Tips Atasi Kick Starter 'Rewel'

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 11 Juli 2019 06:48
Tips Atasi Kick Starter 'Rewel'
Engkol kaki motor mendadak tak bisa digunakan, lantas harus bagaimana?

Dream – Ada dua cara yang kamu lakukan ketika akan menghidupkan sepeda motor. Kamu bisa menyalakannya dengan kick starter atau electric starter. Untuk motor matik, biasanya yang digunakan adalah starter elektrik.

Untuk motor bebek, engkol kaki kerap diandalkan. Itu pun dilakukan pada pagi hari dan saat menghidupkan mesin pada pertama kali.

Dikutip dari Honda Cengkareng, Kamis 11 Juli 2019, kick starter ini berfungsi sebagai “ pemain cadangan”. Dia digunakan ketika starter elektrik tak berfungsi.

Tapi, kebanyakan pengguna hampir jarang menggunakan engkol kaki untuk menyalakan motor, apalagi digunakan di motor skutik.

Selain standar tengah harus diturunkan terlebih dahulu, posisi kick starter berada di sebelah kiri.

1 dari 6 halaman

Kick Starter Tak Bisa Digunakan

Ini jadi masalah kalau starter elektrik rusak dan engkol kaki mendadak keras alias sulit digunakan. Padahal, starter yang satu ini menjadi “ cadangan” ketika yang elektrik rusak akibat aki yang soak.

Penyebab starter kaki mendadak keras ini karena komponen motor itu mulai berkarat. Kick starter tak pernah digunakan dan tak pernah dilumasi oli juga menjadi penyebab fitur itu keras.

Akibatnya, per stopper pemegang gir dan gir primer mulai berkarat.

2 dari 6 halaman

Begini Solusinya

Untuk mengatasi kick starter yang rewel, kamu bisa membongkar blok CVT. Bersihkan bagian penghubung gir dengan kuas dan angin bertekanan tinggi (kompresor). Supaya semakin lancar dan tidak keras, gunakan gemuk pada per stopper dan alir gir agar tetap licin.

Perawatan terhadap komponen ini juga harus secara rutin dilakukan setidaknya setiap 6 bulan sekali atau setiap 8 ribu km. Caranya dengan melepas cover CVT lalu lepaskan gigi pengungkit dengan cara menarik dan menggerak-gerakan kick starter ke bawah.

3 dari 6 halaman

Motor Mogok Tapi Tak Ada Kick Starter, Begini Caranya

Dream – Beberapa model sepeda motor yang dirilis beberapa tahun terakhir biasanya tak dilengkapi dengan kick starter. Sebut saja Honda Vario 150, Kawasaki W175, dan Yamaha Nmax.

Jika starter elektrik kamu beroperasi normal, tentu ketiadaan kick starter bukan jadi soal. Tapi bagaimana jika motor tak mau menyala karena masalah aki. Apa solusinya?

Dilansir dari Otosia, Kamis 9 Agustus 2018, pemilik AHASS Asia Motor, Amar, mengatakan solusi menghadapi masalah itu hanya satu.

“ Kalau motor tanpa kick starter mogok, solusinya hanya satu. Kayak mobil, jumper,” kata dia di Jakarta.

Amar mengatakan jumper aki cukup lumrah untuk mengatasi mobil mogok akibat aki yang “ rewel”. Caranya, menghubungkan aki yang rusak dan aki sehat dengan kabel. Contohnya, kabel menghubungkan sesama kutub positif dan negatif aki.

4 dari 6 halaman

Kalau Nggak Ada Jumper Aki?

Kalau nggak bisa juga, ya, setrum ulang atau mengganti aki yang bermasalah.

Amar melanjutkan, ada cara lain, yaitu dengan engine braker. Sepeda motor didorong terlebih dahulu sampai melaju cukup kencang, kemudian pengemudi memasukkan gigi dua. Tapi, cara ini tidak bisa dilakukan pada motor matic.

Engine brake baru bisa berfungsi pada putaran mesin berada di atas 2 ribu rpm,” kata dia.

Selamat mencoba.

5 dari 6 halaman

Bukan Cuma Karena Aki, Ini Penyebab Electric Starter Tak Berfungsi

Dream – Pernah merasa jengkel karena electric starter motor tidak berfungsi? Kamu yang menggunakan motor skutik pasti semakin kesal starter ini tak berfungsi padahal sedang di tengah kemacetan.

Alhasil kamu harus menepi terlebih dahulu dan mengangkat standar tengah motor untuk menyalakan motor dengan kick starter

Biasanya banyak pemilik sepeda motor akan langsung menduga penyebab strarter electrik tak berfungsi karena masalah di aki.

Nyatanya, ada banyak penyebab starter elektrik menjadi tidak berfungsi. Jadi pastikan dahulu komponen lain telah kamu periksa.

Dikutip dari Suzuki, Kamis 2 Mei 2019, penyebab pertama electric starter tak berfungsi bisa karena adalah masalah dalam switch starter. Komponen ini berfungsi sebagai saklar elektromagnetik untuk memutus dan menyambung arus listrik.

Ketika electric starter tidak berfungsi, sebaiknya kamu memastikan dulu jika komponen ini benar-benar berfungsi.

Caranya, sambungkan kabel antara switch starter tersebut. Jika terdengar bunyi cekrek-cekrek atau malah malah berfungsi, itu tandanya switch starter sudah rusak atau kotor dan perlu dibersihkan.

Kedua, bendik.

Bagian ini bertujuan untuk memicu aliran listrik dari api yang nantinya diumpankan ke dinamo starter dan mesin pun tidak akan menyala.

Untuk memastikannya, kamu bisa mencoba mendengarkan baik-baik komponen yang satu itu. Kalau switch starter ditekan dan bendik tidka merespons, kamu bisa curiga masalahnya pada bendik.

6 dari 6 halaman

Bisa Jadi Dinamo Starternya Rusak

Ketiga, dinamo starter.

Kerusakan dinamo starter tergolong cukup langkah karena komponen ini tergolong aman. Biasanya, kerusakan dinamo starter disebabkan karena arang kumparannya (brush) terputus atau gosong karena konslet atau sebab lainnya.

Untuk kerusakan dinamo starter bisa dicek dengan cara memperhatikan bendik. Kalau bendik bereaksi ketika switch starter ditekan, patut dicurigai kerusakannya di bagian komponen ini.

Keempat, accu soak.

Kalau seluruh komponen dipastikan dalam kondisi bagus, penyakit terakhir yang mungkin terjadi adalah accu yang rusak. Untuk memastikannya, kamu bisa menggunakan aki yang masih bagus sebagai pemancing.

Kalau bagian ini sudah rusak, solusi yang paling jitu adalah membeli aki baru. Untuk aki basah, kami bisa mengganti cairan aki, lalu menyetrumnya kembali. 

Beri Komentar
Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya