Sebelum Pasang Cover Jok, Pahami Dulu Tiga Hal Ini

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 3 Oktober 2019 08:37
Sebelum Pasang Cover Jok, Pahami Dulu Tiga Hal Ini
Pelindung jok sering dipasang agar jok mobil tidak gampang kotor.

Dream – Pemakaian sarung jok banyak dilakukan oleh pemilik mobil. Selain memperindah tampilan interior, sarung jok juga membantu melindungi cover asli bawaan mobil.

Cover jok yang dipasang akan membantu melindungi dari kotoran. Dan saat terdapat kotoran yang melekat pun bisa lebih mudah untuk dibersihkan.

Sebelum Pasang Cover Jok, Pahami Dulu 3 Hal Ini© MEN

Namun, sangat disarankan sebelum melakukan pemakaian cover jok, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu perhatikan.

Berikut adalah beberapa panduan yang perlu diperhatikan sebelum memasang cover jok mobil, dikutip dari Suzuki, Kamis 3 Oktober 2019: 

1 dari 6 halaman

Pemilihan Bahan

Pilihlah bahan yang kamu sukai tapi tetap memperhatikan melihat kualitas dari bahan yang akan dipilih. Umumnya, bahan yang sering digunakan sebagai cover jok adalah adalah kulit asli dan semi kulit (kulit sintetis).

Untuk bahan dasar kulit asli sudah pasti harganya lebih mahal, tapi kualitas yang didapatkan sudah pasti lebih baik.

Kulit asli juga punya cukup banyak kelebihan, seperti tingkat kenyamanan, kelembutan, yang baik serta tampak lebih mewah.

Tetapi tidak perlu dipaksakan jika memang budget tidak mencukupi. Solusinya? Kamu bisa menggunakan kulit sintetis.

 

2 dari 6 halaman

Pemilihan Model

Model cover jok mobil umumnya menyesuaikan dengan keinginan pemilik mobil dan kondisi kabin mobil. Kamu harus memperhatikan detail model cover jok mobil yang diinginkan seperti motif jahitan dan pemilihan warnanya, agar sesuai warna kulit jok dengan kabin mobil.

 

© Dream

 

Hasilnya? pasti akan terlihat lebih elegan.

3 dari 6 halaman

Pilih Merek dan Bengkel Jok Terpercaya

Merek cover jok mobil juga sebaiknya kamu jadikan pertimbangan, karena bisa berpengaruh pada tingkat keawetan cover jok. Kamu bisa bertanya dulu ke beberapa sahabat yang pernah memodifikasi jok mobil.

Atau, bisa juga langsung bertanya pada bengkel pembuat cover jok. Pastikan juga bengkel jok mobil tersebut memiliki kualitas menjahit dengan bagus agar tidak mengecewakan.

4 dari 6 halaman

Musuh Bebuyutan Jok Kulit Sintetis Mobil, Apes Bila Sampai Kena

Dream – Jok kulit memang praktis dipasang di mobil. Selain nyaman, kesan mewah juga terlihat saat tunggangan kamu menggunakan jenis jok ini.

Menggunakan bahan alami, jok kulit memang tidak mudah kotor oleh noda, mudah dibersihkan atau dirawat. Tapi jangan salah Sahabat Dream. Ada satu noda yang paling dihindari lho.

Tinda ternyata menjadi musuh bebuyutan bagi jok kulit.

Dikutip dari OTO.com, Kamis 22 Agustus 2019, tinta `haram` hukumnya melakukan kontak langsung dengan bahan kulit sintesis. Digital Creative Division Manager Mbtech, Edi Pamungkas, mengatakan tinta sangat jahat jika menyerang kulit sintetis.

 

© Dream

 

" Kelemahan bahan kulit sintetis, kalau kena ballpoint (tinta) tidak bisa hilang. Semua bahan kulit sintetis belum ada yang bisa sembuh kalau kena coret ballpoint," kata Edi di Medan, Sumatera Utara.

Edi bahkan pesimistis jok kulit akan kembali berkilau jika sudah terken noda tinta. Dia mengimbau pemilik mobil agar tidak percaya dengan bahan yang diklaim bisa membersihkan tinta di jok kulit sintetis.

Ada anggapan bahwa cairan penolak serangga bisa membersihkan tinta di jok kulit. Edi mengatakan cairan ini justru malah membuat jok kulit tiruan akan rusak.

" Seolah bersih, padahal dengan itu menghilangkan pelapisnya. Kalau coating sudah hilang, tiga bulan pasti rusak, karena tak ada pelindungnya," kata dia.

5 dari 6 halaman

Kucing Juga Jadi `Musuh`

Edi mengatakan binatang peliharaan seperti kucing juga bisa menjadi musuh jok kulit sintetis. Sesuatu yang tajam bisa dengan mudah merusak bahan ini.

“ Kalau punya atau ada kucing, mesti rusak itu. Biasanya jok motor, ya,” kata dia.

Ada juga kosmetik yang mengandung material tertentu.

“ Beda-beda, misal minyak rambut yang terlalu keras (kandungan bahan kimia), bisa lama-lama merusak. Ada juga yang dari parfum, kena semprot terus-menerus. Lama-lama ya pasti rusak,” kata Edi.

6 dari 6 halaman

Perawatan Jok Kulit Sintetis Lebih Mudah

Tentang perawatan dan pembersihan, kulit sintetis memang lebih mudah dan murah daripada bahan kain dan kulit asli. Edi mengatakan membersihkan jok ini cukup dengan air hangat.

Kalau agak kotor dan masuk ke pori-pori, pemilik mobil bisa menggunakan air hangat dan sikat. Jika nodanya agak bandel, pengguna bisa membersihkannya dengan sabun dan sampo bayi yang kadar kimianya tidak keras.

" Kalau digunakan tapi tidak dibersihkan dan dirawat, umur pelapis kulit sintetis bakal lebih pendek. Tapi biasanya produk kami, kalau 3 tahun tidak dilakukan apa-apa, masih bisa. Bahkan sampai ada yang 6 tahun, sudah kotor banget, tapi belum rusak," kata dia.

Beri Komentar