Siasat Agar Pemesan Avanza-Xenia Terbaru Tak Lari ke Kompetitor

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 25 Februari 2019 17:45
Siasat Agar Pemesan Avanza-Xenia Terbaru Tak Lari ke Kompetitor
Toyota kirim 'surat cinta' ke Daihatsu soal New Avanza.

Dream - Toyota meminta Daihatsu untuk memproduksi 10 ribu unit New Avanza. Diperkirakan kuota itu bisa dipenuhi, namun secara bertahap.

" Dia (Toyota) dapat (pemesanan) 10 ribu unit. Daihatsu dapat (produksi) 8 ribuan," kata Marketing Director Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra di Jakarta, Senin 25 Februari 2019.

Daihatsu siap memenuhi kebutuhan Toyota. Tapi itu dilakukan secara bertahap. " Karena baru, kami akan memenuhi kebutuhan secara bertahap," tegas Amelia.

Sejak diluncurkan awal 2019, New Avanza-Xenia yang mendapat sentuhan penyegaran pada tampilan eksterior dan interiornya, diklaim mendapat respon positif pasar.

Banyak pemesanan membuat Toyota dan Daihatsu agak kewalahan. Tentu di tengah persaingan tentu keduanya tak ingin mengecewakan konsumen dengan inden yang lama. Agar konsumen tidak berpaling ke merek lain.

Sekadar informasi, Avanza-Xenia adalah satu satu model yang diproduksi Asta Daihatsu Motor. Selain itu, ada juga beberapa model 'kembar' lainnya; Agya-Ayla, Sigra-Cayla dan Rush-Terios.

1 dari 2 halaman

Cuma Facelift, Seberapa Laku Xenia Terbaru?

Dream - Langkah Daihatsu menghadirkan wajah baru Xenia membawa kabar baik bagi penjualan perusahaan. Hingga satu bulan usai dirilis ke pasar, Xenia dengan perubahan minor (facelift), telah laku terjual sampai ribuan unit. 

Daihatsu optimistis Xenia bisa melanjutkan dominasinya di pasar Low MPV (Multi Purpose Vehicle) Tanah Air.

Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra mengungkapkan total pemesanan Xenia facelift periode 15 Januari-11 Februari 2019 berdasarkan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) telah menembus 3.726 unit. 

" Responnya sangat baik," kata Amelia dalam pesan singkat kepada Dream, Rabu 13 Febuari 2019.

Dari total pemesanan tersebut, Xenia varian 1.3 R menjadi model paling laris dengan kontribusi mencapai 63 persen. Disusul Xenia tipe 1.3 X sebesar 28 persen.

Sementara varian baru Xenia, yakni 1.5 R baru menyumbang 9 persen dari total pemesanan kendaraan.

2 dari 2 halaman

Wow! Inden New Avanza Sampai Dua Bulan

Dream – Belum lama diluncurkan, Toyota New Avanza sukses menyedot perhatian masyarakat. Perusahaan otomotif ini mengantongi ribuan pesanan dari masyarakat.

“ Dalam dua minggu sejak launching, kami mendapatkan 4 ribu pesanan,” kata Executive General Manager PT Toyota Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto, di Jakarta, ketika dihubungi Dream, Minggu 17 Februari 2019.

Soerjo mengatakan mobil New Avanza yang paling diminati adalah tipe 1.3 G MT. Untuk pemesanan, kata dia, masa inden pembelian mobil ini bervariasi. Rata-rata sebulan.

“ Tapi, ada yang sampai dua bulan, tergantung tipe dan warna,” kata Soerjo.

Soerjo mengatakan jumlah pemesanan selama dua minggu itu sesuai dengan ekspektasi. Oleh karena itu, pihaknya bekerja sama dengan pabrikan untuk memasok mobil ke diler.

“ Oleh karena itu, kami terus bekerja sama dengan pabrikan supaya bisa menambah pasokan ke diler-diler kami dengan segera,” kata dia. 

Beri Komentar
Bukan Pertama Kali, Ini Deretan Kebrutalan Anjing Milik Bima Aryo