Tunggu 20 Menit Sebelum Pasang Aki Baru Motor, Ini Alasannya

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 14 Maret 2019 19:15
Tunggu 20 Menit Sebelum Pasang Aki Baru Motor, Ini Alasannya
Aki sudah uzur dan soak tentu harus diganti. Tapi jangan langsung dipasang ya.

Dream – Aki atau accu sangat penting dan diperlukan kendaraan bermotor. Kondisi aku yang soak bisa membuat sistem kelistrikan di kendaraan bermotor terganggu. Parahnya, mobil atau motor kamu bisa mogok di jalan

Ketika merasa aki sudah lemah, pemilik kendaraan bermotor biasanya akan mengisi ulang dayanya. Ini dilakukan kalau kondisinya masih layak untuk digunakan.

Teknik ini tentu saja dilakukan jika kondisi aki masih baik. Kalau sudah uzur, satu-satunya pilihan adalah mencopot aki dan menggantinya dengan yang baru.

Ketika membeli aki baru, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak diketahui oleh pemilik motor agar yang dibeli tidak cepat rusak.

Dikutip dari Suzuki, Kamis 14 Maret 2019, tunggulah aki sampai 20 menit sebelum dipasang ke motor. Hal ini bertujuan agar cairan elektrolit bisa meresap ke seluruh bagian aki.

1 dari 1 halaman

Mengapa?

Ada reaksi kimia yang berlangsung sesaat setelah cairan itu bertemu komponen di aki. Tujuannya agar cairan elektrolit ini bisa bekerja dengan sempurna terlebih dahulu dan lebih awet setelah terpasang.

Kalau langsung dipasang, dikhawatirkan proses peresapan cairan elektrolit belum berlangsung baik. Nah, kondisi ini membuat aki berisiko rusak dan berumur pendek.

Tapi, ini berlaku untuk pemilik motor yang memakai aki kering tipe MF atau maintenance free yang memakai cairan, terutama beberapa jenis aki yabg baru dicampur airnya sesaat akan dipasang.

Jenis aki kering tipe MF dengan gel bisa langsung dipasang ke motor karena gel sudah terisi dari pabrikannya.(Sah)

Beri Komentar
Alasan Nada Zaqiyyah Terjun Sebagai Desainer Fashion Muslim