Fungsi Lain Ban Serep

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Minggu, 31 Maret 2019 17:02
Fungsi Lain Ban Serep
Fungsi utamanya sangat bermanfaat sewaktu-waktu ban mobil bocor. Tapi..

Dream – Ketika mengendarai mobil, kamu sebaiknya membawa ban cadangan alias ban serep. Ban ini sangat bermanfaat sewaktu-waktu ban mobil bocor.

Dikutip dari Hyundai, Senin 1 April 2019, ban serep ini biasanya diletakkan di belakang, bawah, samping, atau di atap mobil.

Penempatan ban serep di mobil dengan posisi berbeda bertujuan untuk mempercantik tampilan pada kendaraan.

Tak ada posisi mana yang dinilai lebih aman untuk menempatkan ban cadangan. Selama ban cadangan terpasang kuat, dipastikan ban itu tak mengganggu keamanan mobil.

Selain sebagai “ penyelamat”, ternyata ban serep punya fungsi yang lain, lho. Ban cadangan bias menjadi bemper tambahan.

Kalau diletakkan di balik pintu belakang, ban itu berfungsi untuk menahan benturan dari kendaraan lain.

Ban itu juga sering ditempatkan di bagian bawah agar tetap membuat nyaman penumpang yang duduk di jok baris ketiga. Kalau ada ban serep di bawahnya, lantai mobil akan naik. Ini tak masalah asalkan ban itu dipegang kuat oleh ikatannya. (ism)

1 dari 1 halaman

Jangan Abaikan Ban Cadangan, Bisa Fatal Akibatnya!

Dream – Ban serep atau ban cadangan sering luput dari perhatian pemilik mobil. Namanya juga ban cadangan, tentunya sifatnya hanya sebagai pengganti jika ban utama bocor. Alhasil, ban ini lebih banyak tersimpan di dalam mobil.

Selama ini ban cadangan disimpan di tempat yang berbeda-beda. Tergantung dari tempat penyimpanan yang dirancang dalam body mobil. Ada yang diletakkan di kolong mobil, bagasi, atau pintu belakang.

Dilansir dari Hyundai, Senin 29 Oktober 2018, ban cadangan sebaiknya diperhatikan agar bisa dalam keadaan prima. Misalnya, kamu harus rutin mencuci ban serep dengan sampo atau sabun mobil.

Sambil dicuci, angkat atau cabut batu, serpihan besi, pecahan kaca atau benda keras lainnya yang terselip di kembangan ban serep. Benda-benda kecil yang terselip di kembangan ban bisa memicu bencana.

Kalau serpihan besi yang terjebak di kembangan ban, dia mampu dengan cepat merobek tapak ban dan serat baja.

Setelah bersih, langsung keringkan ban dengan lap chamois dan diberi semir ban. Fungsi semir adalah menjaga elastisitas karet ban dan terlihat mengilap.

Sebelum dipasang, cek tekanan angin ban serep, pastikan sesuai standar yang ditetapkan pabrikan. Kamu bisa menggunakan cover ban untuk melindungi ban serep yang ada di kolong dari kotoran.(Sah)

Beri Komentar
Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi