Deretan Fitur Canggih Mobil Menteri Baru Jokowi

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 23 Agustus 2019 17:24
Deretan Fitur Canggih Mobil Menteri Baru Jokowi
Apa saja fitur-fitur yang ada di Toyota Crown 2.5 HV G-Executive.

Dream – Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) telah menetapkan mobil Toyota Crown 2.5 HV G-Executive sebagai mobil dinas baru yang akan dipakai para menteri masa bakti 2019-2024 mendatang. Selain tampangnya yang mewah, sedan ini ternyata berjenis mobil hybrid.

Dikutip dari berbagai sumber, Jumat 23 Agustus 2019, Toyota Crown 2.5 HV G-Executive merupakan varian dari Crown. Mobil ini menggendong mesin dynamic force engine hybrid system berkapasitas 2,5 liter. Mesinnya bisa menyemburkan kekuatan 223 Tk dan torsi 221 Nm.

 Mobil Menteri Toyota Crown

Mobil menteri berupa Toyota Crown 2,5 HV G-Executive ini menempuh jarak 19,4 km untuk 1 liter bensin.

Di bagian kabin, mobil menteri baru ini sudah dilengkapi layar berukuran 8 inci dan 7 inci untuk data communication module. Layar ini menjadi pusat mengatur beragam fitur di mobil.

Bagian kokpit memiliki aksen kayu untuk menambah kesan elegan dan kursinya menggunakan jok kulit terbaik.

 Mobil Menteri Toyota Crown

1 dari 5 halaman

Tak Dijual Sembarangan

 Mobil Menteri Toyota Crown

Toyota menggunakan fitur Toyota Safety Sense II yang meliputi dynamic radar cruise, lane tracing assist, automatic high beam, dan adaptive high beam system.

 Mobil Menteri Toyota Crown

Mobil ini juga memiliki fitur road sign assist, intelligent clearence sonar, serta rear cross traffic auto brake. Toyota juga membenamkan fitur rear pedesetrian support brake.

 Mobil Menteri Toyota Crown

Sayangnya, mobil ini tidak dijual bebas di Indonesia. Jika bicara tentang harga, diketahui mobil ini dijual seharga 5,84 juta yen (Rp779,07 juta).

2 dari 5 halaman

Sah! Ini Mobil Dinas Anyar Menteri Baru Jokowi

Dream - Kementerian Sekretariat Negara (Setneg) membenarkan pengadaan kendaraan dinas baru untuk para menteri kabinet kerja baru. Mobil dinas itu juga disediakan untuk pejaat setingkat menteri, ketua/wakil ketua MPR, DPR, dan DPD.

Dari hasil tender umum didapat pemenang PT Astra International Tbk-TSO. Mobil dinas para menteri/pejabat setingkat menteri serta pimpinan lembaga tinggi adalah Toyota Crown 2.5 HV G-Executive sebagai pengganti Toyota Crown Royal Saloon

Pemerintah beralasan pengadaan mobil dinas baru tersebut dilakukan karena kendaraan lama telah berusia lebih dari 10 tahun. Pengadaan terakhir dilakukan pada 2005 dan 2009.

“ Sebagian besar saat ini kondisinya sering mengalami kerusakan dan tidak efisien, serta tidak layak untuk dipergunakan bagi pejabat negara,” kata Asisten Deputi Humas Kemensetneg, Eddy Cahyono Sugiarto dalam keterangan tertulisnya.

Menurut Eddy, selama ini perawatan mobil dinas yang sudah lama digunakan menghabiskan biaya cukup tinggi. Peremajaan mobil dinas juga dilakukan dengan pertimbangan faktor keamanan dan keandalan.

Pengadaan mobil dinar menteri dan pejabat setingkat menteri ini dilakukan dengan menggunakan anggaran yang tersedia. Khusus untuk dua kendaraan VVIP Kepresidenan, Kemensetneg mengadakannya lewat sistem penunjukan langsung karena pertimbangan keamanan.

Sedangkan 101 unit kendaraan bagi para anggota kabinet 2019-2024 dan pejabat setingkat menteri, serta pimpinan lembaga negara, dilakukan melalui Sistem Tender Umum.

3 dari 5 halaman

Ssttt.. Menteri Baru Jokowi Bakal Naik Mobil Dinas Anyar

Dream - Para menteri baru yang nantinya dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan `tersenyum`. Para pembantu presiden itu kemungkinan akan mendapatkan mobil dinas baru dari pemerintah.

Kabar itu muncul setelah Sekretarit Negara menggelang lelang pengadaaan kendaraan menteri negara atau pejabat setingkat menteri. Lelang ini mematok paket senilai Rp152,54 miliar.

Paket lelang tersebut diketahui dari Layanan Pengadaan Secara Elektronik, Rabu 21 Agustus 2019 yang dikutip dari situs lpse.kemenkeu.go.id.

Dalam penjelasannya, lelang telah dinyatakan selesai dilakukan. Dari nilai pagu paket yang ditawarkan senilai Rp152,54 miliar, paket dimenangkan oleh perusahaan yang menawarkan nilai rendah rendah yaitu Rp147.312.469.200.

 Lelang Mobil Menteri

Pengadaan mobil dinas menteri ini menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019

Pemenang dari lelang pengadaan mobil menteri atau pejabat setingkat menteri tersebut adalah PT Astra International Tbk. Peserta lelang diketahui berjumlah 41 perusahaan.

Sayangnya, tak dijelaskan mobil-mobil apa yang nantinya akan digunakan untuk mobil menteri.

 

4 dari 5 halaman

Sering Mogok Mobil RI-1 Jokowi Mau Diganti, Mercedes atau BMW?

Dream – Menjelang masa jabatan yang kedua, Presiden terpilih Joko Widodo kemungkinan bakal menumpangi mobil baru. Kementerian Sekretariat Negara saat ini tengah mengusulkan untuk meremajakan mobil berpelat nomor RI-1 karena kendaraan yang ada dianggap sering bermasalah.

Rencana peremajaan mobil RI-1 tersebut dibenarkan Kepala Biro Umum Kemsetneg, Piping Supriatna.

Menurut Piping, peremajaan dilakukan karena Mercedes-Benz S600 Guard merupakan lungsuran dari presiden sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang dibeli pada 2007.

" Ya benar (peremajaan mobil dinas presiden)," kata Piping lewat pesan singkat, dikutip dari Liputan6.com, Jumat 5 Juli 2019.

Dilaporkan mobil dinas yang selama ini dipakai Jokowi sudah tak lagi melaju mulus. Mobil mewah berwarna hitam tersebut pernah tertangkap mogok saat Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Barat di 2017.

Mobil RI-1 itu juga pernah mogok saat perjalanan menuju Pondok Pesantren Gontor Ponorogo.

5 dari 5 halaman

Jadi, Mobil yang Mana?

 Mobil Presiden

Untuk usulan mobil baru RI-1, Piping mengatakan mendapat penawaran dari dua merek sedan mewah dunia. selain Mercedes-Benz yang selama ini dipakai presiden, produsen mobil asal Jerman BMW juga menawarkan unggulannya untuk dipakai sebagai kendaraan dinas RI-1.

BMW dikabarkan menawarkan BMW seri-7 Security Vehicle F02 untuk kendaraan dinas RI-1. Sementara Mercedes-Benz sudah menawarkan model terbaru namun masih dirahasiakan. Santer dikabarkan Mercedes-Benz yang dipakai masih tetap berasal dari seri S-Class.

Namun Piping belum mengetahui apakah usulan peremajaan mobil dinas RI-1 tersebut akan benar-benar dilaksanakan. 

" Perkembangan lebih lanjut nanti akan disampaikan resmi oleh Kemsetneg. Sekarang kami masih koordinasi internal,” tutur dia.

(Sumber: Liputan6.com/Muhammad Radityo Priyasmoro)

Beri Komentar
Umroh Bareng Pasangan, Foto Sweet Selebritis Saat di Mekkah