Suzuki Jimny Keluaran India Siap Mengaspal, Segera Diekspor

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 24 Desember 2020 16:01
Suzuki Jimny Keluaran India Siap Mengaspal, Segera Diekspor
Pabrik Suzuki di India sudah menyelesaikan tahap pertama Jimny.

Dream – Maruti Suzuki sudah merampungkan produksi batch pertama Jimny tiga pintu untuk pasar global. Sebanyak 50 unit mobil dalam satu jalur dan semuanya dirakit secara completely knock down (CKD).

Dikutip dari Liputan6.com, Rabu 23 Desember 2020, produsen mobil asal Jepang tersebut telah memulai perakitan uji coba Suzuki Jimny sejak awal September di India. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan Suzuki Jimny secara global.

Meskipun tak dikhususkan untuk pasar India, mobil bergenre off-road tersebut kabarnya tengah dikembangkan menjadi lima pintu agar sesuai dengan kebutuhan masyarakat Negeri Bollywood.

Rencananya, Suzuki akan meluncurkan Jimny di India pada akhir tahun depan atau awal 2022, menurut yang dikabarkan Motorbeam.

Meskipun memiliki lima pintu, jantung pacu yang dibenamkan kabarnya sama dengan Suzuki Jimny varian tiga pintu, yakni mesin bensin 1,5 liter K15B yang mampu menghasilkan tenaga hingga 105 Tk.

Mesin tersebut akan dikawinkan dengan manual 5 kecepatan atau otomatis 4 kecepatan dengan sistem penggerak empat roda sebagai standar.

1 dari 3 halaman

Suzuki Jimny Made in India Mulai Uji Jalan

Maruti Suzuki selangkah lagi memasarkan Jimny produksi lokal. Saat ini mereka tengah menguji jalan Suzuki Jimny hasil produksi mereka.

Berdasarkan laporan terbaru dari Gaadiwaadi, Suzuki Jimny telah diuji jalan dan tertangkap kamera di jalanan Manesar, India. Hal ini merupakan proses lanjutan dari penunjukan Maruti Suzuki India untuk dapat memproduksi Jimny lalu memasarkannya secara global.

Seperti yang diketahui, produksi Jimny di Kosai, Shizouka, Jepang benar-benar tidak bisa menuruti permintaan pasar yang begitu besar. Akibatnya inden mobil ini begitu lama. Suzuki Jimny ini merupakan produk rakitan atau CKD yang komponen-komponennya didatangkan langsung dari Jepang.

Namun pihak Maruti berencana untuk meningkatkan kandungan lokal di mobil ini. Mereka mulai melakukan pembicaraan dengan beberapa vendor lokal.

Tak hanya Jimny 3-pintu, Maruti pun diketahui akan mengembangkan versi 5-pintu dengan wheelbase yang lebih panjang.

(Sumber: Liputan6.com/Dian Tami Kosasih)

2 dari 3 halaman

Suzuki Jimny 5 Pintu Bakal Mengaspal Tahun Depan, Harganya?

Dream – Isu Suzuki akan memproduksi model legendaris Jimny 5 pintu sudah santer terdengar. Mobil ini dikabarkan akan meluncur tahun depan.

Dikutip dari Gaadi Waadi, Rabu 7 Oktober 2020, model Jimny ini akan diproduksi di India. Mobil ini juga akan memiliki kabin yang lebih luas daripada model Jimny 3 pintu.

Ada kemungkinan mobil ini akan diekspor. Otosia mencatat mesin yang akan digunakan oleh Jimny 5 pintu adalah mesin bensin 4-silinder 1.5L. Performa yang dihasilkan 104,7 Ps dengan torsi 138 Nm.

 

© Dream

 

Bagaimana dengan harga? Jimny 5 pintu dipredisi dijual dengan harga 800 ribu rupee-1 juta rupee (Rp161,85 juta-Rp202,32 juta).

Selain model 5 pintu, Suzuki akan memproduksi Jimny 3 pintu di India. Semula, mobil hanya ini diproduksi Jepang. Di negeri asalnya ini, kapasitas produksinya mencapai 55 ribu unit per tahun, namun permintaannya terus meningkat sehingga produsen kewalahan.

3 dari 3 halaman

Sulap Suzuki Jimny Jadi Pikap, Biayanya Setara Mobil Baru

Dream – Di pasar otomotif, Suzuki Jimny menjadi primadona. Tak sedikit konsumen yang rela antre demi mendapatkan mobil ikonik.

Malah, ada yang rela menunggu tahunan demi mendapatkan mobil SUV mungil.

Dikutip dari Otosia yang melansir Zingnews.vn, Rabu 6 Mei 2020, hal ini disebabkan oleh terbatasnya produksi Suzuki Jimny. Kini, SUV kecil itu hanya diproduksi di Jepang dengan total per bulan mencapai 5 ribu unit.

Menariknya, kini ada sebuah perusahaan di Inggris, Shropshire Quads yang mengonversikan Suzuki Jimny jadi pikap.

 

© Dream

 

Bukan pikap biasa, perusahaan itu menyulap SUV kecil itu jadi kendaraan pertanian yang fleksibel dan hemat bahan bakar.

Tentunya ada beberapa penyesuaian bentuk dari Jimny itu. Perbedaan yang paling mencolok adalah di bagian bodi. Setengah bodi dan kursi baris kedua dilepas dan digantikan dengan bak baja stainles dengan paduan alumunium.

Tampilannya pun makin nyentrik dengan spakbor di roda belakang, serta tutup tangki di sisi kanan yang menyatu dengan bak baja stainles tadi. Keempat rodanya pun diganti dengan tapak besar yang makin menambahkan kesan mobil pikap pertanian.

Berapa biayanya? Biaya `sulap` Jimny menjadi pikap sebesar US$7 ribu atau Rp106 juta. Berminat?

Beri Komentar