Baru Sebulan Mengaspal, Seberapa Laris Mitsubishi Xpander Cross?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 9 Desember 2019 16:12
Baru Sebulan Mengaspal, Seberapa Laris Mitsubishi Xpander Cross?
Mobil MPV gaya SUV ini dirilis hampir sebulan yang lalu.

Dream - Hampir genap sebulan PT Mitsubihi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) meluncurkan varian baru Xpander Cross. Lantas seperti apa respons pasar dan seberapa laris dibandingkan Xpander yang pertama kali diperkenalkan ke publik?

Direktur Penjualan dan Divisi Marketing MMKSI, Michimasa Kono mengungkapkan, penjualan Xpander Cross sejak diluncurkan pada 12 November 2019 telah mencapai lebih dari 1.000 unit.

" Cukup bagus (angka penjualan) secara nasional, karena bersamaan dengan regional launching," ujar Kono saat peluncuran kampanye Mitsubishi digital #AyoGasTerus, Serpong Tangerang, akhir pekan kemarin.

Meski begitu angka 1.000 unit ini sebenarnya masih melenceng dari target awal. MMKSI memasang target jualan 1.500 unit Xpander Cross per bulan.

MMKSI mematok total penjualan Xpander saat ini 5.500 unit per bulan, setelah adanya varian baru tersebut diharapkan bisa bertumbuh menjadi 6.500 unit atau 7 ribu unit sebulan.

1 dari 6 halaman

Siapa Pembeli Xpander Cross?

Adapun penjualan terbesar Xpander Cross masih sekitar Jabodetabek. Kemudian menyusul kota-kota besar lain di Indonesia.

" Jabodetabek merupakan yang terbesar. Karena di kota daya belinya sangat tinggi diikuti kota lainnya, Surabaya dan Medan," kata Kono.

Sebanyak 30-40 persen pemesan Xpander Cross adalah pembeli mobil pertama. Sisanya, 50-60 persennya merupakan pembeli yang naik kelas, atau yang sebelumnya sudah memiliki mobil.

Meski baru meluncur, Mitsubishi langsung mengirimkan mobil yang dibanderol mulai dari Rp267,7-286,7 juta (OTR Jabodetabek) ke konsumen, artinya tidak pakai inden.

Xpander Cross dibanderol mulai dari Rp 267,7 juta sampai Rp 286,7 juta (OTR Jabodetabek).

(Laporan: Michelle Rachel Evangelista Maramis)

2 dari 6 halaman

Nicholas Saputra Kepincut Mitsubishi Xpander Cross

Dream - Mitsubishi Xpander Cross mulai menuai respons positif di pasar otomotif. Sejak satu bulan diluncurkan, banyak pesohor Tanah Air yang kepincut mobil MVP bergaya SUV ini.

Salah satunya adalah Denny Sumargo. Dikenal sebagai artis yang doyan traveling, Denny mengatakan mobil ini bisa menempuh area yang terjal dan cocok bagi yang hobi naik gunung.

“ Jadi, sangat bisa diandalkan dengan fitur dan kemampuannya,” kata dia di Mitsubishi Motors Auto Show, Summarecon Mall Serpong, ditulis Senin 9 Desember 2019.

Tak hanya Denny, aktor Nicholas Saputra juga kesengsem mobil yang dibandrol mulai dari Rp267,7 juta itu. Nicholas Saputra mengatakan motor ini bisa menerjang medan yang sulit.

“ Mobil ini sangat menunjang banget buat aku yang hobinya ke pantai, yang medan nya sangat sulit untuk dicapai,” kata pemeran Rangga dalam film “ Ada Apa Dengan Cinta”.

 Para influencer terpikat Mitsubishi Xpander Cross.

Sekadar informasi, Mitsubishi Motors mengajak masyarakat untuk membuktikan ketangguhan Xpander Cross melalui kampanye “ AyoGasTerus Photo Story Competition”. Kampanye ini melibatkan empat orang influencers ternama di Indonesia, yaitu Denny Sumargo, Nicholas Saputra, Arief Muhammad, dan brand ambassador Rifat Sungkar.

Bersama empat influencers ini, para peserta dapat bertualang ke pantai, menjajal medan menantang di pegunungan, dan mengeksplor sudut kota. Kampanye #AyoGasTerus ini terbuka untuk umum, dan dapat diikuti dengan mengakses website www.XpandYourAdventure.com kemudian melakukan registrasi WEB ID. Peserta dapat dengan bebas memilih tim yang merepresentasi dirinya.

Laporan: Michelle Rachel Evangelista Maramis

3 dari 6 halaman

#AyoGasTerus Berpetualang Seru dengan Xpander Cross Bareng 4 Influencer

Dream - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) baru saja merilis model terbarunya Xpander Cross. Sejalan dengan peluncuran itu, mereka juga meluncurkan kampanye digital #AyoGasTerus.

