Ridwan Kamil Beralih Naik Motor Listrik untuk Kendaraan Dinas

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 4 Juli 2019 18:12
Ridwan Kamil Beralih Naik Motor Listrik untuk Kendaraan Dinas
Motor listrik ini diproduksi oleh perusahaan asal Bandung.

Dream – Kendaraan listrik makin gencar dipromosikan. Usai Gesits dan Lincah, ada lagi motor listrik produksi lokal yang diperkenalkan kepada masyarakat.

Motor listrik itu diproduksi oleh PT Arindo Pratama, perusahaan asal Bandung yang mengembangkan motor listrik.

Kuda besi berbahan bakar listrik ini sempat dipromosikan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Dikutip dari akun Instagramnya, @ridwankamil, Kamis 4 Juli 2019, pria yang akrab dipanggil Kang Emil ini menyebut motor listrik itu akan digunakan untuk menunjang kegiatan sehari-harinya sebagai gubernur.

“ Resmi menggunakan motor listrik untuk kegiatan harian gubernur,” tulis Ridwan Kamil.

1 dari 6 halaman

Nggak Berisik

Saat menguji coba motor tersebut untuk berangkat kerja, Ridwan Kamil menjelaskan jika roda duanya itu tak meninggalkan suara berisik karena tidak memasang knalpot.

Untuk menempuh jarak 80 kilometer, Kang Emil mengisi ulang baterai motor itu selama satu jam. 

Diungkapkan Kang Emil, motor listrik itu sudah mulai diproduksi secara massal di pabrik lokal Arindo. Rencananya, sepeda motor ini akan dihibahkan oleh perusahaan ke sejumlah masjid.

Diharapkan motor listrik itu bisa menjadi alat usaha Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) dengan sistem bagi hasil.

“#JabarJuara dengan inovasi. Geng OJOL pada mau nggak, pakai motor tanpa beli bensin lagi?” tulis dia.

Ridwan Kamil mengatakan tahun ini motor listrik masih difokuskan untuk masjid-masjid dan desa-desa. Tahun depan, ada kemungkinan roda dua itu sudah bisa dibeli untuk umum.

      View this post on Instagram

‪Resmi menggunakan motor listrik utk kegiatan harian gubernur. Karya inovasi dan produksi lokal warga jawa barat yang membanggakan. Gak ada bunyi sama sekali karena gak ada lagi knalpot. Charging 1 jam cukup utk 80 km. Sudah mulai diproduksi massal di pabrik lokal ARINDO. Bulan depan akan dihibahkan oleh perusahaan tersebut ke masjid2 sbg alat usaha DKM dgn sistem bagi hasil. #JabarJuara‬ dengan inovasi. Geng OJOL pada mau gak, pake motor tanpa beli bensin lagi? SELAMAT DATANG MASA DEPAN.

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil) on

2 dari 6 halaman

Warganet Penasaran

Unggahan ini membuat warganet bertanya-tanya tentang motor listrik itu. Ada yang bertanya tentang baterai listrik sampai tempat pengisian daya baterai motor.

“ Tempat charging di tempat umum sudah disediakan belum Pak Gubernur? Jangan lupa give away-nya Pak Gubernur,” tulis @rizalnurfazri_.

“ Servicenya kalau rusak ke mana, Pak,” tulis @luckydeka.

Ada juga yang was-was dengan suara motor yang lembut. Dikhawatirkan pengendara di depan tak tahu bahwa ada kendaraan lain di belakangnya.

“ Jika tak ada bunyi, kadang-kadang bisa membuat was-was, Pak. Pengendara yang di depan tidak tahu kalau ada kendaraan di belakangnya. Terkadang bunyi jadi indikator jika ada kendaraan di sekelilingnya,” tulis @agus_ramelan.

3 dari 6 halaman

Unggahan Ridwan Kamil Hadiri Resepsi Nikah Putri Aa Gym, Mak Jleb

Dream - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, bersama istri, Atalia Praratya, menghadiri undangan resepsi pernikahan Ghefira Nur Fatimah dengan Abdul Majid Al Zindani.

