Tips Bepergian Aman Naik Bus Saat Momen Akhir Tahun

Reporter :
Rabu, 16 Desember 2020 07:18
Tips Bepergian Aman Naik Bus Saat Momen Akhir Tahun
Di masa new normal seperti sekarang ini, bus bisa jadi pilihan transportasi aman dan juga nyaman untuk bepergian.

Dream - Momen akhir tahun tinggal beberapa hari lagi. Sahabat Dream yang sudah punya rencana bepergian, jangan lupa untuk menyiapkan semua keperluan, mulai dari tiket transportasi, itinerary, dan daftar barang bawaan.

Berbicara soal transportasi, di masa new normal seperti sekarang ini, bus bisa jadi pilihan transportasi aman dan juga nyaman untuk bepergian. Selain tiketnya yang lebih terjangkau, ada banyak rute yang dilayani serta operator bus yang sudah melakukan penerapan protokol kesehatan sesuai peraturan pemerintah.

Nah, agar bepergian akhir tahun Sahabat Dream nyaman dan aman, berikut ada 5 tips nyaman naik bus yang harus ketahui.

Liburan aman saat pandemi© shutterstock.com

1. Pilih operator bus terpercaya

Tergantung kota yang kamu tuju, ada baiknya pilih operator bus terpercaya. Hal ini untuk memastikan bahwa bus yang kamu naiki layak beroperasi, rutin di inspeksi dan aman untuk dinaiki.

Selain itu, demi keamanan dan keselamatan selama new normal, pilihlah operator yang sudah menjalankan protokol kesehatan, seperti DAMRI misalnya. Kamu bisa pesan tiket DAMRI untuk bepergian nyaman karena dalam rangka perjalanan Natal dan tahun baru, DAMRI akan menyediakan ‘Bus Sehat’ untuk berbagai rute yang operasionalnya mengedepankan penerapan protokol kesehatan ketat.

Jadi kamu tak perlu was-was saat naik bus karena bus rutin didisinfeksi, pramudi sudah menjalankan protokol kesehatan dan adanya seat distancing di dalam bus.

1 dari 3 halaman

2. Beli tiket bus sekarang juga

Jangan lagi tunda beli tiket bus ke tujuan yang kamu inginkan. Sebab, ada kemungkinan tiket bus ludes terjual karena tingginya minat masyarakat untuk bepergian di akhir tahun meski pandemi masih berlangsung.

Jika sudah menetapkan operator bus yang ingin dinaiki, beli tiketnya sekarang juga secara online tanpa harus keluar rumah dan bertemu orang lain. Kamu hanya perlu membuka website maupun aplikasi beli tiket bus online seperti Traveloka untuk melakukan pemesanan dengan mudah. Kalian juga bisa langsung pilih kursi lho!

Liburan aman saat pandemi© shutterstock.com

3. Pilih kursi paling nyaman

Selanjutnya, saat beli tiket bus online, pilihlah kursi yang paling nyaman. Ada baiknya tidak duduk di dekat toilet jika naik bus lintas provinsi agar tidak terganggu penumpang lain yang ingin ke toilet.

Jika kalian termasuk yang mudah mabuk perjalanan, ada baiknya hindari duduk di bagian dekat roda karena lebih berguncang sehingga bisa membuat mual dan pusing.

2 dari 3 halaman

4. Buat list barang bawaan

Jangan lupa juga untuk membuat list barang apa saja yang akan dibawa selama bepergian akhir tahun. Pisahkan barang bawaan untuk tas yang akan diletakkan di bagasi dan juga tas yang dibawa ke kabin bus.

Selain pakaian, pastikan membawa barang-barang wajib untuk bepergian di new normal. Seperti masker dan masker cadangan, hand sanitizer, desinfektan, tisu basah dan kering.

Liburan aman saat pandemi© shutterstock.com

Selain itu siapkan pakaian lengan panjang dan mudah menyerap keringat untuk dipakai saat naik bus nantinya untuk melindungi diri selama perjalanan. Pakaian lengan panjang juga akan membuat tubuh terasa hangat sehingga naik bus pun terasa lebih nyaman.

Jangan lupa bawa bantal leher untuk kenyamanan ekstra saat di bus, terutama jika Anda menempuh perjalanan yang lumayan jauh.

3 dari 3 halaman

5. Bawa obat-obatan yang diperlukan

Jika Anda tipe orang yang mudah mabuk saat naik bus, pastikan punya cadangan obat anti mabuk dalam tas ya.

Selain itu bawa juga obat-obatan yang sering dikonsumsi untuk penyakit yang sering timbul saat menempuh perjalanan, seperti obat untuk mencegah masuk angin, obat pusing, obat demam dan sebagainya.

Demikianlah tips nyaman naik bus untuk perjalanan akhir tahun yang bisa jadi referensi bagi Anda yang ingin bepergian nantinya.

Liburan aman saat pandemi© shutterstock.com

Pastikan juga tetap menjalankan protokol kesehatan, seperti cuci tangan pakai sabun atau jika sedang di luar rumah bisa pakai hand sanitizer, pakai masker dan social distancing untuk meminimalkan risiko penularan COVID-19.

Semoga tips-tips di atas bermanfaat dan selamat bepergian dengan aman dan nyaman!

Beri Komentar