jika menginginkan radius belokan lebih sempit, Sahabat Dream bisa menekan pedal gas pelan-pelan.

Kalau mobil berbelok terlalu jauh, kamu bisa mengurangi gas secara signifikan. Hal itu dilakukan agar bagian belakang mobil tidak lepas kontrol.

Manfaatkan Rem Tangan

Tips satu ini cocok dipakai saat berada di jalanan dengan ketajaman ekstrem. Untuk melakukannya, Sahabat harus memastikan bahwa mobilnya berada di kecepatan sekitar 55 km-65 km per jam.

Jika hendak melakukan belokan ke arah kanan, letakkan tangan kanan ke sisi kanan setir. Sebaliknya, letakkan tangan ke sisi kiri setir jika hendak berbelok ke arah kiri.

Apabila kendaraan yang dikemudikan adalah mobil manual, kamu harus menginjak kopling mobilnya terlebih dahulu. Habis itu, putar mobil ke arah yang diinginkan hingga roda mobil terkunci. Baru setelahnya tarik rem tangan selama beberapa menit sebelum nantinya mobil berbelok.

Lepaskan rem tangan kalau mobil sudah berbelok ke arah yang diinginkan. Luruskan kembali roda depan dan kemudi mobil.

Cara-cara di atas juga berlaku untuk mobil otomatis. Bedanya, kamu harus mengurangi injakan gas mobil dan memasukkan mobil ke mode netral sebelum nanti mobil dibelokkan.

Posisikan Mobil ke Arah Berlawanan dari Arah yang Hendak Dituju

Tips terakhir yang bisa dilakukan adalah memposisikan mobil ke arah berlawanan dari arah yang hendak dituju. Misalnya, jika hendak berbelok ke arah kiri, posisikanlah mobil berada di sebelah kanan.

Belokkan mobil ke arah yang dituju hingga mobil hampir mencapai sudut jalan. Berbeloklah secepat mungkin. Pastikan agar mobil tidak mengenai sudut jalan saat nanti hendak berbelok.

Injak rem seperlunya agar kamu bisa mengontrol mobil saat berbelok. Cara tersebut hanya dilakukan jika Sahabat Dream agak sulit mengontrol mobil saat hendak berbelok.

Setelah dirasa berhasil melakukan belokan, pastikan untuk tidak terburu-buru saat keluar dari belokan. Keluarlah secara perlahan dan tenang. Hal itu dilakukan agar terhindar dari risiko kecelakaan yang terjadi di belokan.

Agar makin selamat, pastikan kamu menyalakan klakson atau menyalakan lampu kedip saat berhasil keluar dari belokan.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Brak! Iring-iringan Mobil Anies Baswedan Tabrakan Beruntun di Madura, 4 Mobil Ringsek

Brak! Iring-iringan Mobil Anies Baswedan Tabrakan Beruntun di Madura, 4 Mobil Ringsek

Iwan memastikan Anies dalam keadaan baik-baik saja dan terhindar dari kecelakaan.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! Mendadak Meeting

NOTED KAK! Mendadak Meeting

Sahabat dream, kalian suka kesel gak sih saat usah siap-siap mau pulang, tiba-tiba diajak meeting? Mungkin ada yang reaksinya seperti Dreamitie ini?

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Kelakuan Tim Content Creator Kalau Kerja

NOTED KAK! Kelakuan Tim Content Creator Kalau Kerja

Tiap divisi di kantor pasti punya cara kerja yang beda? Nah begini kelakuan tim konten Dream biar dappat FYP

Baca Selengkapnya