Toyota Prius PHEV Sapa Indonesia, Begini Spesifikasinya

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 17 Maret 2020 19:36
Toyota Prius PHEV Sapa Indonesia, Begini Spesifikasinya
Mobil ini melengkapi lini kendaraan listrik Toyota.

Dream – PT Toyota Astra Motor (TAM) terus mendorong kendaraan ramah lingkungan bermesin listrik dengan memperkenalkan Prius PHEV. Mobil listrik ini mengekor pendahulunya, Hybrid Electric Vehicle (HEV) yang terlebih dahulu diperkenalkan.

“ Dengan kehadiran Prius PHEV ini, kami berharap dinamika pasar kendaraan elektrifikasi semakin tinggi sehingga tujuan untuk akselerasi kendaraan elektrifikasi bisa tercapai,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Selasa 17 Maret 2020.

Anton mengatakan ke depannya, TAM akan melengkapi segmen mobil dengan berbagai lini, termasuk battery electric vehicle (BEV).

Dia menyebut Prius PHEV hadir dengan fleksibilitas tinggi yang dapat memaksimalkan keuntungan dalam penggunaannya.

Saat jarak dekat, pengendara dapat menggunakan mode full electric layaknya BEV. Sementara jika berkendara jarak jauh, sistem akan secara otomatis menggunakan Hybrid system yang irit bahan bakar, rendah emisi, dan fun to drive.

Sekadar informasi, Toyota Prius PHEV pertama kali diperkenalkan tahun 2009 saat penyelenggaraan Frankfurt Motor Show. Pada Januari 2012, generasi pertama mobil ini resmi dipasarkan.

Lima tahun kemudian, atau pada 2017, Toyota meluncurkan generasi kedua Prius PHEV dengan driving range yang lebih panjang ketika menggunakan mode BEV. Dengan performance durability dan reliability yang dimilikinya, mobil ini juga sukses melintasi lintasan rally Paris-Dakar sejauh 7.000 km, termasuk melintasi gurun pasir Sahara di Afrika pada Maret 2018.

Sejak diluncurkan pada 2012 hingga Desember 2019, Prius PHEV telah membukukan total penjualan 219.288 unit. Di pasar Amerika Serikat, dalam dua tahun terakhir yaitu 2018 dan 2019 mobil ini berhasil meraih angka penjualan tertinggi sehingga menjadi market leader di segmennya.

1 dari 5 halaman

Spesifikasi

Prius PHEV mengusung mesin 2ZR-FXE berkapasitas 1.800 cc yang bisa menghasilkan tenaga 98 PS dan torsi 142 Nm yang dalam mode BEV mempunyai cruising range sejauh 68,2 km. Cruising range tersebut membuat Prius PHEV mempunyai fleksibilitas yang lebih baik sehingga penggunaannya menjadi lebih optimal.

Prius PHEV menggunakan baterai jenis Lithium-Ion Battery yang mempunyai voltage 3.7 v per cell. Baterai ini mempunyai 95 cell sehingga secara keseluruhan mampu menghasilkan listrik 315.5 voltage. Battery capacity tercatat 8.8 kW. Untuk pengisian penuh dibutuhkan waktu 2 jam 20 menit jika menggunakan listrik dengan tegangan 220 Volt 16A.

Tampil dalam desain aggressive dan emotional, Prius PHEV dibangun menggunakan platform TNGA. Tidak hanya membuat desain eksteriornya semakin menarik, penggunaan platform TNGA membuat rancang bangun mobil ini juga lebih aman dan stabil.

Interior PHEV lega dan dilengkapi audio display entertainment dengan layar 8-inch. Untuk sisi keselamatan, mobil ini didukung berbagai fitur keselamatan dengan standar tertinggi di Toyota yaitu Toyota Safety Sense (TSS), Blind Spot Monitor (BSM), Hill-Start Assist Control (HSA), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Tire Pressure Warning System, dan Vehicle Stability Control (VSC).

Anton mengatakan kolaborasi dengan GoFleet bisa mempopulerkan transportasi online berbasis kendaran listrik. “ Sehingga masyarakat bisa merasakan pengalaman berkendara dengan kendaraan elektrifikasi,” kata dia.

2 dari 5 halaman

Si Kembar Toyota Agya & Daihatsu Ayla Meluncur Pekan Depan

Dream - Setelah fotonya beredar di dunia maya, PT Toyota Astra Motor (TAM) memastikan New Toyota Agya akan mulai diperlihatkan ke publik pekan depan, tepatnya Kamis 19 Maret 2020. 

Di hari yang sama, kembaran Agya, New Daihatsu Ayla juga akan diperkenalkan PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Dikutip dari Liputan6.com, Kamis 12 Maret 2020, peluncuran kedua mobil ini dilakukan di dua tempat yang berbeda. Agya dirilis di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta Selatan, sedangkan Ayla di Bekasi, Jawa Barat.

