Mulai Hari Ini Transaksi di GT Cikarang Utama Pindah ke Cikampek

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 23 Mei 2019 13:30
Mulai Hari Ini Transaksi di GT Cikarang Utama Pindah ke Cikampek
Ketentuannya mulai hari ini.

Dream – Mulai hari ini, Kamis 23 Mei 2019, pengguna jalan tol Jakarta-Cikampek bisa langsung melintas Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama tanpa melakukan transaksi. Penyebabkan Gerbang Tol yang berada di KM 29 Jalan Tol Jakarta—Cikampek itu sudah dipindahkan ke GT Cikampek Utama dan Kalihurip Utama.

Dikutip dari keterangan tertulis Jasa Marga yang diterima Dream, Kamis 23 Mei 2019, dengan dilakukannya relokasi GT Cikarang Utama, perusahaan pelat merah ini mengubah sistem pengumpulan tol dari sistem transaksi terbuka dengan pentarifan merata Jakarta IC—Pondok Gede Barat/Timur, Jakarta IC—Cikarang Barat dan sistem transaksi tertutup dengan pentarifan proporsional Cikarang Barat–Cikampek menjadi sistem transaksi terbuka pada Jakarta IC—Cikampek.

Lalu, perusahaan pelat merah ini mengubah sistem pentarifan di Jalan Tol—Cikampek dengan pembagian empat wilayah pentarifan merata, yaitu Jakarta IC–Ramp Pondok Gede Barat/Pondok Gede Timur, Jakarta IC–Cikarang Barat, Jakarta IC–Karawang Timur, dan Jakarta IC–Cikampek

Sebelum dipindahkan, transaksi yang dilakukan pengguna jalan arah Cikampek di GT Cikarang Utama merupakan transaksi penentuan asal gerbang (transaksi pertama) karena sebelumnya sistem transaksi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek adalah sistem tertutup.

Setelah terekam asal GT Cikarang Utama, pengguna jalan melanjutkan perjalanan hingga exit gerbang tol sesuai tujuan dan melakukan tapping uang elektronik yang kedua kalinya (transaksi kedua) untuk membayar tarif tol yang dikalkulasi berdasarkan jarak.

Setelah transaksi dipindahkan, mulai hari ini, pengguna jalan Tol Jakarta-Cikampek jarak jauh (Jakarta IC–Cikampek) cukup melakukan satu kali transaksi di salah satu gerbang tol baru pengganti GT Cikarang Utama, yaitu GT Cikampek Utama di KM 70 untuk pengguna jalan dari/menuju timur (Jalan Tol Cikopo-Palimanan) dan GT Kalihurip Utama di KM 67 untuk pengguna jalan dari/menuju selatan (Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang dan Padalarang-Cileunyi).

2 dari 3 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Beda Agama, Billy Syahputra Sudah Siap Lamar Pacar?