Sepeda Motor Terpeleset di Jalur Pengisian, Petugas SPBU Langsung Ngacir

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 24 September 2021 10:34
Sepeda Motor Terpeleset di Jalur Pengisian, Petugas SPBU Langsung Ngacir
Kondisi motor hanya terpeleset dan tak sampai terbakar. Sikap petugas yang langsung ngacir melihat kejadian tersebut membuat netizen bertanya-tanya.

Dream – Mengelola sebuah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) memang membutuhkan pengawasan ketat agar keamanan terjaga. Menjual bahan bakar yang mudah terbakar, SPBU memiliki aturan ketat kepada pengendara dan personel yang sedang menggunakan jasa mereka. 

Sikap sigap juga harus dimiliki para pegawai agar terhindari dari musibah kebakaran yang tak diinginkan. Meski memiliki aturan ketat soal keselamatan, jangan sampai menjadi parno ketika menjadi pegawaia SPBU.  

Inilah yang terjadi ketika seorang pengendara motor terkena apes ketika hendak masuk areal SPBU. Di saat kondisi jalanan basah, motor yang dikendarai penumpang itu terjatuh.  

Video musibah yang dialami pengendara motor itu terekam video dan diunggah ulang akun Instagram @agoez_bandz4,. Namun, bukan kemalangan yang menarik perhatian netizen ketika melihat rekaman tersebut.

1 dari 6 halaman

Petugas SPBU Tiba-tiba Lari

Sebelum motor itu datang ke SPBU terlihat seorang petugas yang menjadi pos pengisian paling ujung tengah berjalan mendekati rekannya. Dilihat dari kondisinya, kawasan di dekat SPBU itu baru dilanda hujan sehingga jalanan di dekat pom pengisian ikut menjadi basah.  

Beberapa detik kemudian datang seorang pengendara sepeda motor yang sepertinya hendak membatalkan rencananya mengisi bahan bakar. Namun saat hendak keluar dari pos pengisian, motor tersebut jatuh karena jalan yang licir. 

Kejadian tersebut rupanya dilihat si petugas yang hendak menghampiri rekannya tadi. Ketika tahu sepeda motor terpeleset, petugas itu mendadak langsung lari menjauh. 

Petugas SPBU tiba-tiba lari ketika ada pemotor yang jatuh.© Akun Instagram @agoez_bandz4

" Kenapa lari, bang?" tulis pengelola akun @agoez_bandz4.

 

2 dari 6 halaman

Trauma Atau Sigap?

Sikap petugas SPBU ini menimbulkan banyak pertanyaan dari warganet. Mereka bertanya-tanya apakah si petugas ini punya trauma atau justru sigap untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Sebut saja risiko kebakaran. Ya, SPBU merupakan lokasi yang rentan terbakar. Percikan api bisa saja membuat SPBU ini terbakar.

" Dikira meledak," tulis @bisa_aja_bisnis.

" Dia ambil APAR mungkin kalau sewakti-waktu motor menimbulkan percikan api lalu menyambar. Bapak-bapak ini saya rasa malah sigap," tulis @pamungkasrichy.

" Sigap, bang. Takut ada percikan mungkin ambil APAR," tulis @rayierhmn_.

 

(Sah, Laporan : Delfina Rahmadhani)

3 dari 6 halaman

Viral, Petugas SPBU Salah Isi Mobil Diesel dengan Pertalite

Dream – Kasus salah isi BBM kembali terjadi. Belakangan ini ada sebuah video viral tentang mobil diesel yang salah diisi jenis bahan bakar minyak.

Dikutip dari akun Instagram @viralkak, Selasa 7 September 2021, petugas SPBU salah mengisi mobil diesel dengan pertalite. Menurut keterangan pengunggah video, kesalahan dilakukan petugas SPBU. Diduga petugas itu masih baru.

 

© Dream

 

Sang pengunggah video menyebut petugas SPBU hanya bertanya SPBU hendak diisi berapa, kemudian dijawab isi full tank. Dia mengira petugas ini tahu kalau mobilnya “ minum” dexlite (produk BBM untuk diesel).

4 dari 6 halaman

Baru Sadar

Sang pengunggah mengaku baru sadar salah isi BBM ketika sudah diisi pertalite seharga Rp100 ribuan. Dikatakan pula nozzle dexlite dan pertalite ini bersebelahan.

Alhasil, petugas SBPU lainnya menguras isi tangki BBM mobil diesel itu.

“ Yang ngisiin itu cewek, bukan cowok itu. Itu yang baju merah cuma bantuin buat ngetap tangkinya,” kata sang pengunggah.

5 dari 6 halaman

Harusnya Bilang

Warganet mengkritik sikap pengemudi yang tidak menyebutkan jenis BBM untuk kendaraannya. Mereka menilai tidak semua petugas SPBU hapal semua jenis BBM mobil.

Begitu pula untuk petugas SPBU yang sebaiknya inisiatif bertanya jenis BBM apa yang akan diisikan.

“ Yang ngisi juga harusnya bilang dexlite 200 mbak. Kan enak. Dan petugasnya juga, isi apa, Pak? Kan enak… Hadeehh. Terus itu yang punya mobil nggak bantuin nyedot apa?” tulis @achmad_affandio.

“ Petugas juga tidak hapal semua jenis bahan bakar mobil. Alangkah bijaknya sebagai owner mobil bilang isi full solar. Jangan nganggep semua salah petugas, sedang(kan) kita yang jadi owner yang lebih membutuhkan, santai-santai di dalam AC,” tulis @phun.kersane.

 

6 dari 6 halaman

SPBU Juga Seharusnya Begini

SPBU pun tak lepas dari kritik warganet. Mereka menyarankan nozzle BBM diesel dan bensin dipisah. Dengan begitu, kejadian salah isi bensin tidak lagi terjadi.

“ Lagian nozzle buat pertalite dan dexlite kok bersebelahan. Kalau buat orang baru, yo bingung, gugup mungkin,” tulis @agungarig.

“ Harusnya pompa BBM itu dipisah antara bensin dan solar ya bang,” tulis @ajisugiono.

“ Biasanya kalau di tempat saya dexlite itu beda lokasi sendiri. Kalau pertalite dan pertamax mungkim bisa bersebelahan,” tulis @abiiherdi.

“ Harusnya bensin sama diesel dipisah,” tulis @dit.jz.

Beri Komentar