Mobil Mitsubishi Ini Lahir Saat Pandemi Terparah Dunia, Flu Spanyol

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 29 Mei 2020 08:33
Mobil Mitsubishi Ini Lahir Saat Pandemi Terparah Dunia, Flu Spanyol
Ada yang bisa menebak nama mobil ini?

Dream – Di dunia otomotif, nama Mitsubishi Motors tak asing di telinga. Pabrikan asal Jepang ini terkenal sebagai salah satu “ raksasa” otomotif.

Namun, ada satu hal yang tak banyak diketahui orang tentang sebuah mobil yang dikembangkan pabrik Mitsubishi.

Dikutip dari keterangan tertulis Mitsubishi, Kamis 29 Mei 2020, Mitsubishi Model A adalah mobil produksi awal Mitsubishi yang dirancang di Kobe Shipyard, Mitsubishi Shipbuilding Company (kini namanya berganti menjadi Mitsubishi Heavy Industries/MHI). Mobil ini menjadi cikal bakal mobil penumpang modern Mitsubishi Motors.

Purwarupanya dibangun pada 1917 dan rampung pada November 1918. Saat mobil Mitsubishi lahir, dunia sedang dihebohkan pandemi flu spanyol.

Saat itu terdapat beberapa alat dan mesin khusus otomotif. Namun, Model A pertama kali diproduksi secara manual menggunakan palu dan pahat. Bodi mobil terbuat dari kayu yang dipernis dan interior dari kain wol inggris.

1 dari 4 halaman

Catat Sejarah

Dengan tak ada gambar desain untuk bekerja dan sedikit pengetahuan tentang mesin, bensin, bodi mobil, interior, dan pengalaman lain dalam proses produksi, insinyur perusahaan ini bisa mengatasi kesulitan dan bisa menunjukkan bahwa produksi massal mobil adalah sesuatu yang penting.

Pada tahun 1921 Mitsubishi Model A menjadi mobil penumpang seri produksi pertama Jepang dan tercatat sebagai kendaraan yang memiliki makna penting dalam industri otomotif Jepang.

Pada November 2019, Mitsubishi Motors Corporation mengumumkan Model A telah terpilih oleh Japan Automotive Hall of Fame (JAHFA), sebuah lembaga non-profit, sebagai mobil bersejarah – yang menandai keunggulan pada sejarah industri otomotif Jepang. Saat ini, replika dari Mitsubishi Model A, yang dibuat ulang menggunakan arsip dan dokumen lampau, dipamerkan di Mitsubishi Auto Gallery di Okazaki City, Prefektur Aichi.

“ Mitsubishi Model A tidak hanya penting bagi sejarah Mitsubishi Motors, namun juga industry otomotif Jepang. Mitsubishi Motors telah berkomitmen untuk memproduksi mobil dengan kualitas terbaik, memahami preferensi dan kebutuhan konsumen,” kata Director of Product Strategy Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, Ryoichi Inaba.

Kini, perusahaan berlogo tiga berlian memproduksi mobil dengan tiga pilar utama, yaitu SUV, PHEV, dan teknologi terkoneksi. “ (Ini) mampu menjawab kebutuhan konsumen dan tantangan zaman,” kata dia. 

2 dari 4 halaman

Pasar 'Terinfeksi' Covid-19 , Mitsubishi Fuso Tetap Perkasa

Dream - Sektor otomotif tak luput dari dampak virus Covid-19. Pandemi Corona membuat penjualan produk otomotif terjun bebas, tak terkecuali bisnis kendaraan niaga.

" Pandemi ini telah membawa dampak signifikan terhadap perekononian, termasuk bisnis kendaraan niaga," kata Presiden Presiden Direktur PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), Naoya Takai, dalam konferensi pers virtual, Rabu 20 Mei 2020.

 

 © Dream

 

Menurut Takai, penjualan ritel kendaraan niaga untuk semua merek anjlok hingga 36,1 persen year on year selama Januari-April 2020.

3 dari 4 halaman

Penjualan Fuso Turun

Penurunan ini juga terjadi pada penjualan Mitsubishi Fuso. Selama Januari-April 2020, penjualan Fuso melorot 28,3 persen menjadi 9.628 unit.

" Meskipun begitu, kami tetap mendominasi, dengan pangsa pasar 47,8 persen," kata dia.

KTB, tambah Takai, tetap memberikan layanan kepada konsumen selama pandemi.

" Meskipun KTB dan diler menerapkan skema work from home (WFH), konsumen tetap mendapatkan layanan 3S (salesservice, dan sparepart) di tengah keterbatasan. Konsumen bisa menghubungi diler kami serta Fuso Center untuk kemudahan layanan," kata dia.

4 dari 4 halaman

Tawarkan Paket Servis

Untuk memberikan keuntungan tambahan bagi konsumen, KTB juga merilis promo servis. Ada tiga macem paket dengan harga ekonomis, yaitu perawatan ringan, sedang, dan berat.

" Paket servis yang kami tawarkan untuk konsumen ini memang spesial," kata Head of PR and CSR KTB, Dony Hermawan.

Dony mengatakan konsumen akan mendapatkan sparepart dan jasa sampai 25 persen atau mendapatkan sparepart gratis dari setiap paket servis yang dipilih.

" Promo ini juga sangat fleksibel karena berlaku untuk perawatan dan perbaikan kendaraan, baik di lokasi konsumen maupun bengkel resmi Mitsubishi Fuso," kata dia.

Beri Komentar