Tesla Pilih India, Begini Respons BKPM

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 24 Februari 2021 19:43
Tesla Pilih India, Begini Respons BKPM
Pemerintah masih yakin mampu memboyong Tesla.

Dream – Tesla dikabarkan memilih India untuk berinvestasi dalam membangun pabrik baterai kendaraan listrik. Menanggapi kabar ini, pemerintah Indonesia terus melakukan negosiasi untuk bisa memikat produsen kendaraaan itu untuk membangun industri mobil listrik di Tanah Air.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, masih optimistis, pemerintah mampu menarik Tesla ke dalam negeri. Bahlil lantas menceritakan pengalamannya merayu LG untuk bisa berinvestasi di Indonesia.

“ Jadi kalau orang dalam bernegosiasi bisnis, deal-dealan, itu biasa lah pasang surut itu. Dunia belum berakhir, jangan pesimis,” kata Bahlil dalam teleconference, dikutip dari Liputan6.com, Rabu 24 Februari 2021.

“ Barang ini masih jalan terus. Sama dengan saya melakukan negosiasi dengan LG, itu kan pasang surutnya tinggi juga. Satu tahun lebih baru clear,” kata dia.

1 dari 2 halaman

Minta Dukungan

Bahlil mengatakan, proses negosiasi saat ini dikomandoi oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

“ Namun saya ingin menyampaikan begini. Ini kan masih nego, enggak ada yang hengkang. Kalau hengkang itu kan udah tiba langsung pergi, ini masih berproses,” kata dia.

Bahlil pun meminta support agar Tesla pada akhirnya bisa berinvestasi dalam membangun pabrik baterai kendaraan listrik (EV battery) di Indonesia.

Khususnya setelah Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja (UU Cipta Kerja) berhasil diimplementasikan.

“ Jadi doakan saja lah yang terbaik. Dan saya yakinkan bahwa Insya Allah dengan Undang-Undang Cipta Kerja ini akan melahirkan iklim yang lebih baik bagi pengembangan usaha kita dan kemudian membangun persepsi positif,” ujar dia.

(Sumber: Liputan6.com/Maulandy Rizky Bayu Kencana)

2 dari 2 halaman

Lagi PDKT dengan Indonesia, Pabrikan Tesla `Selingkuh` dengan India?

Dream – Tesla Inc berencana membuat pabrik kendaraan listrik di India untuk pertama kalinya. Keputusan membuka peluang pertumbuhan baru setelah menyiapkan pabrik produksi di Tiongkok.

Dikutip dari Bloomberg, Kamis 18 Februari 2021, lokasinya berada di Karnataka, India. Pejabat setempat telah bernegosiasi selama enam bulan dan mempertimbangkan untuk merakit mobil di pinggiran Kota Bangalore, ujar sumber.

Menaggapi hal itu, Tesla tak memberikan komentar dan mengkonfirmasi resmi pernyataan pejabat setempat.

 

© Dream

Diketahui, Tesla sedang mengkaji untuk pembangunan perkantoran di wilayah ini. Tak hanya itu, perusahaan Elon Musk juga berencana untuk membangun fasilitas pusat penelitian dan pengembangan (R&D) di negeri Bollywood itu.

Seorang sumber menyebut Tesla akan fokus di Banglore karena akan menjadi pusat teknologi dan kedirgantaraan. Perusahaan ini juga telah memasukkan unit India dan mendaftarkan kantornya di kota tersebut.

CEO Tesla, Elon Musk, memastikan Tesla akan masuk ke India pada Januari setelah berbulan-bulan berspekulasi. Orang terkaya di dunia ini mencuit “ seperti yang dijanjikan” pada 13 Januari 2021. Cuitan ini menanggapi sebua pemberitaan di blog yang menyebut perusahaan ini akan membuka pabrik di India.

Beri Komentar