Tarif Impor Naik, Harga Mobil Mewah Meroket 190 Persen

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 6 September 2018 13:43
Tarif Impor Naik, Harga Mobil Mewah Meroket 190 Persen
Pemerintah berharap impor kendaraan mewah berkurang.

Dream – Pemerintah merevisi tarif pajak penghasilan (PPh) 22 barang impor mewah. Salah satunya adalah mobil mewah.

Setelah tarif impor dinaikkan, harga Lamborghini cs ke Indonesia bisa melesat hingga 190 persen.

Dilansir dari Merdeka.com, Kamis 6 September 2018, harganya naik drastis karena pemerintah juga menaikkan tambahan bea masuk yang sebelumnya 10 persen menjadi 50 persen. Itu juga ditambah dengan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 10 persen.

Pemerintah juga memberlakukan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) antara 10-125 persen. Dengan ada rincian tarif ini, total biaya yang dikeluarkan oleh importir mobil mewah mencapai 190 persen dari harga mobil.

“ Jadi, kira-kira hampir 190 persen dari harganya,” kata Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, di Jakarta.

Sri Mulyani mengharapkan revisi tarif ini bisa mengurangi impor mobil mewah karena harganya hampir tiga kali lipat dibandingkan di luar.

1 dari 3 halaman

Ini Spesifikasi Mobil Mewah

Dream - Menteri Perindustrian, Airlangga Hartanto, mengatakan mobil mewah yang dimaksud adalah mobil yang berukuran kapasitas mesin lebih dari 3 ribu cc.

Pemilik Lamborghini Tinggal di Gang Sempit?© MEN

“ Mobilnya 5 ribu cc kategorinya supercar. Nah, itu sudah pasti. Nggak ada supercar yang tidak mewah. Ya, memang 3 ribu cc ke atas,” kata Airlangga.  (ism)

2 dari 3 halaman

Deretan Mobil Mewah (Bukan) Milik Raffi Ahmad

Dream – Raffi Ahmad terkenal sebagai selebritis yang doyan mengoleksi mobil mewah. Suami Nagita Slavina ini memiliki beberapa tunggangan mewah.

Sebut saja seperti Chevrolet Camaro `Bumblebee` yang harganya berkisar Rp2 miliar-Rp5 miliar, Rolls Royce yang harganya sekitar Rp3,8 miliar. Belum lagi Lamborghini. 

Dia juga sering mengunggahnya ke media sosial. Namun, mobil-mobil yang diunggahnya di jejaring sosial, justru membuat geger.

Yang pertama adalah Koeningsegg. Salah seorang komika, Raditya Dika, mencuit foto dirinya dengan Raffi dan mobil Koenigsegg. Kendaraan ini harganya fantastis, tembus Rp63 miliar.

“ Main ke rumah Kak Raffi lagi. Eh, malah ada mobil mewah Koenigsegg, lebih mahal dari Lamborgini+Roll Royce digabung nih,” cuit Dika di akun resmi Twitter-nya, dikutip Dream, Selasa 17 Oktober 2017.

Koenigsegg© akun Instagram Raditya Dika

Cuitan ini menarik perhatian Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan. Akun resmi DJP meminta dia untuk memberi tahu Raffi agar menambahkan mobil mewah itu di tahun berjalan. Plus, DJP juga meminta Raffi untuk melaporkannya di SPT Tahunan.

“ Tolong bilangin ke Kak Raffi, jika ada penambahakan harta di tahun berjalan, jangan lupa laporkan di SPT tahunan, ya, kak @radityadika,” tulis DJP di akun resmi Twitternya.

Usut punya usut, rupanya mobil itu bukanlah mobil Raffi. Dia berkata mobil itu adalah mobil temannya yang dititipkan kepadanya. Dia juga mendatangi DJP dan berkata kepada Dirjen Pajak, Ken Dwijugiasteadi, untuk mengklarifikasi kabar mobil mahal itu.

“ Yang di Twitter kemarin soal mobil sudah jelas bahwa Raffi adalah bintang iklan dan pemiliknya mobil ini adalah pemilik importir yang selama ini belum laku. Nanti kalau laku, saya minta yang beli tolong dilaporkan di dalam SPT-nya,” kata Ken.

3 dari 3 halaman

BMW Raffi vs Farhat Abbas

Dream - Selain Koenisegg, Raffi juga tersandung mobil mewah BMW i8. Di akun @rafinagita1717, Raffi dan Nagita berpose berwarna mobil mewah berwarna biru.

Pengacara kondang, Farhat Abbas, mendatangi Polda Metro Jaya untuk melakukan cross check terkait dengan foto Raffi dan Nagita bersama BMW i8. Pelat nomor mobil B 3 SAR ini merupakan milik pengusaha bernama Yusuf Hamka. Setelah mengecek, Farhat meminta Raffi meminta maaf sebelum laporan dibuat.

BMW i8© akun Instagram @rafinagita1717

Manajer Raffi, Mira Ahmad, mengatakan bahwa mobil yang dipakai berfoto oleh Raffi dan Nagita itu bukan milik Raffi, melainkan properti syuting.

“ Mobil itu untuk keperluan syuting. Bukan mobil Raffi Ahmad pribadi,” kata dia. (ism) 

Beri Komentar