Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Sering Disepelekan, Begini Cara Putar Balik Mobil yang Benar dan Aman

Sering Disepelekan, Begini Cara Putar Balik Mobil yang Benar dan Aman Tanda U Turn (Foto: Shutterstock)

Dream - Tips cara putar balik mobil yang benar seringkali dicari para pengemudi kendaraan supaya tidak membahayakan diri sendiri maupun pengendara lain.

Bagi pengendara pemula, putar balik umumnya cukup sulit untuk dilakukan karena membutuhkan konsentrasi lebih tinggi. Selain memperhatikan kendaraan di sekitar, pengemudi mobil bertransmisi manusia harus melakukan teknik pengalihan gigi yang benar agar lebih aman dan mobil mati di tengah jalan.

Secara umum, terdapat dua teknik yang bisa dilakukan yaitu three point turn dan u turn yang bisa dilakukan sesuai dengan kondisi yang ada saat Sahabat berkendara.

Teknik Three Point Turn, sesuai namanya, teknik maju mundur merupakan cara putar balik mobil dengan cara melakukan tiga titik penghentian. Hal ini dikarenakan Sahabat tidak bisa melakukan putar balik secara langsung dalam sekali coba. Jadi, cara putar balik mobil yang benar adalah dengan menggunakan teknik three point turn ini.

Untuk melakukannya, sahabat Dream harus mengatur transmisi ke gigi pertama lalu memutar kemudi berkebalikan dengan posisi mobil, misal mobil di sebelah kiri maka putar kemudi ke kanan, lalu injak pedal gas sambil memutar kemudi ke kanan.

Setelahnya, Sahabat Dream harus kembali mengatur transmisi ke gigi mundur lalu menginjak pedal gas sambil membelokan kemudi ke kiri. Lalu atur kembali transmisi ke gigi pertama, injak pedal gas, dan belokkan kemudi ke kanan. Sahabat Dream bisa menggunakan teknik hand to hand dalam memutar kemudi.

Sedangkan pada Teknik U Turn, umumnya lebih mudah dilakukan dibandingkan three point turn karena dengan u turn, Sahabat Dream bisa putar balik secara langsung. Teknik ini adalah cara putar balik mobil yang benar jika ingin ke jalur yang berlawanan arah daripada sebelumnya.

 

Untuk melakukan teknik ini, sahabat Dream harus memepetkan mobil lebih ke pembatas jalan lalu atur transmisi ke gigi pertama. Jangan terburu menginjak pedal gas, hentikan dulu pergerakan mesin dengan menginjak rem dan pedal kopling, baru jalankan ketika jalan memang sudah aman untuk dilintasi.

Kemudian, lepaslah rem secara perlahan lalu belokkan kemudi dengan baik. Perhatikan juga kendaraan kecil seperti sepeda motor yang ada di sebelah kanan posisi kendaraan kita.

Tanda U Turn

Selain teknik cara putar balik mobil yang benar, sahabat Dream juga harus memperhatikan sekeliling supaya berkendara tetap aman, terlebih di jalan yang ramai. Pertama, harus memastikan bahwa jalan putar balik yang akan dilewati memang diperbolehkan untuk putar balik.

 

Kedua, pastikan menyalakan lampu sign untuk memberi tanda ke pengendara di belakang atau depan. Nyalakan lampu sign sesuai dengan arah ke mana akan berbelok.

Ketiga, perhatikan ruang ketika akan putar balik, apakah cukup atau tidak. Biasanya, ketika akan putar balik ke wilayah jalan yang berkebalikan dengan arah semula, pasti akan banyak pengendara lain yang juga akan berbelok.

Tetaplah tertib dan patuhi aturan lalu lintas, serta bersabar menunggu giliran untuk maju agar berkendara menjadi lebih aman, nyaman, dan menyenangkan bagi diri sendiri dan orang lain di sekitar kita.

(Sumber: Asta Daihatsu Motor)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP