Mobil Hybrid Toyota Made In Karawang Berproduksi Tahun Depan

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 9 April 2021 18:12
Mobil Hybrid Toyota Made In Karawang Berproduksi Tahun Depan
Tak cuma buat kebutuhan dalam negeri, mobil hybrid Toyota buatan Karawang ini juga akan diekspor.

Dream – Toyota Indonesia menargetkan akan memproduksi kendaraan hybrid electric vehicle (HEV) muai tahun depan. Nantinya mobil HEV akan diproduksi di pabrik milik perusahaan di Karawang, Jawa Barat.

“ Tahun 2022, Toyota Indonesia akan memproduksi HEV,” kata Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono, dalam acara " Toyota Indonesia 50th Anniversary – Mobility Happiness for All" melalui akun Youtube Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Jumat 9 April 2021.

Warih mengatakan mobil HEV buatan Karawang ini tidak hanya ditujukan untuk pasar domestik, tetapi juga memenuhi kebutuhan ekspor. Namun, tak dijelaskan mobil apa yang akan diproduksi di pabrik tersebut.

“ Untuk bisnis ekspor, kami akan terus memperluas ke pasar negara-negara yang memiliki FTA (free trade agreement) dengan pemerintah Indonesia,” kata dia.

Sekadar informasi, Toyota telah memperkenalkan teknologi elektifikasi sejak 2009 melalui Prius. Saat ini, Toyota punya line up lengkap di segmen kendaraan elektrfikasi, seperti hybrid, hybrid plug-in, sampai listrik murni.

Model-model kendaraan listrik yang dimiliki Toyotan di antaranya Camry Hybrid, Prius Hybrid, Alphard Hybrid, dan Prius PHEV.(Sah)

1 dari 3 halaman

Diapresiasi Pemerintah

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Toyota. Agus mengharapkan perusahaan ini bisa memberikan lebih banyak kontribusi dalam pengembangan industri kendaraan mobil listrik.

“ Kami berharap semoga di usianya yang memasuki setengah abad, Toyota dapat memberikan kontribusi nyata, khususnya menjadi lokomotif pengembangan industiri otomotif Indonesia yang menuju era baru, yaitu elektrifikasi dan ramah lingkungan,” kata Agus dalam acara yang sama.

Lanjut Agus, pada 31 Maret 2021, Toyota telah meresmikan EV mobility project di Nusa Dua Bali dengan menggunakan armada battery electric sebanyak 25 unit dan plug in hybrid 5 unit. Pemerintah mengharapkan langkah serupa juga dilakukan di destinasi wisata lainnya, termasuk lima destinasi wisata prioritas, seperti Labuan Bajo, Mandalika, Likupang, Danau Toba, dan Candi Borobodur.

“ Ini akan mendorong pasar dalam negeri, membangun ekosistem listrik, dan industrialisasi elektrifikasi yang akan mendukung pencapaian target peta jalan kendaraan bermotor rendah emisi dan ramah lingkungan,” kata dia.

2 dari 3 halaman

Kijang Innova Edisi Terbatas Cuma 50 Unit, Pakai Stiker Emas

Dream – Toyota Indonesia telah berumur 50 tahun. Untuk memperingati hari jadinya, perusahaan ini merilis Toyota Kijang Innova edisi khusus.

“ Kami mempersembahkan Kijang Innova edisi 50 tahun,” kata Vice President Toyota Astra Motor, Henry Tanoto, dalam acara virtual " Toyota Indonesia 50th Anniversary – Mobility Happiness for All" melalui akun YouTube Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Jumat 9 April 2021.

Henry mengatakan mobil ini dibuat terbatas, hanya 50 unit. Yang menarik, ada stiker khusus yang ditempel di mobil. Stiker berwarna emas ini menggambarkan perjalanan Toyota di Indonesia, mulai dari 1977 hingga Kijang Innova `reborn`. 

 

Stiker emas.© Youtube Toyota Motor Manufacturing Indonesia

3 dari 3 halaman

Mengapa Kijang Innova?

Henry menyebut mobil MPV ini diproduksi Toyota dan sesuai dengan kebutuhan Indonesia. Kendaraan ini berkembang dari mobil komersial menjadi penumpang. Tak hanya itu, Kijang Innova tahan banting, nyaman, dan memberikan peace of mind dalam berkendara, kata dia.

“ Kijang Innova mampu merepresentasikan Indonesia,” kata dia.

Emblem 50 tahun Toyota Indoensia.© Youtube Toyota Motor Manufacturing Indonesia

Lanjut Henry, kendaraan Toyota yang diproduksi mulai hari ini, akan dilengkapi emblem khusus untuk memperingati hari ulang tahunnya. “ Sebagai simbol terima kasih yang kami berikan atas kepercayaan masyarakat Indonesia kepada kami selama 50 tahun lamanya,” kata dia.

Beri Komentar