Sudah Beli Mahal, Tapi Fitur-Fitur Mobil Ini Jarang Dipakai

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 15 Oktober 2021 13:13
Sudah Beli Mahal, Tapi Fitur-Fitur Mobil Ini Jarang Dipakai
Kan sayang…

Dream – Sebuah studi terbaru dari J.D Power menunjukkan hal yang mengejutkan. Rupanya, banyak pemilik kendaraan baru yang tidak berminat menggunakan sebagian teknologi terbaru di mobilnya.

Dikutip dari Carscoops, Jumat 15 Oktober 2021, studi “ J.D. Power 2021 US Tech Experience Index” menemukan ada 1 dari 3 teknologi canggih yang jarang digunakan oleh pengemudi mobil. Kurang dari 50 persen menggunakannya pada 90 hari pertama usai memboyong mobil ke rumah.

Kemudian, ada 61 persen responden yang tak pernah menggunakan teknologi digital di kendaraan dan 51 persen menyebut tidak membutuhkannya.

Director Of Human-Machine Interface at J.D. Power, Kristin Kolodge, mengatakan peningkatan teknologi membuat harga kendaraan semakin melejit. Kolodge mengatakan itu akan baik-baik saja kalau pemilik kendaraan bisa menikmati nilai yang didapatkan dari teknologi itu.

“ Tapi, ada beberapa fitur yang tampak seperti pemborosan bagi banyak pemilik mobil,” kata dia.

1 dari 4 halaman

Fitur Apa Saja yang Jarang Digunakan?

J. D. Power menemukan fitur canggih yang jarang digunakan adalah ground view camera dan camera rear view mirror. Padahal, teknologi ini paling banyak ditemukan di mobil-mobil baru.

Teknologi yang jarang digunakan adalah interior gesture control. Disebutkan ada 41 masalah yang ditemukan dari fitur ini dari 100 kendaraan.

Selanjutnya, fitur yang memberikan kepuasan tersendiri adalah teknologi penggerak satu pedal di beberapa mobil listrik. Pemilik kendaraan hanya menemukan 8 masalah dari 100 kendaraan.

Sekadar informasi, studi ini berdasarkan respons dari 110.827 pemilik kendaraan pada 2021 di Amerika Serikat, setelah 90 hari pemakaian kendaraan. Studi ini juga mempertimbangkan tingkat adopsi teknologi baru untuk setiap brand.

Kajian tersbeut juga menelaah seberapa banyak pemilik kendaraan menyukai teknologi yang disematkan di mobil mereka.

2 dari 4 halaman

Mau Beli Mobil, Perhatikan 4 Hal Ini

Dream – Program pemotongan PPnBM 0 persen untuk kendaraan bermotor berlaku mulai Maret-Mei 2021. Kebijakan ini membuat masyarakat mulai memperhitungkan untuk membeli dan mengganti kendaraannya.

" Banyak hal perlu dipertimbangkan ketika hendak membeli mobil baru," kata Assistant to Sales Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales, Sukma Dewi, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis, Rabu 24 Maret 2021.

 

© Dream

 

Sukma mengatakan, ada beberapa tips yang bisa digunakan saat memilih mobil yang hendak dibeli. Pertama, menyesuaikan dengan kebutuhan. Membeli mobil perlu disesuaikan dengan kebutuhan.

Misalnya, jika membutuhkan mobil dengan desain tangguh dan bisa digunakan di berbagai medan, dia menyarankan XL7. Namun, jika ingin bepergian bersama keluarga, kamu bisa memilih All New Ertiga.

3 dari 4 halaman

Sesuaikan Anggaran

Kedua, menyesuaikan dengan anggaran. Pilihlah mobil yang harganya sesuai dengan anggaran yang sudah disiapkan, sehingga perencanaan keuangan keluarga tetap terjaga.

Ada beberapa mobil Suzuki yang harganya bisa dipertimbangkan, seperti XL 7 Rp224,05 juta-Rp259,2 juta, All New Ertiga Rp199,4 juta-Rp241,35 juta, APV Rp160,5 juta-Rp238 juta, New Ignis Rp175,5 juta-Rp204,5 juta, dan SX4 S-Cross Rp302 juta-Rp317 juta.

Ketiga, informasi pendukung dan diler resmi terdekat. Informasi pendukung seperti program promosi, test drive, harga jual kembali, dan ketersediaan layanan purnajual seperti servis, penggantian dan pembelian suku cadang, serta perawatan kendaraan. Ini menjadi hal yang penting saat akan membeli mobil.

Selain itu, jaringan diler dan bengkel resmi juga perlu diperhitungkan agar lebih mudah mendapatkan layanan.

4 dari 4 halaman

Perhatikan Momen

Keempat, perhatikan momen ketika membeli mobil. Hal yang perlu diperhatikan saat hendak membeli kendaraan adalah momentum yang bisa mendatangkan keuntungan, seperti awal tahun, akhir tahun, atau momen besar lain yang menawarkan banyak promosi.

Saat ini, dengan adanya kebijakan PPnBM 0 persen dari Pemerintah, adalah salah satu momen yang tepat karena harga kendaraan turun, termasuk XL7 dan All New Ertiga. Selain itu, adanya program promosi dari Suzuki Finance berupa potongan angsuran sebanyak 3x dan gratis asuransi banjir semakin menguntungkan konsumen yang hendak membeli mobil Suzuki.

“ Memilih kendaraan memang perlu pertimbangan dalam banyak aspek, baik untuk penggunaan pribadi ataupun bisnis. Saat ini, dengan adanya pemotongan PPnBM serta program promosi Suzuki berupa gratis angsuran 3x serta gratis asuransi banjir, menjadi waktu yang terbaik bagi konsumen untuk mendapatkan keuntungan maksimal saat membeli mobil,” kata dia.

Beri Komentar