Setang Motor Suka Goyang? Coba Cek 6 Komponen Ini

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Sabtu, 13 Juli 2019 07:30
Setang Motor Suka Goyang? Coba Cek 6 Komponen Ini
Setang yang goyang bisa membahayakan kamu, lho.

Dream – Ketika mengendarai motor, pernahkah kamu merasa setang motor tidak stabil dan goyang? Kondisi ini sangat berisiko terutama jika kamu termasuk pengendara yang sering memacu kecepatan sangat tinggi.

Setang goyang tentu membahayakan keselamatan pengendaranya.

Dikutip dari Honda Cengkareng, Sabtu 13 Juli 2019, penyebab setang tidak stabil beragam. Namun biasanya setang motor goyang terjadi karena tunggangan kamu pernah jatuh atau terlalu sering “ menghajar” jalan berlubang.

Kalau setang motor terasa goyang, ada enam komponen yang harus kamu periksa.

1 dari 5 halaman

Kondisi Ban dan Pelek

Cobalah untuk memeriksa kondisi ban motor. Perhatikan apakah sisi-sisi permukaan ban rata atau tidak. Cek juga tekanan angin, apakah sesuai dengan ukuran?

Yang terakhir, kamu bisa memeriksa tambalan ban. Tambalan yang kurang baik bisa menimbulkan benjolan. Segera ganti kalau menemukan tambalan yang menimbulkan benjolan karena bisa membahayakan pengemudi kalau motor dikendarai.

2. Velg

Jangan lupa memastikan kondisi velg motor untuk memastikan bagian yang bengkok atau tidak. Kamu bisa memeriksanya dengan menegakkan motor menggunakan standar dua. Lalu, putar dan perhatikan gerakan roda.

Kalau ada yang goyang, artinya pelek ada yang bengkok. Kalau ada yang retak, segera ganti dengan velg baru.

2 dari 5 halaman

Periksa Juga Bearing Roda dan Komstir

Bearing roda ada di tengah roda dan berhubungan langsung dengan “ organ” motor. Periksa bearing roda apakah ada bantalan peluru yang pecah atau tidak. Kamu bisa memeriksanya dengan menggoyang roda ke kiri dan ke kanan.

Kalau sudah rusak, jangan menunda untuk mengganti dengan bearing roda yang baru. 

4. Komstir

Di motor, komstir ada di sumbu antara segitiga garpu depan dan rangka motor. Komponen itu bertujuan untuk mengendalikan sepeda motor.

Usia pemakaian yang sudah lama akan berakibat komstir susah digerakkan dan kasar. Kerusakan komstir ini biasanya disebabkan oleh mangkok-mangkok dan bola-bola besi yang telah aus. Sebaiknya, kamu menggantinya dengan yang baru.

3 dari 5 halaman

Jangan Lupakan Shockbreaker dan Segitiga Dudukan Setang

5. Shockbreaker

Fungsi penting shockbreaker di antaranya adalah menyerap kejutan dari permukaan jalan yang tidak rata atau bergelombang. Tujuannya agar membuat pengendara merasa nyaman ketika menjalankan sepeda motor. Shockbreaker juga berfungsi untuk meningkatkan daya cengkram roda terhadap jalan.

Tabrakan dan bekas jatuh biasanya menghampiri rusaknya shockbreaker ini sehingga posisi shockbreaker tidak presisi atau lurus. Penyebab lainnya yaitu karet bantal shockbreaker tidak solid.

 

6. Segitiga Dudukan Stang

Periksa segitiga dudukan stang motor yang menghubungkan antara setang dengan shockbreaker. Biasanya sering terjadi ketidaksejajaran antara garpu kiri dan kanan.

Untuk mengetahuinya dapat dilakukan dengan cara meluruskan pada tempat yang rata atau datar dengan mengukur menggunakan fuller. Apabila ditemukan ketidaksejajaran sebaiknya bawa segitiga tersebut ke tukang press untuk diperbaiki.

4 dari 5 halaman

Terkuak, Manfaat Tersembunyi Jalu Setang Motor

Dream – Banyak hal yang menjadi pertimbangan sebelum merancang sepeda motor. Selain memiliki performa yang mumpuni, kendaraan roda dua ini harus tetap nyaman.

Nah, kenyamanan ini dibentuk dari berbagai komponen pada sepeda motor, terutama di setang motor.

Dilansir dari Otosia, Kamis 21 Juni 2018, setang motor ini menjadi bagian lain yang kerap disentuh pengguna, selain jok dan pijakan kaki. Ada satu bagian di setang motor yang penting namun sering terlupakan, yaitu jalu setang.

 

 Jalu setang

 

Jalu setang ini merupakan sepasang besi yang berbentuk tabung. Jalu setang memegang peranan penting ketika berkendara, lho.

5 dari 5 halaman

Fungsinya Jalu Setang

Bagian sepeda motor ini bisa menyerap getaran yang terjadi akibat jalanan yang tidak rata dan perputaran mesin. Selain itu, komponen ini juga berfungsi sebagai penyeimbang.

Makanya, bahan jalu setang ini terbuat dari besi utuh. Ukuran dan bobotnya juga bervariasi sesuai dengan kapasitas dan dimensi sepeda motor.

Jadi, pikir-pikir lagi, ya, sebelum melepas jalu setang.

(Sah)

Beri Komentar
Adu Akting dengan Betari Ayu, Alvin Faiz Ceritakan Respon Sang Istri