Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Sandiaga Uno, Harta Rp5 Triliun Mobil Hanya Versi 'UMKM' Seharga Rp125 Juta

Sandiaga Uno, Harta Rp5 Triliun Mobil Hanya Versi 'UMKM' Seharga Rp125 Juta Sandiaga Uno Dan Nur Asia (Kapanlagi.com)

Dream - Semua orang pasti mafhum dengan Sandiaga Uno. Namanya mencuat di belantika politik tanah air beberapa tahun terakhir. Tapi, sebelum berkibar di kancah politik, Sandiaga lebih dulu mencorong di dunia bisnis.

Suami Nur Asia itu telah lama menahkodai perusahaan di bawah bendera PT Saratoga Investama Sedaya. Perusahaan tersebut punya banyak usaha, meliputi bidang telekomunikasi, pertambangan, dan lain sebagainya. Jadi, jangan heran bila pundi-pundi uang Sandiaga Uno melimpah.

Namun, Sandiaga Uno bukan tipe pengusaha yang ganjen dengan barang-barang mewah. Selama ini dia terus mendorong produk-produk lokal besutan UMKM lokal. Kesederhanaan Sandiaga Uno juga terlihat dari tunggangannya, mobil senilai Rp125 juta saja.

Sosok Sandiaga Uno rupanya menarik perhatian Atta Halilintar. Saat berkunjung ke rumah Sandiaga Uno, YouTuber muda itu penasaran dengan harta mantan calon wakil presiden tersebut. "Orang boleh tahu enggak net worth (kekayaan) Pap Sandi itu berapa?" tanya Atta.

Kekayaan Sandiaga Uno sebenarnya telah dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia memang pernah membuat Laporan Harta Kekayaan Pejabat (LHKPN) saat duduk di kursi Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Karena itulah siapa saja bisa mengetahui timbunan harta Sandiaga Uno. "Sebetulnya semuanya ada. Saya sebagai pejabat negara dulu di KPK kita harus masukin namanya LHKPN. Jadi itu yang dimasukkan," jawab Sandiaga Uno.

Untuk mengurangi rasa penasaran, Sandiaga lantas menyebutkan perkiraan nominalnya. Dia mengaku kekayaannya mencapai Rp5 triliun. "Kalau enggak salah sekitar Rp5 triliun," ungkap Sandiaga Uno.

"Wah," sahut Atta sembari tertawa.

Namun kekayaan itu tidak semuanya berupa duit tunai, sebagian besar berupa surat berharga. Sandiaga Uno memang menggenggam saham sejumlah perusahaan.

Menurut Sandiaga Uno, karena jumlah kekayaan 85 persen dalam bentuk surat berharga, yaitu saham atau obligasi yang tercatat di bursa, maka tiap hari nominalnya naik turun sesuai keadaan pasar.

"Jadi itu yang dipakai buat acuannya karena itu nyambung juga ke laporan pajak sama rekening rekening di dalam dan di luar negeri semua sudah dilaporkan," jelasnya.

Sandiaga mengaku jumlah harta kekayaannya dulu jauh lebih besar dibanding sekarang. Lumbung uangnya banyak terkuras setelah terjun ke gelanggang politik tanah air. "Dulunya lebih banyak. Begitu masuk politik menyusut," kata dia.

Oleh karena itu, Sandiaga Uno menyarankan semua orang agar tetap fokus menggeluti bisnis lebih dahulu. Setelah stabil dan bekal cukup, barulah memikirkan negara dengan terjun ke dunia politik.

"Karena di situ ladang pengabdian," tambah Sandiaga Uno.

Dia menambahkan, politik bukanlah ladang mencari duit. bagi dia, politik merupakan lahan pengabdian.

"Di situ menjadi tempat untuk memberikan kontribusi yang kita miliki kepada bangsa dan negara," sambung dia.

Mengutip dari LHKPN, harta kekayaan Sandiaga Uno diketahui mencapai Rp5.099.960.524.965.

Jumlah ini terdiri dari Harta Tanah dan Bangunan senilai Rp191.644. 398.989, Alat Transportasi dan Mesin senilai Rp325.000.000.

Harta bergerak lainnya senilai Rp3.200.000.000', Surat berharga senilai Rp4.707.615.685.758, Kas dan setara kas senilai Rp495. 908.363.438. Harta lainnya senilai Rp41.295.212.159 dan Utang senilai Rp340.028.135.379.

Saat wawancara dengan Andre Taulani, Sandiaga menunjukkan mobil operasionalnya. Untuk berkendara, Sandiaga Uno memilih menggunakan mobil Nissan Livina. Ini merupakan salah satu mobil mewah keluaran perusahaan otomotif asal Jepang itu.

"Gue juga punya versi UKM-nya. Mau lihat enggak yang versi UKM-nya," kata Sandiaga

"Masih simpan?" tanya Andre.

"Ini," kata Sandiaga sembari menunjuk mobil Nissannya.

Siapa sangka, Sandiaga Uni hanya memiliki dua unit mobil termasuk Nissan Livina tersebut.

Melansir dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) harga mobil Nissan Livina milik Sandiaga Uno adalah Rp125 juta.

"Oh ini versi UKM. Memasyarakat banget ini ya," kata Andre Taulany.

Sumber: Merdeka.com

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Brak! Iring-iringan Mobil Anies Baswedan Tabrakan Beruntun di Madura, 4 Mobil Ringsek

Brak! Iring-iringan Mobil Anies Baswedan Tabrakan Beruntun di Madura, 4 Mobil Ringsek

Iwan memastikan Anies dalam keadaan baik-baik saja dan terhindar dari kecelakaan.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
BUNGKUS! Menu Telur Favorit

BUNGKUS! Menu Telur Favorit

Hidangan berbahan telur bisa disajikan dalam aneka masakan. Nah, kira-kira kalian suka menu telor yang bagamana? Komentar di bawah yuk

Baca Selengkapnya
DRESS IT! Tips Melipat Lengan Kemeja

DRESS IT! Tips Melipat Lengan Kemeja

Terdengar simple, cara membuat melipat lengan kemeja agar terlihat ternyata ada trik lho Sahaba Dream. Nah sekarang kamu bisa simak video berikut.

Baca Selengkapnya