Survei: Materi Kursus Mengemudi Sudah Ketinggalan Zaman

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Sabtu, 6 Juli 2019 14:03
Survei: Materi Kursus Mengemudi Sudah Ketinggalan Zaman
Agar lancar menyetir, ada beragam instansi yang menawarkan kursus mengemudi.

Dream – Seberapa banyak kamu ingat materi kelas mengemudi? Jika jawabannya tidak banyak, artinya kamu tak sendirian.

Dikutip dari Carscoops, Senin 8 Juli 2019, studi yang diadakan Volvo dengan Harris Poll menyebutkan, sebagian besar orang Amerika berpandangan sekolah mengemudi suram.

Dikatakan ada 2 ribu orang memiliki SIM yang menanggapi survei. Ada 52 persen responden mengatakan pendidikan pengemudi sudah ketinggalan zaman dan 60 persen menilai tes mengemudi dirancang untuk lulus.

Ada 28 responden yang mengatakan menghabiskan waktu kurang dari 20 jam di belakang kemudi sebelum mengambil tes mengemudi.

Sementara, di negara-negara lain, kata Volvo, rata-rata pengemudi memerlukan waktu 46 jam di balik setir dan ada juga yang mengambil waktu di bawah 40 jam sebelum tes menyetir.

Tak terlalu mengejutkan bahwa kebanyakan orang tidak belajar tentang praktik berkendara yang aman dari sekolah mengemudi.

Ada 51 persen responden mengatakan orangtua dan wali mereka mengajarkan cara berkendara mobil dengan aman.

1 dari 5 halaman

5 Gaya Mengemudi Pengendara Mobil di Jalanan, Kamu yang Mana?

Dream – Kebutuhan mobil di Indonesia terus meningkat seiring bertambahnya masyarakat kelas menengah baru. Selain lebih aman dan nyaman dibandingkan naik sepeda motor, harga mobil kini juga semakin terjangkau.

Pembelian mobil yang meningkat sudah pasti akan menambah jumlah mobil di jalan. Tentu saja kondisi jalan akan semakin ramai.

 Mengemudikan Kendaraan Saat Mudik, Baca Doa Ini© MEN

Munculnya pemilik mobil baru tentu membuat tipe pengemudi semakin beragam. Kini kita juga sering melihat banyak perempuan yang berani mengemudikan mobil.

Setiap pengemudi tentu puya style sendiri saat berkendara. Nah, tipe-tipe pengemudi apa saja yang sering ditemui di jalan?

Berikut ini rinciannya, dikutip dari Top 1 Indonesia, Senin 28 Januari 2019.

2 dari 5 halaman

Kalem, Pemarah, Pembalap

Tipe Kalem

Tipe pengemudi ini biasanya pribadi yang sangat santai dan selalu mematuhi aturan lalu lintas dengan benar. Jarang memutar musik lebih sering mendengarkan radio.

Pengemudi ini selalu memakai sabuk pengaman, jarang berbicara, dan selalu fokus. Pengemudi ini juga selalu tahu dan punya insting yang bagus terhadap seluruh jalan tikus.

 Saudi Denda Pengemudi yang Selfie© MEN

Tipe Pemarah

Pengemudi ini cenderung marah-marah di jalan. Dia selalu menganggap semua mobil itu menghalangi jalannya dan selalu merasa paling benar.

Biasanya orang-orang ini selalu cenderung emosi saat berkendara terutama ketika jalanan sedang macet. Tipe ini juga sering dilakukan adalah berteriak bahkan kadang merendahkan pengemudi lain.

Tipe Pembalap

Kamu akan sering menemukan pengemudi bertipe ini ketika kamu sedang di jalan tol. Mereka biasanya selalu berusaha menjadi yang terdepan dengan selalu tancap gas paling pol.

Tipe ini selalu ingin buru-buru dan dianggap keren sama pengemudi lain. Yang paling parah, tipe ini suka menutup celah jalur demi mencegah pengemudi lain tidak menyusulnya.

3 dari 5 halaman

Bijaksana dan Anak Kekinian

Tipe Bijaksana

Tipe ini hampir sama dengan tipe kalem. Akan tetapi, dia ini lebih ke orang yang selalu menghindar dan selalu dibalap dengan pengemudi lain.

Misalnya, ada pengemudi yang sengaja bikin dia marah, tapi dia selalu santai aja karena merasa bahwa itu membuang waktu aja. Jadi, daripada kena masalah, lebih baik tipe ini menghindarinya.

 Keluarga di Saudi Bakal Rekrut Besar-besaran Sopir Wanita© MEN

Tipe Anak Kekinian

Nah kalau tipe ini biasanya diisi oleh para milenial yang baru bisa belajar naik mobil. Mereka ini suka sangat sibuk di dalam mobil.

Tipe anak kekinian sering mendengarkan musik, memeriksa media sosial ketika macet, dan sering menelepon temannya (bahkan video call). Tipe iti selalu ingin mengalihkan perhatiannya sehingga selalu merasa nyaman dan enjoy. 

4 dari 5 halaman

Camkan Pesan Guru Les Mengemudi Ini Jika Ingin Selamat

Dream – Memilih tempat parkir mobil yang layak dan aman cukup sulit untuk dilakukan. Apalagi, memarkir mobil di daerah yang padat penduduk.

Tak jarang pemilik kendaraan memilih untuk memarkir mobil di pinggir jalan umum atau parkir liar yang minim penjagaan.

Makanya, pengawasan sekitar area sebelum memacu mobil juga perlu dilakukan. Sebab, pemilik mobil tak mengetahui secara benar keadaan sekitar tanpa melihatnya terlebih dahulu.

Seperti yang dilansir dari akun Instagram @satlntaszamannow, Sabtu 19 Januari 2019, ada blind spot setelah pengemudi berada di dalam mobil. Pengemudi juga disarankan memeriksa sekeliling kendaraan.

 Kamu perlu berkeliling agar bisa tahu kondisi sekeliling mobil. © Akun Instagram @satlantaszamannow

(Sumber: Akun Instagram @satlantaszamannow)

Di video yang diunggah, terlihat seorang wanita hendak memacu kendaraannya. Lalu, dia teringat pesan guru mengemudi yang mengingatkan untuk mengelilingi mobil terlebih dahulu.

Dengan berkeliling, pengemudi tahu kondisi di sekeliling mobil. Benar saja, setelah berkeliling, pengemudi menemukan anak kecil sedang merunduk di depan mobil. Untung saja, mobil belum dinyalakan.

(Sumber: Liputan6.com/Dian Tami Kosasih)

5 dari 5 halaman

Ini Videonya

      View this post on Instagram

Bener banget ini gaes.. Jadi seharusnya.. 我们必须在驾驶机动车之前检查车辆。因为我们不知道车辆周围是什么。 不要让我们的无知对他人造成伤害,而是让我们陷入新的问题 我们必须在驾驶机动车之前检查车辆。因为我们不知道车辆周围是什么。 不要让我们的无知对他人造成伤害,而是让我们陷入新的问题 我们必须在驾驶机动车之前检查车辆。因为我们不知道车辆周围是什么。 不要让我们的无知对他人造成伤害,而是让我们陷入新的问题 我们必须在驾驶机动车之前检查车辆。因为我们不知道车辆周围是什么。 不要让我们的无知对他人造成伤害,而是让我们陷入新的问题..

A post shared by SATLANTAS ZAMAN NOW (@satlantaszamannow) on 

Beri Komentar
Wajah Tegar BCL Saat Antarkan Jenazah Ashraf Sinclair