Tak Puas Tampil Biasa! Sedan Supercar Rp9 Miliar Ini Punya 6 Roda

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 5 Desember 2019 10:36
Tak Puas Tampil Biasa! Sedan Supercar Rp9 Miliar Ini Punya 6 Roda
Unik banget, ya, desainnya?

Dream - Pernahkah kamu mendengar roda enam? Jumlah roda ini memang hal normal jika digunakan sebuah kendaraan model truk. Namun bagaimana sedan dibuat memiliki roda enam buah.

Ide nyentrik inilah yang dipakai Convini 6SW. Mobil ini menjadi supercar pertama yang memiliki roda enam buah dan legal melintas di jalan.

Dikutip dari Zing, Kamis 4 Desember 2019, model ini dirilis pada 2008. Kala itu, mobil ini menyedot perhatian banyak media. Kini, hanya sedikit orang yang ingat mobil mewah Italia.

Convini ini adalah salah satu merek supercar di Italia. Meskipun telah dirilis sejak 10 tahun yang lalu, ada saja konsumen yang tetap memesan mobil ini melalui situs perusahaan. Model 6SW standar dibanderol seharga US$650 ribu (Rp9,17 miliar).

Mobil ini memiliki dua tambahan roda untuk meningkatkan area kontak roda depan dan meningkatkan dan mendongkrak traksi. Ini bertujuan untuk membuat mobil menjadi lebih stabil. Memiliki enam roda berarti punya rem yang lebih banyak. Ini juga membuat performa pengereman menjadi lebih baik.

Mesin yang digendong adalah V8 berkapasitas 4,2 liter. Mesin ini bisa menyemburkan kekuatan 500 hp. Mobil ini memiliki transmisi manual 6 kecepatan atau semi otomatis 6 kecepatan.

Sebenarnya, ada juga mobil lain yang memiliki desain roda enam, yaitu Ford Seattle ite XXI. Mobil ini diperkenalkan Ford pada 1962.

1 dari 6 halaman

Sekilas Mirip Lamborghini, Supercar Ini Dibuat dari `Sampah`

Dream – Di pameran otomotif, biasanya produsen mobil memamerkan deretan kendaraan unggulan. Mulai dari mobil keluarga, kendaraan off road, sampai supercar.

Bicara tentang supercar, ada yang menarik di Tokyo Motor Show yang digelar di Jepang.

Dikutip dari Zing, Selasa 28 Oktober 2019, biasanya supercar diproduksi oleh produsen-produsen ternama, misalnya Ferrari dan Lamborghini. Mobil bernama Nano Cellulose Vehicle (NCV) ini berasal dari material berbahan daur ulang.

 

 

Selain menggunakan baja, plastik, dan serat fiber atau karbon, NCV berselimut material dari daur ulang tanaman atau limbah pertanian. Pelapis ini digunakan untuk panel kendaraan, pintu, convertible, dan bonnet.

Alhasil, “ casing” ini lebih ringan 50 persen dari yang konvensional serta bisa mengurangi bobot kendaraan sebesar 10 persen.

2 dari 6 halaman

Mirip Lamborghini dan Acura

Model mobil ini mirip dengan Lamborghini dan Acura NSX. Mobil ini dibangun oleh keroyokan 22 universitas, institute riset, dan pemasok yang didukung oleh Kementerian Lingkungan Jepang.

 Mirip Lamborghini dan Acura

3 dari 6 halaman

Model `Gunting`

Bodi mobil terlihat impresif dengan chasis rendah, desain garis geomotris yang tegas, serta lampu utama dan taillight yang tajam. Kerennya mobil ini menggunakan pintu gunting.

 Pakai model pintu gunting.

4 dari 6 halaman

Interior yang Elegan

Di bagian interior, terlihat tak begitu menarik, tapi tetap elegan. Misalnya, jok kursi dibalut dengan serat kimono dan dashboard bermotif tumbuh-tumbuhan.

 Desain interiornya.

Sayang seribu sayang, spesifikasi mesin mobil dan lain-lain tak dibeberkan.

5 dari 6 halaman

Supercar Ini Lebih Mahal dari Jet Tempur

Dream - Harga Bugatti Centodieci yang senilai US$8,79 juta (Rp126,22 miliar) benar-benar akan membuatmu berpikir seribu kali. Harga mobil yang selangit ini tentunya menyasar kepada kaum jetset.

Bugatti Centodieci memiliki mesin 16 silinder yang bisa mengeluarkan kekuatan 1.600 hp. Mobil ini bisa melaju 0-124 mil per jam dalam waktu 6,1 detik. Mobil ini bisa digeber dengan kecepatan maksimal 236 mil per jam.

 

Tapi, mengapa harus membeli Bugatti jika kamu bisa mendapatkan pesawat jet tempur dengan harga yang lebih murah?

Dikutip dari Jalopnik, Senin 19 Agustus 2019, sebuah jet F-16 dijual di Palm Beach, California, Amerika Serikat. Harganya senilai US$8,5 juta (Rp120,83 miliar). Sekadar informasi, jet tempur ini keluaran tahun 1980-an.

6 dari 6 halaman

Tak Ramah Lingkungan

Sayangnya tak ada informasi detail tentang iklan penjualan jet yang ditawarkan. Lagipula, pesawat ini tidak ramah lingkungan meskipun tergolong cepat.

Jika berminat membelinya, pembeli bisa saja menaruh di garasi, bila cukup. Atau menyulap jet tempur menjadi restoran tematik di halaman.

Beri Komentar
Indah Permatasari: Karena Mimpi Aku Hidup