Tips Agar Klaim Asuransi Mobil Diterima Pasca Mudik

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 12 Juni 2019 16:47
Tips Agar Klaim Asuransi Mobil Diterima Pasca Mudik
Begini caranya.

Dream - Klaim asuransi merupakan sebuah tindakan berupa permintaan resmi dari pelanggan kepada pihak perusahaan asuransi. Klaim ini bertujuan untuk melakukan penggantian biaya maupun pemberian santunan yang sesuai dengan polis asuransi.

Proses klaim menjadi hal yang penting saat terjadi suatu risiko pada objek pertanggungan yang diasuransikan. Proses ini wajib dilakukan oleh pelanggan pemegang polis kepada perusahaan asuransi melalui kanal komunikasi resmi perusahaan.

Pelanggan dan perusahaan asuransi harus sudah sepakat terlebih dahulu sebelum melakukan penutupan. Perusahaan sudah memberikan informasi sejelas-jelasnya dan pelanggan sudah mengerti isi polis. Selain kesepakatan, perusahaan asuransi juga harus memberikan kemudahan bagi pelangan yang ingin melakukan klaim.

Menurut Business Development Division Head Adira Insurance, Tanny Megah Lestari, perusahaan asuransi akan memeriksa validitas polis terlebih dahulu sebelum analisis klaim dilakukan.

“ Jika polis memenuhi syarat verifikasi dan klaim yang diajukan juga sudah sesuai dengan isi polis, perusahaan asuransi pasti akan membayarkan klaim tersebut kepada pelanggan yang melakukan pelaporan klaim,” kata Tanny dalam keterangan tertulisnya.

Dia mengatakan, beberapa kasus yang terjadi adalah kurang telitinya pihak tertanggung terhadap polis yang mereka pegang. Padahal, di dalam polis disebutkan berbagai hal terkait asuransi yang akan diklaim.

Pelanggan Adira Insurance, kata Tanny, bisa melaporkan klaim melalui contact center Adira Care 1500 456 bahkan juga bisa menggunakan aplikasi via digital, Autocillin Mobile Claim Application. Pelanggan dapat melakukan di mana pun dan kapan pun dengan 1 jari beres.

“ Kami tidak ingin mempersulit dan ingin memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan,” kata dia.

Lantas, bagaimana caranya klaim asuransi mobil berjalan lancar dan bisa dibayar oleh perusahaan?

1 dari 1 halaman

Jangan Sampai Telat

Menurut Tanny, pelanggan harus menghindari hal-hal yang dikecualikan dalam polis, seperti telat lapor klaim dari batas waktu pelaporan, pengemudi tidak memiliki surat izin mengemudi, klaim yang dilaporkan tidak dijamin dalam polis, dan klaim yang dilaporkan termasuk dalam klausula pengecualian dalam polis.

Kemudian, pemegang polis harus melengkapi dokumen klaim, seperti formulir klaim yang telah diisi, fotokopi polis asuransi, SIM, STNK, surat keterangan dari kepolisian. Kendaraan milik tertanggung tidak digunakan untuk perbuatan yang melanggar hukum.

“ Jika mengalami kecelakaan, jangan lupa memberikan bukti dengan mendokumentasikan terlebih dahulu keadaan kendaraan kamu pasca kecelakaan,” kata dia.

Pemegang polis, tambah Tanny, harus memperhatikan wilayah pertanggungjawaban sesuai dengan isi polis. “ Jangan membuat kerusakan yang terjadi merupakan kerusakan yang disengaja oleh tertanggung,” kata dia.

Tanny menambahkan, pemegang polis juga harus memahami penyebab kecelakaan ditanggung sebelum mengajukan klaim secara langsung. Para pemegang polisi juga harus membaca polis-polis yang diberikan pihak asuransi dengan jelas.

“ Setiap tahunnya, setiap mudik lebaran memang terjadi peningkatan klaim asuransi mobil. Namun, jika melihat angka kecelakaan yang terjadi selama mudik yang semakin menurun, kami pun juga optimis klaim asuransi mobil pasca mudik kenaikan tidak terlalu signifikan. Tidak hanya itu, infrastruktur jalan yang digunakan untuk mudik tahun ini juga jauh lebih baik,” kata dia.

Beri Komentar
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie