Selain Bodi dan Mesin, Komponen Motor Ini Harus Dirawat

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 17 Maret 2020 09:36
Selain Bodi dan Mesin, Komponen Motor Ini Harus Dirawat
Komponen ini sangat penting bagi motor.

Dream – Selain bodi dan mesin, ada lagi komponen sepeda motor yang tak kalah penting. Komponen itu adalah kabel. Bagian ini tak boleh luput dari pengawasan.

Dikutip dari Federal Oil, Selasa 17 Maret 2020, apalagi jika kamu punya motor injeksi, kabel memegang peranan yang tak main-main. Suplai bensin ke injektor sangat bergantung kepada sistem kelistrikan.

Kendati sistem perkabelan di motor biasanya sudah anti air, kamu harus tetap rutin melakukan pengecekan dan perawatan. Kabel-kabel yang usianya sudah cukup tua bisa berpotensi menimbulkan kerusakan.

1 dari 4 halaman

Begini Cara Mengeceknya

Kalau sudah “ berumur”, kabel akan mengeras dan berisiko retak. Kalau sudah retak, listrik bisa bocor.

Cobalah untuk menutup keretakan dengan selotip kabel. Selain itu, jangan lupa untuk memantau soket sambungan kabel. Kalau keseringan terkena air, kabel bisa berkarat.

Cara menghilangkan karat di kabel ini cukup mudah. Kamu cukup menyemprotkannya dengan cairan penghilang karat.

Tapi, kalau kabel sudah menghitam alias gosong, ya, Sahabat Dream harus menggantinya dengan yang baru.

2 dari 4 halaman

4 Kesalahan Fatal Namun Tak Disadari Pemilik Sepeda Motor

Dream - Pada zaman serba sibuk yang membutuhkan mobilitas tinggi, kendaraan pribadi seolah telah menjadi kebutuhan. Dibandingkan sepeda motor, mobil memang menjadi pilihan paling nyaman karena bisa terhindari dari cuaca terik dan hujan.

Namun harganya mobil yang sangat mahal membuat sebagian masyarakat kita berpikir dua kali untuk membeli kendaraan roda empat ini.

Apalagi, melihat kondisi jalan yang super macet dan membuat pemilik mobil terjebak di tengah padatnya lalu lintas. Pilihan pun jatuh pada kendaraan roda dua, sepeda motor.

 

 © Dream

 

Dikutip dari Wahana Honda, Senin 16 Maret 2020, motor memang menjadi pilihan terbaik untuk menembus kemacetan. Sayangnya, banyak pemiliknya menggunakan kendaraannya tanpa menyadari kesalahan yang sering dilakukan.

Berikut ini rincian kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh pengendara motor.

3 dari 4 halaman

Menunda Isi Angin dan Pakai Bensin Oplosan

Pertama, menunda isi angin.

Ban terasa aneh, motor pun sering kurang stabil saat melaju kencang. Biasanya, hal ini diakibatkan kurangnya tekanan angin pada ban. Ban kurang angin bisa membuat permukaannya terkoyak dan pelek bengkok.

 Jangan Sepelekan Tekanan Angin Ban! Ini Dia 3 Manfaatnya© MEN

Kedua, memakai bensin oplosan.

Biasanya ini dilakukan oleh orang-orang yang ingin berhemat. Hal ini disebabkan oleh bensin oplosan bukanlah bensin murni dan sudah dioplos dengan bahan lain. 

Kalau terus memakai bensin ini, mesin motor akan rusak dan menimbulkan korosi. Lebih baik kamu mengeluarkan uang berlebih untuk membeli bensin di SPBU agar motor tetap awet.

4 dari 4 halaman

Cuci Motor di Bawah Panas Matahari

Ketiga, mencuci motor di bawah sinar mentari.

 Jangan Cuci Motor Saat Mesin Masih Panas!© MEN

 

Kebanyakan orang mencuci motornya di bawah terik matahari dengan tujuan motor cepat kering. Namun hal ini ternyata salah besar.

Cuci motor di bawah terik matahari bisa membuat warna bodi motor belang. Apalagi, kamu menggunakan sabun yang bukan untuk khusus motor. 

Keempat, menggunakan sparepart palsu.

 Cara Instan Sulap Tampilan Sepeda Motor© MEN

 

Si penjual pun sering mengklaim sparepart KW tidak jauh beda kualitasnya dengan sparepart asli. Tak disadari, motor bisa lebih mudah rusak. Kamu bisa lebih banyak mengeluarkan uang untuk perbaikan.

Beri Komentar