Ghefira merupakan putri pengasuh Pondok Pesantren Daarut Tauhid, KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym, sedangkan Alzindani merupakan putra Ustaz Abu Syauqi.

Melalui akun Instagramnya, Ridwan menyampaikan ucapan selamat kepada pasangan mempelai. Dia juga memajang foto saat berfoto bersama pasangan mempelai dan orangtua masing-masing.

 Ridwan Kamil

Bukan Ridwan namanya jika tidak ada unsur nyeleneh di setiap unggahan. Kali ini, dia menyebut beberapa pusat layanan pernikahan di unggahan tersebut.

 

4 dari 6 halaman

Unggahan Bikin Ngakak

Tentu saja bukan nama dari perusahaan yang dilibatkan dalam resepsi pernikahan tersebut. Melainkan sindiran Ridwan yang ditujukan kepada kaum muda yang belum menikah.

" Recommended Wedding Organizer: KAMUKAPAN.COM,
Fotografi: LUKALAMA.COM, Catering: KASUATSUAT.COM, Make Up: GAGALMOVEON, Kecapi Suling: Lingkung Seni NYEREDETHATE, Dekorasi: MASKOJAHAT, Parkir: KUMAHAING,"  tulis Ridwan.

Unggahan tersebut membuat netizen tertawa. Tidak sedikit dari mereka membubuhkan komentar yang tidak kalah kocak.

" Tukang sound : DITINGGALNIKAH,"  tulis akun @taaryanaa.

" Wedding Organizer na menyayat hati para Jomblo Kang,"  tulis @herry.anggara99.

" WO: KAPANMANTU,"  tulis @ilmabagja.

" Akhirnya selesai dandan,"  tulis @ridwanhamdoel.

5 dari 6 halaman

Motor Listrik Buatan Lokal Meluncur di IIMS 2019

Dream - Motor listrik lokal buatan anak negeri, Gesits meluncur di Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2019.

CEO Gesits Technologies Indo (GTI) Harun Sjech menyebut, Gesits sudah mulai bisa dipesan saat ini. Distribusi ke tangan konsumen akan dilakukan sejak Juli 2019.

“ Kami masih jual off the road karena setiap daerah pasti beda kan pajaknya,” kata Harun di Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis, 25 April 2019.

Harun menyebut, motor tanpa emisi ini dijual dengan harga Rp24,95 juta, masih off the road. Selama IIMS 2019, motor ini dijual dengan harga khusus senilai Rp23,5 juta off the road.

Gesits, kata Harun, merupakan produk kolaborasi antara anak bangsa dan sejumlah perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Enam BUMN itu diantaranya Wijaya Karya Industri dan Konstruksi, Pindad, Len, Wika Industri Energi, Pertamina, dan PLN.

Gesits menghasilkan motor skuter dengan tenaga 6,7 tenaga kuda. Untuk tenaga, Gesits punya baterai lithium NCM berkapasitas 3 kWh yang diklaim mampu melaju sejauh 100 kilometer untuk satu kali pengisian daya.

Harun menjelaskan, satu kali pengisian membutuhkan waktu antara tiga sampai empat jam.

6 dari 6 halaman

Kombinasikan Keamanan dan Performa yang Efisien

Gesits dilengkapi juga fitur double disk brake, transmisi pulley, suspensi mono shock, LED daytime running light, dan HID projector head lamp.

“ Ini karya anak bangsa yang pertama menggunakan teknologi motor listrik. Mengkombinasikan keamanan, performa, dan efisiensi. Biaya operasional motor ini lebih efisien 70 persen dari yang motor mesin konvensional,” ucap Harun.

Rencananya, Harun bakal mendirikan beberapa dealer di Indonesia. Harun juga mengatakan motor ramah lingkungan itu bergaransi tiga tahun.

“ Gesits itu adalah inovasi yang dibentuk sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Harapan kami Gesits dapat menjadi pioneer untuk kendaraan nasional,” kata Harun. (ism) 

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone