Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Suhu Mobil Tiba-tiba Naik, Mungkin Ini Penyebabnya

Suhu Mobil Tiba-tiba Naik, Mungkin Ini Penyebabnya Pernah Mengalami Tiba-tiba Suhu Mobil Naik Ketika Sedang Berkendara?

Dream – Pernahkah kalian mengalami suhu di mobil mendadak naik? Terkadang beberapa di antara kita merasa bingung mencari penyebab dan bagaimana cara mengatasinya.

Dikutip dari Daihatsu, Jumat 16 November 2018, ada tiga penyebab suhu mobil naik. Yang pertama adalah radiator. Kondisi radiator yang tak baik bisa menyebabkan suhu mobil memanas. Kondisi radiator yang tak baik ini seperti bocor dan tersumbat.

Kondisi radiator juga dipengaruhi oleh air radiator yang digunakan. Banyak orang yang mengganti cairan radiator dengan air sumur, air tanah, dan air mineral biasa. Ketiga cairan tersebut mengandung logam dan mineral yang memicu penyumbatan, sehingga mesin berpotensi untuk cepat panas.

Selain itu, naiknya temperatur juga dipicu oleh kipas radiator yang tidak bekerja dengan baik. Kipas radiator yang macet, melemah, switching yang rusak, dan bahkan mati bisa berbahaya bagi keadaan suhu mobil kamu.

Ke dua, oli. Ternyata, kualitas oli juga dapat memengaruhi temperatur mobil. Oli yang bermutu rendah tidak akan tahan terhadap panas mesin mobil sehingga oli akan menguap.

Kemudian, menguapnya oli mengakibatkan mobil kehilangan intensitas pelumas dan komponen yang bergesekan akan menimbulkan panas yang berlebihan. Tak hanya kualitas oli, kebocoran wadah dan selang oli juga bisa mengakibatkan oli berkurang secara drastis.

Ke tiga, tali kipas atau V-belt. Tali kipas pada mobil juga berperan untuk menjaga suhu mobil. Kalau tak bekerja maksimal, panas mobil susah direduksi.

Apa akibatnya kalau suhu mobil naik?

Beberapa komponen mobil, seperti kop silinder bisa bengkok, piston berpotensi macet, serta bantalan mesin dan silinder mesin dapat jadi cacat. Selain itu, freon AC juga bisa-bisa terkuras habis karena suhu mobil yang terlampau panas.

Lalu, Harus Bagaimana?

Jangan khawatir. Kamu bisa menerapkan beberapa langkah untuk mengatasi naiknya temperatur mobil. Untuk mengatasi radiator yang bocor atau berkaratnya selang, kamu tentunya harus mengganti komponen-komponen yang terdapat dalam radiator. Bahkan kalau perlu, kamu harus mengganti radiator secara keseluruhan.

Kemudian, gunakanlah air radiator yang tepat seperti air sulingan AC atau air kemasan. Bahkan, kamu bisa menggunakan cairan coolant radiator. Setelah itu, jangan lupa untuk mengganti air radiator secara berkala.

Langkah berikutnya adalah dengan memilih oli yang berkualitas bagus. Kamu dianjurkan untuk membeli oli di tempat resmi dan terpercaya. Kalau selang oli bocor, maka Sahabat perlu membawanya ke bengkel terdekat.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Beli Mobil Bekas Buat Istri, Baru Pakai Sebulan Banyak Kejadian Aneh, Puncaknya Makhluk Seram Berbau Busuk Duduk di Belakang

Beli Mobil Bekas Buat Istri, Baru Pakai Sebulan Banyak Kejadian Aneh, Puncaknya Makhluk Seram Berbau Busuk Duduk di Belakang

Setelah sebulan membeli, Syuhada mulai mengeluh kepada suaminya tentang beberapa kejadian aneh yang melibatkan mobil tersebut.

Baca Selengkapnya
Brak! Iring-iringan Mobil Anies Baswedan Tabrakan Beruntun di Madura, 4 Mobil Ringsek

Brak! Iring-iringan Mobil Anies Baswedan Tabrakan Beruntun di Madura, 4 Mobil Ringsek

Iwan memastikan Anies dalam keadaan baik-baik saja dan terhindar dari kecelakaan.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
BUNGKUS! THIS OR THAT

BUNGKUS! THIS OR THAT

Kalau Sahabat Dream berada di antara dua pilihan ini, kalian akan pilih tim yang mana?

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! Tipe-Tipe Makan Bareng Teman

BUNGKUS! Tipe-Tipe Makan Bareng Teman

Acara makan paling asyik bareng teman-teman. Nah, kalau sedang ngumpul begini, ada yang bergaya seperti Dreamitie yang satu ini nggak sih?

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Prinsip Kerja

NOTED KAK! Prinsip Kerja

Sahabat Dream, ada gak sih yang bekerja dengan prinsip ini? Kalau kamu prinsip kerjanya seperti apa?

Baca Selengkapnya