Sebelumnya, beredar spyshot Agya yang mendapatkan ubahan, baik dari tampilan maupun fitur.

 

© Dream

 

Seperti yang diunggah di akun @indra_fathan, wujud mobil ini terlihat sporty. Terutama pada opsi TRD, mengingat gambar yang dihadirkan adalah varian itu. Wajahnya bergaya lebih tegas dengan bingkai grille menonjol. Kisi-kisi tak lagi berupa garis horizontal, melainkan honeycomb dengan palang kelir senada yang tebal untuk penempatan pelat nomor.

`Senyuman` khas karakter Joker yang menghiasi bumper, justru dihilangkan. Sekarang rumah foglamp tak lagi menyatu dengan grille. Area itu mengotak, mirip dengan gaya mobil kekinian. Front lip juga lebih kentara karena punya aksen yang kontras, membuat mobil terkesan lebih ceper. 

Ubahan lainnya adalah pelek, mempunyai model palang lebih kurus. Ini akibat pengaplikasian two-tone. Spionnya lebih lancip, dengan lampu sein LED yang tertanam agak ke bawah. Sementara buritan diberi aksen putih pada stoplamp. Spoiler juga tak lagi senada dengan corak bodi, sehingga menguatkan aura sporty.

Untuk fiturnya sendiri ada peningkatan. Menurut salah satu tenaga penjual Toyota, sistem pengatur suhu kabin turut diganti. Sebelumnya, Toyota Agya dilengkapi model kenop konvensional dengan indikator garis dan angka untuk level putaran kipas.

3 dari 5 halaman

Keyless

Sementara Agya Model 2020 sudah mengaplikasikan tombol dan layar digital. Membuat suasana interiornya lebih mewah dan tidak lagi ketinggalan zaman. Kemudian ukuran head unit, dikatakannya turut membesar. Layar sentuh Agya bertambah 1 inci menjadi 7 inci dan punya konektivitas gawai. Lalu spion sudah menganut pelipat elektrik, atau retractable.

Makin menarik, sudah tersedia teknologi keyless untuk varian Toyota Agya TRD. Perangkat yang kini biasa ditemukan pada mobil berbanderol di atas Rp 200 jutaan. Disebut tak hanya untuk membuka kunci pintu, melainkan juga mengaktifkan dan mematikan mesin mobil. Lantaran terselip tombol start/stop engine di dasbor.

(Sumber: Liputan6.com/Arief Azhari)

4 dari 5 halaman

Foto Toyota Agya Facelift Bocor di Sosmed, Segera Dirilis?

Dream - Kabara PT Astra Toyota Motor akan menghadirkan wajah baru Toyota Agya sepertinya bukan isapan jempol. Terlebih setelah foto diduga penampakan Toyota Agya facelift beredar di sosial media.

Dalam foto yang beredar terlihat mobil LCGC 5 seater sedang diangkut di atas sebuah truk. Kabar yang beredar menyebutkan Agya Facelift ini akan segera mengaspal dalam waktu dekat.

Dikutip dari Otosia, Kamis 5 Maret 2020, sebuah foto spyshot memperlihatkan fasia Toyota Agya facelift tampil lebih segar dan sporty. Penampilannya tak lepas dari grill, bumper, dan headlight yang mirip dengan Toyota Calya.

Tangkapan gambar ini telah dikonfirmasi ke manajemen PT Toyota Astra Motor (TAM). Hal itu diungkapkan langsung oleh Public Relation PT TAM, Dimas Aska.

" Ya memang sedang ada sesuatu yang baru disiapkan buat Agya, waktunya nanti akan dikabari pada saat sudah confirm ya,” kata Dimas kepada Otosia.

5 dari 5 halaman

Prediksi Dirilis Maret 2020

Diperkirakan Toyota Agya facelift akan segera dirilis pada akhir bulan ini atau setidaknya saat ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2020 yang digelar April 2020 mendatang.

Bisa jadi, peluncuran Toyota Agya facelift bersamaan dengan saudara kembarnya Daihatsu Ayla. Besar kemungkinan akan ada peningkatan harga pada mobil LCGC tersebut.

Toyota Agya saat ini tersedia dalam 6 varian dengan 2 pilihan mesin. Pertama tipe 3-silinder 998 cc bertenaga 67 PS dan torsi 89,2 Nm. Hadir pula pilihan 4-silinder 1.197 cc dengan daya 88 PS dan torsi 107,8 Nm.

Harga Toyota Agya termurah saat ini, 1.0 G MT mencapai Rp143,3 juta. Sedangkan varian tertingginya, Toyota Agya 1.2 G AT TRD dibanderol Rp163,7 juta (OTR Jakarta).

Beri Komentar