Peluncuran kampanye ini digelar 7 Desember 2019 saat pameran Mitsubishi Motors Auto Show di Summarecon Mall Serpong, 7 Desember 2019. Presiden Direktur PT MMKSI, Naoya Nakamura mengatakan, kampanye ini untuk mendukung kebersamaan bagi suatu anggota keluarga.

“ Mitsubishi Motors ingin dapat mendukung keluarga Indonesia untuk berbagi waktu berkualitas bersama orang-orang tercinta dan mencapai lebih banyak petualangan baru. Dengan kombinasi semua kebaikan yang dimiliki dari sebuah SUV dan MPV, Xpander Cross siap menjadi teman berpetualang Anda juga dalam menjalani berbagai tantangan sehari-hari," kata Naoya.

Naoya mengatakan, selain mengenalkan Xpander Cross sebagai produk baru, Mitsubishi juga mengenalkan gaya hidup baru. Salah satu caranya dengan petualangan bersama.

" Kami pun ingin mendukung keluarga Indonesia untuk membagikan cerita petualangan impian mereka melalui kampanye #AyoGasTerus bersama XPANDER CROSS dengan para influencers pilihan kami: Nicholas Saputra, Denny Sumargo, Arif Muhammad, dan brand ambassador kami Rifat Sungkar,” ujar dia.

4 dari 6 halaman

Diajak Berpetualang

Kampanye terbaru #AyoGasTerus merupakan salah satu langkah PT MMKSI dalam mendorong masyarakat Indonesia untuk terus melaju dalam berpetualang, melalui kompetisi photo story yang memberikan kesempatan untuk berbagi cerita mengenai petualangan di destinasi impian. 

 Xpander

Nantinya, pada peserta diberi kesempatan berpetualang ke pantai bersama dengan Nicholas Saputra, menjajal medan menantang di pegunungan bersama Denny Sumargo, mengeksplor sudut kota bersama Arif Muhammad, ataupun mencapai setiap ambisi seperti halnya Rifat Sungkar dalam mencapai garis finish pada arena balap.

Kampanye #AyoGasTerus ini terbuka untuk umum, dan dapat diikuti dengan mengakses website www.XpandYourAdventure.com kemudian melakukan registrasi laman resminya. Selamat mencoba!

Laporan: Michelle Rachel Evangelista Maramis

5 dari 6 halaman

Mitsubishi Pede Pasang Xpander Cross Lebih Mahal dari Rush-BRV

Dream - Menyandang status MPV Crossover, banderol yang ditawarkan untuk Xpander Cross terbilang sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan Low SUV yang ada di Indonesia saat ini.

Mobil ini ditawarkan dalam tiga tipe, yaitu M/T seharga Rp267,7 juta, A/T Rp277,7 juta, dan A/T paket pelapis jok 'kulit' Rp286,7 juta.

 



Sementara itu harga kompetitor di kelas low SUV; Rush Rp244,25 juta - Rp265,65 juta, Daihatsu Terios Rp202,3 juta, dan Honda BR-V Rp248,5 juta - Rp290,7.

Ya, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) cukup 'pede' dengan desain Xpander Cross, hingga berani menempatkan harganya di atas kompetitor.

" Ini adalah harga yang kami pasang sedikit lebih mahal dari kompetitornya, namun dengan segala sesuatu yang lebih baik dari kompetitornya," kata Sales and Marketing Director MMKSI, Michimasa Kono, di Jakarta, Selasa 12 November 2019.

6 dari 6 halaman

Mulai dari Lebih Garang Sampai Ground Clearance Lebih Tinggi

Ada banyak faktor, seperti lebih baru, lebih macho, lebih tangguh, performa grafisnya juga sudah diperbaiki lebih baik lagi dengan high ground clearance.

Selain itu, kata Kono, ada peningkatan di suspensinya dengan special tune suspension untuk medan yang lebih berat daripada medan sebelumnya, dan tentunya interior lebih luas daripada kompetitor.

Director of Sales and Markeing Division MMKSI, Irwan Kuncoro, menambahkan, layanan purna jual dari Xpander Cross ini juga tidak luput dari perhatian Mitsubishi, dengan memberikan paket yang menguntungkan bagi para konsumennya.

Dengan harga ini konsumen sudah mendapatkan gratis jasa sparepart hingga 4 tahun atau 50 ribu km, kemudian garansi ban satu tahun, dan asuransi kecelakaan satu tahun.

" Ini tentu saja harga dan package yang sangat menarik untuk produk dan value yang konsumen dapatkan,” kata dia.

Beri Komentar
Perjuangan Ria Irawan, Pantang Menyerah Lawan Kanker